Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePeraih Nobel / Alexis Carrel

Alexis Carrel


Alexis Carrel lahir di Lyons, Perancis, pada tanggal 28 Juni 1873. Ia anak pengusaha yang juga bernama Alexis Carrel, yang meninggal ketika putranya masih kanak-kanak. Alexis sempat dididik ibunya, Anne Richard, dan juga bersekolah di Sekolah St. Joseph, Lyons. Pada tahun 1889 ia meraih gelar Sarjana Sastra di University of Lyons, tahun 1890 meraih gelar Bachelor of Sciences, dan tahun 1900 meraih gelar doktor, juga dari University of Lyons. Ia bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Lyons, dan juga mengajar mata kuliah anatomi dan pembedahan di University of Lyons, serta menjabat sebagai Prosector di Department of Professor L. Testut. Carrel mengambil spesialisasi di bidang pembedahan, dan memulai percobaannya di Lyons pada tahun 1902, tapi pada tahun 1904 ia pergi ke Chicago, dan tahun berikutnya bekerja di Bagian Fisiologi di Universitas Chicago di bawah bimbingan Profesor G. N. Stewart. Tahun 1906, ia bergabung sebagai Associate Member di Rockefeller Institute for Medical Research, New York, dan menjadi Full Member pada tahun 1912.

Penelitian ilmiah yang dilakukan Carrel umumnya berkaitan dengan percobaan pembedahan dan pencangkokan jaringan serta organ-organ utuh. Awal tahun 1902, Lyons Medical menerbitkan laporannya tentang teknik anastomosis dari ujung ke ujung pada pembuluh darah, dan pada tahun 1910 ia menunjukkan bahwa pembuluh darah dapat disimpan dalam jangka waktu lama di lemari pendingin, sebelum digunakan sebagai cangkok dalam pembedahan. Sebelumnya pada tahun 1908, ia menemukan metode pencangkokan organ-organ utuh, dan tahun 1935 ia bekerja sama dengan Charles Lindbergh (penerbang pertama yang berhasil terbang melintasi Atlantik), dan menemukan sebuah mesin yang dapat menyediakan sistem pernapasan steril bagi organ yang telah diambil dari tubuh, Lindbergh berjasa dalam menyelesaikan masalah teknis pada mesin tersebut. Carrel menjelaskan aspek penelitian tersebut dan implikasinya dalam bukunya "The Culture of Organs". Ia juga menerbitkan buku "Man, the Unknown" yang sangat terkenal, dan menulis sebuah buku bersama George Debelly, yakni "Treatment of Infected Wounds".

Bekerjasama dengan ahli bedah asal Perancis Theodore Tuffier, yang merupakan pelopor pembedahan toraks, Carrel menunjukkan serangkaian valvotomi yang sukses, dan bersama dengan Burrows, ia membiakkan sel sarcoma dalam biakan jaringan menggunakan teknik Harrison. Carrel mendapat gelar anggota kehormatan dari lembaga intelektual di Amerika, Spanyol, Rusia, Swedia, Belanda, Belgia, Perancis, Vatikan, Jerman, Italia dan Yunani, dan juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas-universitas Belfast, Princeton, California, New York, Brown dan Columbia. Ia adalah Commander dalam Legion d'Honneur of France, dan Leopold Order of Belgium, Grand-Commander in the Swiss Order of the Polar Star, dan menerima penghargaan-penghargaan sejenis dari Spanyol, Serbia, Inggris Raya, dan Holy See.

Ia menikah dengan Anne-Marie-Laure Gourlez de la Motte, janda dari M. de la Meyrie. Tidak ada anak dari pernikahan tersebut. Pada tahun 1939, ketika pecah Perang Dunia Kedua, Carrel pergi ke Perancis sebagai anggota misi khusus untuk Menteri Kesehatan Perancis, yang dijabatnya selama setahun. Kemudian ia menjadi pemimpin "Carrel Foundation for the Study of Human Problems" yang didirikan pemerintah Vichi di Perancis. Ia meninggal di Paris pada tanggal 5 November 1944.

Sebagai seorang dokter, Alexis Carrel terkenal cukup kontroversial. Saat dia melihat mukjizat yang dialami salah seorang pasien, dia tidak bisa menerimanya. Menurutnya semua proses kesembuhan yang terjadi pasti bisa diteliti secara ilmiah. Namun akhirnya dia mengakui bahwa disamping ilmu kedokteran, kesembuhan bisa terjadi karena mukjizat. Mukjizat adalah penyataan Allah yang nyata kepada manusia. Mukjizat merupakan tanda kuasa supernatural yang paling nyata. Bukti-bukti mukjizat yang pernah dia lihat dituliskan di dalam bukunya, "Man the Unknown," yang pertama kali muncul dalam bahasa Perancis (1934), lalu bahasa Inggris, dan selanjutnya 30 bahasa lainnya.

Alexis Carrel berasal dari keluarga Katolik Roma. Upacara pemakaman Carrel dilayani oleh Gereja Katolik Roma. Kemudian ia dikuburkan di kapel di dekat rumahnya di pulau St. Gilda, di tepi pesisir Britani.

Dirangkum dari:

  1. Judul buku : Buku Pintar 70 Peraih Nobel Kedokteran dan Fisiologi
    dari Emil Adolf Behring Sampai Allan M. Cormack
    Judul artikel : Alexis Carrel (Peraih Nobel Kedokteran
    dan Fisiologi Tahun 1912)
    Editor : Eddy Soetrisno
    Penerbit : INOVASI, Jakarta
    Halaman : 24 -- 25
  2. Nama situs : catholicculture.org
    Alamat situs : http://www.catholicculture.org/
    Judul artikel : Two Lourdes Miracles and a Nobel Laureate:
    What Really Happened?
    Penulis : Rev. Stanley L. Jaki
    Tanggal akses : 21 Oktober 2010

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru