Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi Edisi Khusus April 2016 / Augustinus dan Paham Manikheisme

Augustinus dan Paham Manikheisme



Ditulis oleh: N. Risanti

Pada proses pencarian kebenaran dalam hidupnya, awalnya Augustinus menjadi penganut paham Manikheisme, yaitu paham yang berdasarkan ajaran dari Persia bernama Mani.

Ajaran Manikheisme menekankan bahwa benar-benar terdapat dua dunia, yakni: dunia cahaya, cinta, pikiran dan jiwa; dan dunia kegelapan, kejahatan, kebencian dan kedagingan, dimana kedua dunia tersebut terus-menerus berperang satu sama lain di dalam diri manusia. Pandangan inilah yang membuat Augustinus menyetujui Manikheisme karena ia memang terus merasakan pertentangan atas hal-hal tersebut di dalam dirinya. Augustinus pun mengadaptasi Manikheisme dengan mempelarinya secara otodidak, bahkan kemudian menyebarkan paham itu di kota asalnya, Tagaste.

Pertobatannya dalam kekristenan kemudian mengubah arah hidupnya. Belakangan, ia membuat tulisan yang membela gereja dengan menentang para penganut Manikheisme, paham yang sebelumnya juga dianutnya. Pengalaman yang telah dirasakannya ketika bergelut dalam paham itulah yang justru memberi kekuatan dalam argumennya pada kesatuan antara ciptaan dan kehidupan spiritual. Pemikiran Augustinus tersebut merupakan salah satu sumbangan pemikirannya yang membantu meletakkan dasar bagi banyak pemikiran Kristen di abad pertengahan dan modern. Menjadi salah satu Doktor dalam masa awal perkembangan gereja, Augustinus mungkin merupakan pemikir Kristen yang paling signifikan dalam sejarah gereja selain Paulus.

Sumber referensi:

1. Petersen, Randy. "The Life and Times of Aurelius Augustine" Dalam
https://www.christianhistoryinstitute.org/magazine/article/life-and-times-of-aurelius-augustine/

2. O'Donnel, James. "Saint Augustine.Christian bishop and theologian" Dalam
http://www.britannica.com/biography/Saint-Augustine

3. _____. "Augustine (Aurelius Augustinus)" Dalam
http://www.ccel.org/ccel/ccel/eee/files/augustine-eb.html

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru