Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.103 November 2012 / Bio-Kristi No.103 November 2012

Bio-Kristi No.103 November 2012


Pengantar Bio 103 November 2012

Salam kasih,

Dalam edisi ini, Bio-Kristi menampilkan salah satu tokoh pendidikan yang memberi pengaruh besar bagi banyak orang. Dia adalah Hulda Clara A. Niebuhr, satu dari dua belas wanita paling berpengaruh dalam bidang pendidikan kekristenan, yang diulas dalam buku "Faith of Our Foremothers". Bermula dari pengalamannya mengajar anak-anak di gereja ayahnya dan pengajaran teologi yang ia peroleh, Hulda memutuskan untuk terjun di bidang pendidikan dan menulis banyak buku seputar pengajaran kekristenan yang benar. Semasa hidupnya, Hulda telah menyentuh kehidupan anak-anak didiknya, dan setelah ia tiada, bukunya tetap berguna bagi para guru untuk menerapkan metode yang tepat dalam mengajar anak, khususnya tentang cara mengenal Kristus. Seperti apa perjalanan hidup dan karya-karyanya? Simaklah dalam edisi ini.

Erica Jong -- Penulis, Guru

"Sesuatu yang ingin saya berikan kepada anak perempuan saya adalah kebebasan. Kebebasan adalah sesuatu yang harus diberikan dengan cara memberi teladan, bukan dengan berkhotbah."

Hulda Clara August Niebuhr

Diringkas oleh: Sri Setyawati

Hulda Clara A. Niebuhr adalah salah satu wanita yang memiliki perhatian besar terhadap pendidikan. Kecintaannya pada pendidikan agama untuk anak-anak dan pemuda, dibuktikan ketika ia bekerja sebagai tenaga pendidik di beberapa gereja selama bertahun-tahun. Lima belas tahun terakhir dari hidupnya yang ia jalani di Seminari Theologi McCormick jurusan pendidikan teologi, memberinya kesempatan untuk meneruskan visi meningkatkan pendidikan Kristen di gereja.

Keluarga Niebuhr

Disadur oleh: Kusuma Negara

Keluarga Gustav dan Lydia Niebuhr memang keluarga yang berdampak. Selain Hulda yang menjadi profesor divinitas wanita pertama dan pengajar yang disegani, kedua adiknya juga merupakan teolog ternama pada masa itu. Keluarga Niebuhr ini menjadi salah satu keluarga Kristen yang anggota keluarganya paling banyak memberikan kontribusi teologis bagi gereja dan dunia. Adiknya yang pertama (Walter) berkarier di bidang jurnalisme dan bisnis. Ia menjadi tulang punggung keluarga sepeninggal ayah mereka (Pdt. Gustav). Reinhold Niebuhr, adiknya yang kedua, seorang teolog yang ternama karena realisme kekristenannya. Kutipannya yang terkenal adalah "Kapasitas manusia untuk berbuat adil memungkinkan lahirnya demokrasi; tetapi kecenderungan manusia untuk berbuat tidak adil mensyaratkan adanya demokrasi." H. Richard Niebuhr, adik ketiganya, menjadi salah seorang teolog dan sejarawan gereja paling penting pada abad ke-20 di Amerika Serikat. Pengajarannya tentang respons orang Kristen terhadap budaya dunia, dapat dibaca melalui bukunya "Christ and Culture" (1951) dan "Kristus Mentransformasikan Kebudayaan". Buku ini masih menjadi buku pelajaran wajib dalam seminari-seminari hingga saat ini.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru