Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.120 Agustus 2013 / Bio-Kristi No.120 Agustus 2013

Bio-Kristi No.120 Agustus 2013


Pengantar Bio 120 Agustus 2013

Salam sejahtera,

Dewasa ini, kita mengetahui begitu ada banyak metode pendidikan yang dipakai oleh lembaga-lembaga pendidikan. Semua metode disusun untuk meningkatkan kualitas belajar para siswa, baik dari aspek kerohanian, pengetahuan, keterampilan, kepribadian, dsb.. Sebagai orang yang pernah mengenyam pendidikan formal, kita tentu mengikuti metode-metode belajar yang diterapkan oleh sekolah atau kampus kita. Namun, apakah pernah tebersit dalam pikiran kita, "Siapakah orang yang pernah memelopori adanya metode belajar yang membantu proses belajar kita?"

Yohanes Amos Comenius

Dirangkum oleh: Doni K.

Hingga saat ini, Yohanes Amos Comenius dikenal sebagai Bapak Pendidikan Modern. Ia lahir pada tanggal 28 Maret 1592 di sebuah desa bernama Nivnice, di Morawi Tanggara, dekat tapal batas Hongaria. Keluarga Comenius berasal dari Desa Komna. Itulah sebabnya, Comenius memiliki nama fam "Komensky", yang diambil dari nama Komna, desa asal keluarganya. Nama ayah Comenius adalah Martinus Komensky, ia memiliki usaha penggilingan gandum. Selain itu, ayahnya juga seorang yang taat beribadah dan aktif dalam komunitas masyarakat Morawi Tenggara. Orang tua Comenius menjadi anggota Persekutuan Bruder (belakangan dikenal sebagai Bruder Bohemia atau Gereja Moravia), yaitu sebuah kelompok agama yang muncul sejak pertengahan abad ke-15. Kelompok itu berada di bawah pengaruh Kaum Wandens dan tokoh reformis lain, seperti Peter Chelchicky.

Keteguhan Iman Comenius

Pada tahun 1618, Comenius mengawasi sebuah paroki kecil di Fulnek, yang berlokasi kira-kira 240 kilometer di sebelah Timur Praha. Pada waktu itu, Aksi Balasan Katolik terhadap Reformasi Protestantisme' sedang berlangsung di Eropa. Ketegangan antara umat Katolik dan Protestan terus memuncak sampai akhirnya, Perang Tiga Puluh Tahun (1618 -- 1648) meletus.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru