Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.98 September 2012 / Bio-Kristi No.98 September 2012

Bio-Kristi No.98 September 2012


Pengantar Bio 98 September 2012

Shalom,

Tuhan menciptakan tanaman, binatang, dan manusia dengan keunikan masing-masing. Semua memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan satu dari yang lain. Apakah penggolongan makhluk hidup sudah ada sejak awal penciptaan? Sudah. Namun, penggolongan ini masih sedikit umum. Tuhan memilih manusia sebagai mitra-Nya untuk membuat penggolongan yang lebih spesifik. Salah seorang botanis terkenal, Carl Linnaeus, telah menciptakan penggolongan yang spesifik untuk tanaman dan binatang. Ingin tahu tentang riwayat dan sumbangan yang ditinggalkannya bagi dunia botani, serta cara pandangnya terhadap Tuhan Sang Pencipta semesta? Simaklah kisah selengkapnya dalam edisi ini.

Theodore Hesburgh -- Pendeta

"Prinsip dasar saya adalah bahwa Anda bukanlah mengambil keputusan-keputusan karena mudah, murah, atau populer; melainkan karena benar."

Carl Linneaus

Masa Muda

Carl Linnaeus lahir pada tanggal 23 Mei 1707 di kota Rashult, Swedia Selatan. Dia adalah anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya, Nils Linnaeus, adalah seorang pendeta gereja Lutheran di Rashult dan botanis amatir yang tekun. Tak lama sesudah kelahirannya, keluarga Carl pindah ke kota Stenbrohult karena Nils harus menggantikan ayah mertuanya sebagai pendeta. Carl dibesarkan dalam keluarga kristiani yang saleh dan mengharapkan agar kelak ia juga menjadi pendeta. Akan tetapi, Carl lebih berminat untuk mempelajari tanaman dan binatang. Kebun botaninya di Stenbrohult menjadi tempat "yang membakar jiwa dengan rasa cinta yang demikian mendalam kepada tanaman."[1] Tahun 1716, Carl bersekolah di Vaxjo. Di sana, dia mempelajari fisiologi dan botani. Pada waktu itulah, dia meneliti seksualitas tanaman -- temuan penting dalam botani yang belum banyak dikenal di Swedia pada waktu itu.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru