Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No. 177 Oktober 2017 / Bio-Kristi No. 177 Oktober 2017

Bio-Kristi No. 177 Oktober 2017


Pengantar Bio 177 Oktober 2017

Salam damai dalam Kristus,

Jacques Maritain adalah seorang filsuf Katolik Perancis yang berdampak besar bagi dunia melalui pemikiran, karya, dan tulisan-tulisannya. Ia adalah salah seorang tokoh yang berpengaruh dalam pengembangan draft deklarasi universal hak asasi manusia dari UNESCO, yang jejaknya dapat dilihat dalam komentar dan uraiannya pada pembukaan deklarasi Hak Asasi Manusia.

Jacques Maritain

Jacques Maritain (Paris, Perancis, 1882 - Toulouse, Perancis, 1973) adalah seorang filsuf Katolik Perancis dan pemikir politik yang terkenal. Dasar pemikiran filosofis dan politiknya adalah St. Thomas Aquinas (satu pepatah terkenalnya adalah "Celakalah aku jika aku tidak sepaham dengan Thomas Aquinas"), serta komentator serta para kritikus filsafat Thomas Aquinas (khususnya John of St. Thomas) dan Aristoteles. Ia menulis sangat banyak subjek, termasuk filsafat, estetika, teori politik, filsafat ilmu, metafisika, pendidikan, liturgi, dan eklesiologi. Dalam karya-karya ini, membela konsep filsafat sebagai ilmu dari para penentangnya, kaum Bergsonian dan sekuler, serta berpihak pada paham Katolik dan pemikiran Katolik.

Jacques Maritain: Ilmu Pengetahuan, Filsafat, dan Kemanusiaan

Jacques Maritain dan istrinya berpindah keyakinan ke agama Katolik karena kekecewaan mereka terhadap ilmu pengetahuan alam yang tidak dapat mengatasi masalah eksistensial yang lebih besar dari kehidupan. Akibat kekecewaan tersebut, Maritain dan istrinya bahkan sempat membuat perjanjian untuk bunuh diri bersama-sama jika mereka tidak bisa menemukan beberapa wawasan yang lebih mendalam tentang makna kehidupan. Beruntung mereka kemudian terpengaruh dengan seorang novelis dan intelektual, Léon Bloy, yang merupakan seorang penganut Katolik Roma yang bergairah. Dengan iman Katolik, kehidupan dan pemikiran mereka justru semakin memiliki pengaruh signifikan bagi ilmu pengetahuan, kemanusiaan, dan filsafat.

Komentar


 

Member login

CAPTCHA
Silakan jawab pertanyaan berikut ini.

Permohonan kata sandi baru