Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No. 178 November 2017 / Bio-Kristi No. 178 November 2017

Bio-Kristi No. 178 November 2017


Pengantar Bio 178 November 2017

Salam damai dalam Kristus,

Leo X menjadi salah seorang tokoh kunci dalam peristiwa reformasi gereja yang bersejarah. Tindakan dan arah kebijakannya terhadap gereja yang berjalan secara melenceng mendorong Martin Luther menuliskan 95 dalilnya di pintu gereja Wittenberg. Dunia dan terkhusus gereja Prostestan mungkin hanya mengenalnya sebagai tokoh antagonis dalam sejarah kelam gereja. Namun, bagaimana sesungguhnya sejarah dan riwayat hidupnya sebagai seorang pemimpin gereja?

Leo X

Leo X (1475 -- 1521), yang menjadi Paus dari tahun 1513 sampai tahun 1521, adalah penggemar seni yang boros dan manipulator politik internasional. Reformasi dimulai pada masa pemerintahannya.

Pada paruh kedua abad ke-15, Renaisans berada dalam masa kejayaan di Italia. Kejayaan manusia telah ditemukan kembali dan diapresiasi kembali setelah pertapaan puritanisme agama abad pertengahan. Seni klasik Yunani kuno kembali digemari; bahasa Latin yang rumit dari periode awal kota Roma dipelajari lagi. Hidup di dunia ini menjadi lebih penting, bagi mereka yang mampu mengusahakannya, daripada kehidupan di akhirat. Para pangeran di negara-negara kota di Italia bertempur dan bersekongkol.

Leo X, Hedonis Renaisans, dan Reformasi Gereja

Leo X tidak memandang serius pergerakan kaum Lutheran seperti yang kemudian ditunjukkan oleh sejarah. Leo percaya bahwa Luther adalah seorang bidat yang ajarannya akan menyesatkan beberapa orang yang setia, dan, seperti yang terjadi pada masa lalu, agama yang benar akan menang pada waktunya. Para sejarawan bahkan meyakini jika saja ia lebih berfokus pada masalah-masalah religius dibandingkan urusan-urusan seni, reformasi gereja mungkin tidak akan pernah terjadi. Sejarah, dengan demikian, akan selalu mengaitkan Leo X dengan kegagalannya dalam membawa gereja ke arah yang benar.

Komentar


 

Member login

CAPTCHA
Silakan jawab pertanyaan berikut ini.

Permohonan kata sandi baru