Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.45 Januari 2010 / Bio-Kristi No.45 Januari 2010

Bio-Kristi No.45 Januari 2010


Anselmus -- Teolog

Aku percaya untuk mengerti (Credo ut intelligam) Iman berusaha untuk mengerti (Fides quaerens intellectum).

Pengantar Bio 45 Januari 2010

Salam sejahtera,

Hari-hari dalam tahun yang baru ini bergulir begitu cepat. Tantangan dan masalah pun mulai menyambut. Harapan kami, semangat dan sukacitabaru tetap mewarnai hari-hari Anda sepanjang tahun 2010 ini. Pada awal tahun sudah selayaknya kita kembali bersemangat menapaki hari-hari yang akan datang. Beberapa kegagalan dalam tahun kemarin merupakan tantangan untuk lebih baik lagi di tahun ini. Namun demikian, tidak semua peninggalan masa lalu pantas dibiarkan berlalu begitu saja. Pengalaman masa lalu bisa dijadikan pelajaran untuk menjalani masa depan yang penuh harapan dalam Tuhan.

Baru dari YLSA: Publikasi Kados (Kalender Doa SABDA)

Puji Tuhan, satu lagi milis publikasi baru diterbitkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).

Joseph Kam

Joseph Kam adalah seorang pengabar Injil yang memberikan vitalitas baru kepada tubuh jemaat-jemaat di Maluku yang ditinggalkan telantar sesudah bubarnya VOC di Indonesia pada tahun 1799. Oleh jemaat-jemaat di Maluku, Kam diberi gelar "Rasul Maluku".

Kam dilahirkan pada bulan September 1769. Ayahnya bernama Joost Kam, seorang tukang pangkas rambut, pembuat rambut palsu, dan pedagang kulit di s'Hertogenbosch, Belanda. Kakeknya berasal dari Swiss. Peter Kam, kakeknya tersebut, datang ke Belanda sebagai tentara sewaan dan di Belanda menikah dengan seorang gadis Belanda.

James Clerk Maxwell

"Apa lagi yang bisa membedakan magnetisme, listrik, dan cahaya? Pada abad XIX, James Clerk Maxwell menunjukkan bahwa gejala ini hanyalah wujud yang berbeda dari hukum-hukum dasar yang sama. Semua ini -- termasuk gelombang radio, radar, dan pancaran panas -- dia jelaskan dengan satu sistem persamaan yang unik dan apik." -- S. L. Glashow

Tulisan Ilmiah Pertama Maxwell

James Clerk Maxwell -- ilmuwan besar yang terkenal dengan teori elektromagnetiknya, dia pun mendapat julukan "Bapak Ilmu Fisika Modern".

Tak perlu diragukan, Maxwell memang memberi banyak kontribusi di bidang ilmu pengetahuan termasuk ilmu matematika, astronomi, dan teknik. Keberhasilan Maxwell dalam bidang ilmu pengetahuan didapatnya dengan banyak usaha termasuk mempelajari dan membandingkan teori-teori ilmuwan sebelumnya seperti Faraday, Kelvin, Ampere, dan ahli-ahli fisika Jerman.

Tulisan ilmiah Maxwell yang pertama menjelaskan urut-urutan kurva oval yang bisa ditelusuri dengan menggunakan jarum dan benang menurut analogi elips. Tulisan inilah yang menjadi dasar dari seluruh keberhasilannya dan merupakan bantuan pertama penelitian-penelitiannya selanjutnya. Beberapa teori yang dicetuskannya antara lain teori elektromagnetik dinamis, teori elektromagnetik kinetik, teori gas kinetik, pengembangan rumusan Faraday tentang teori kekuatan garis listrik dan magnet, dsb..

Bio-Kristi 045

Masa Lalu dan Masa Depan

Bacaan: Mazmur 91

"... Tuhan akan berjalan di depanmu, dan Allah Israel akan menjadi penutup barisanmu." (Yesaya 52:12)

Pada malam tahun baru tahun 1916, Oswald Chambers berkhotbah dalam sebuah acara persekutuan doa para prajurit Persemakmuran Inggris di Kairo, Mesir. Ketika berdiri di hadapan para hadirin yang hidupnya telah ditunggangbalikkan oleh berkecamuknya Perang Dunia I, sang pendeta mengulas tentang masa lalu dan masa depan.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru