Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereKarya / Hans Kung

Hans Kung


Hans Küng (lahir tahun 1928), seorang teolog Katolik Roma Swiss, mempertanyakan dogma gereja, menekankan perlunya reformasi di dalam gereja, dan mengusahakan reuni dengan kelompok-kelompok Kristen lainnya. Pandangannya yang liberal menyebabkan pemeriksaan atas dirinya oleh Vatikan pada tahun 1979.

Hans Küng lahir pada 19 Maret 1928, di Sursee, Swiss. Setelah lulus dari gimnasium di Lucerne, ia masuk Kepausan Jerman College dan Universitas Gregoriana di Roma. Ia ditahbiskan menjadi imam Katolik Roma pada tahun 1954 dan melanjutkan studinya di teologi di Institut Catholique di Sorbonne di Paris. Pada tahun 1960 ia diangkat sebagai profesor teologi fundamental di University of Tübingen di Jerman. Pada tahun 1962 ia diangkat oleh Paus Yohanes XXIII menjadi seorang teolog resmi (peritus) di Konsili Vatikan II. Setelah Dewan, ia terus mengajar di Tübingen.

Sebuah Doktrin Rekonsiliasi

Disertasi doktor Küng adalah teori pembenaran Karl Barth dan hubungannya dengan pemahaman tradisional Katolik Roma. Karya itu, yang diterbitkan dalam bahasa Inggris sebagai Justification: The Doctrine of Karl Barth and a Catholic Reflection (Pembenaran: Doktrin Karl Barth dan Refleksi Katolik) (1964), adalah contoh minat Küng dalam rekonsiliasi gereja-gereja Kristen yang terpisah. Menggabungkan analisis yang cermat dari aliran Barth dan pandangan Katolik Romawi masa kini dengan indikasi perkembangan mereka dari masa Reformasi, buku itu menunjukkan bahwa perbedaan kontemporer berasal dari berbagai cara berbicara dan bukan dari ketidaksepakatan yang substantif.

Tidak seperti teolog Katolik Romawi kontemporer lainnya seperti Karl Rahner atau Bernard Lonergan, Küng tidak mengembangkan posisi metafisik pasti yang menjadi dasar pandangannya. Sebaliknya, pemikirannya berasal dari penelitian terhadap gereja dan sejarah teologis ditambah kesadaran gerakan kontemporer yang kuat untuk kebebasan berpikir dan antagonisme bersamaan dengan struktur kelembagaan otoriter. Dalam banyak karyanya (seperti The Council, Reform, and Reunion, 1962, dan Structures of the Church, 1964) Küng mengkombinasikan analisis historis dengan refleksi atas masalah kontemporer untuk menunjukkan perlunya reformasi dalam Gereja Katolik Roma dan kemungkinan nyata rekonsiliasi dengan gereja-gereja lain.

Setelah Konsili Vatikan II, Küng terus menulis tentang perlunya reformasi dengan penekanan khusus pada konsep ibadah dan pelayanan (The Church, 1968) dan perubahan yang harus terjadi dalam pemerintahan sehari-hari Gereja Katolik Roma (Truthfulness: On the Future of the Church, 1968, 1968). DiInfallible?An Enquiry (1971) ia melacak perkembangan di Dewan Vatikan Pertama dan Kedua tentang pemahaman resmi saat ini dari kepausan dan keadaan tidak dapat berbuat kesalahan Episkopal dan pertanyaan apakah pandangan resmi ini tidak terdistorsi sehubungan dengan pengajaran Alkitab dan juga filsafat kontemporer.

Pemeriksaan

Pandangan Küng tentang doktrin tradisional seperti keilahian Kristus, paus yang tidak bisa bersalah, dan dogma Perawan Maria membuatnya diperiksa oleh Vatikan pada tahun 1979. Dia dilarang mengajar sebagai teolog Katolik, yang memicu kontroversi internasional. Perjanjian penyortiran dicapai pada tahun 1980 yang memungkinkan Küng untuk terus mengajar di Tübingen di bawah naungan sekuler dan bukan naungan Katolik. Dia sekarang profesor emeritus di Universitas Tübingen.

Bacaan lebih lanjut tentang Hans Küng

Belum ada sumber sekunder tentang Küng yang baik yang tersedia dalam bahasa Inggris. Bukunya yang terbaru, Infallible? An Enquiry (1971), berisi kata pengantar di mana penulis menyatakan keprihatinan yang mempengaruhi karya-karyanya di masa lalu dan saat ini, dan ini bersama dengan buku itu sendiri memberikan pengenalan yang sangat baik atas pemikiran Küng. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Your Dictionary
Alamat URL : http://biography.yourdictionary.com/hans-kung
Judul asli artikel : Hans Kung Facts
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 1 Agustus 2016

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru