Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereHamba Tuhan / Henry M. Morris

Henry M. Morris


Henry M. Morris dikenal luas sebagai pendiri gerakan ilmu penciptaan modern. Dia mengajar dan menulis pembelaan interpretasi harfiah kitab pertama Alkitab -- khususnya sebelas pasal pertama Kejadian yang menceritakan tentang penciptaan dunia dan segala yang hidup, air bah pada masa Nuh, dan terseraknya umat manusia di Babel -- dengan mati-matian.

Dr. Morris lahir di Dallas, Texas. Dia lulus dari Universitas Rice di Houston tahun 1939 dengan gelar sarjana muda di jurusan teknik sipil dan menikahi Mary Louise tahun 1940. Dia pernah bekerja sebagai insinyur hidrolik (1942), dosen teknik sipil di Universitas Rice dan Universitas Minnesota, serta profesor dan dosen teknik sipil di Universitas Lousiana di Lafayette. Setelah itu dia bekerja sebagai profesor ilmu terapan di Universitas Southern Illinois kemudian menjadi ketua departemen teknik sipil di Institut Politeknik Virginia dan Universitas Virginia Tech.

Tahun 1946, dia menerbitkan satu buku tipis, "That You Might Believe" (Supaya Engkau Percaya) yang banyak menyingkapkan kelemahan-kelemahan ilmiah dalam teori evolusi. Dr. John C. Whitcomb, ahli Perjanjian Lama yang membaca karya Dr. Morris tersebut pada tahun 1948, mengatakan bahwa kejadian air bah tidak efektif bila hanya ditulis oleh seorang teolog. "Ini membutuhkan seorang ilmuwan. Ilmuwan yang saya maksud adalah Henry Morris," katanya.

Tahun 1961, Dr. Morris dan Dr. Whitcomb menerbitkan "The Genesis Flood" (Air Bah Dalam Kejadian). Buku ini dikenal luas bahkan dikatakan oleh Stephen J. Gould, seorang ahli paleontologi evolusi yang terkenal, sebagai "bukti catatan pendirian gerakan kaum penganut paham penciptaan." Dalam dokumen tersebut, mereka tanpa ragu-ragu menegaskan iman mereka atas kesempurnaan dan kemutlakan firman Tuhan dan menunjukkan ketidaksempurnaan teori keseragaman dan evolusi. Dengan mengambil data dari disiplin ilmu hidrologi, geologi, dan arkeologi, Dr. Morris dan Dr. Whitcomb mendemonstrasikan bagaimana ilmu pengetahuan memperjelas catatan alkitabiah tentang air bah pada zaman Nuh.

Tahun 1969, Dr. Morris mengundurkan diri dari kedudukannya di Virginia Tech dan tahun 1970 mendirikan Institut Penelitian Penciptaan (ICR) sebagai bagian dari Christian Heritage College (sekarang San Diego Christian College). Ketika menjabat sebagai presiden ICR, Dr. Morris bekerja sama dengan para ilmuwan dan teolog di seluruh dunia. Dia menulis lebih dari 60 buku dengan topik yang meliputi ilmu pengetahuan penciptaan, evolusi, dan apologetika Kristen, dan dia banyak mengajar di konferensi-konferensi, gereja, dan universitas. Dia pun aktif di lebih dari 100 debat dengan para ilmuwan evolusi seperti ahli biologi Kenneth R. Miller, ahli ilmu binatang Hubert Frings, dan palaeontologis David B. Kitts.

Dr. Morris banyak menulis buku tentang ilmu penciptaan dan evolusi, menghasilkan karya-karya eksak seperti "Scientific Creationism" (1974), "The Genesis Record" (1976), "The Revelation Record" (1983), "The Biblical Basis for Modern Science" (1984), "Science and the Bible" (1986), dan "Biblical Creationism" (1993). Dia juga menuliskan tentang apologetika Kristen dalam bukunya seperti "Many Infallible Proofs" (1974) dan "The Long War Against God" (1989), serta tafsiran Alkitab dalam "New Defender's Study Bible" (1995). Dalam bukunya yang terakhir, "Some Call It Science (2006)", Dr. Morris menyingkapkan keyakinan sejati yang melatarbelakangi teori evolusi.

Dr. Morris pensiun secara resmi pada bulan Januari 1996 dan menjabat sebagai presiden emeritus. Kemudian dia menyerahkan tugas kepemimpinan di ICR kepada anaknya Henry M. Morris III, dan John D. Morris. Dia terus menulis, menelurkan beberapa buku, renungan harian, dan artikel untuk majalah bulanan ICR. Walaupun dia "secara tertulis" sudah pensiun, putrinya dan pustakawan ICR Mary Smith berkata, "Dia ada di kantor setiap hari sampai pada hari ketika dia masuk rumah sakit."

Setelah menderita stroke, Dr. Morris masuk ke dalam sukacita Allah. Dia menutup usia pada umur 87 tahun. (t/Setya)

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Judul artikel : Man of Science, Man of God: Henry M. Morris
Nama situs : www.icr.org
Penulis : Christine Dao
Alamat URL : http://www.icr.org/
Tanggal akses : 27 April 2010

 

Sumber: Bio-Kristi 52

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru