Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePenulis / Penulis Himne / James Montgomery

James Montgomery


James Montgomery (1771-1854) adalah seorang penyair dan penulis himne Inggris.

Lahir di Ayrshire, Skotlandia, Montgomery adalah anak dari seorang pendeta dan misionaris dari keturunan Moravian. Si kecil James dikirim untuk mendapat pelatihan bagi pelayanan di Sekolah Moravia di Fulneck, dekat Leeds, Inggris. Saat ia masih sekolah di sana, orang tuanya meninggalkan Inggris untuk melayani sebagai misionaris di Hindia Barat, di mana keduanya meninggal segera sesudahnya.

Montgomery adalah seorang pecinta puisi di sepanjang hidupnya dan bermimpi menulis epiknya sendiri, tetapi ia berjuang untuk memulai karirnya sebagai penulis. Dia bekerja sebagai tukang roti magang, kemudian sebagai pembantu seorang penjaga toko, dan akhirnya sebagai asisten Yusuf Gales, juru lelang, penjual buku, dan penerbit Sheffield Register. Pada tahun 1794, Gales menyerahkan Register kepada Montgomery, yang kemudian mengubah nama koran tersebut menjadi Sheffield Iris dan memimpin selama 31 tahun.

Selama Perang Napoleon, ketakutan akan infiltrasi asing dan subversi internal menyebabkan represi politik yang signifikan. Montgomery dua kali dipenjara atas tuduhan penghasutan. Pertama kali ia ditangkap adalah pada tahun 1795 karena mencetak sebuah puisi mengenai jatuhnya Bastille; yang kedua pada tahun 1796 karena mengkritik hakim yang secara paksa membubarkan protes politik di Sheffield.

Ketika dia menjual Iris pada tahun 1825, dia menerima penghargaan publik. Pada tahun 1830, dia menyampaikan serangkaian kuliah tentang puisi dan sastra di hadapan Royal Institution, London. Sebagai pembela yang serius untuk tugas misi-misi asing dan Bible Society, dia juga menulis banyak buku tentang puisi dan sastra. Montgomerry juga sangat aktif dalam upaya untuk mengakhiri perbudakan di Inggris pada awal 1800-an dan reformasi UU tentang pekerja anak.

Reputasinya terutama diperoleh dari 400 himne karyanya, yang berjumlah hampir 100 masih digunakan. "Dalam himne Inggris ia berdiri di samping Isaac Watts ditambah dengan Charles Wesley."

Di antara himnenya yang besar adalah “Spirit of the Living God,” “Hail to the Lord’s Anointed,” “Angels from the Realms of Glory,” “Forever with the Lord,” “Songs of Praise the Angels Sing,” “Come Ye That Fear the Lord,” and “Prayer Is the Soul’s Sincere Desire.”

Ia menerbitkan dua volume puisi, Prison Amusements (yang menceritakan pengalamannya ketika dipenjara pada tahun 1790-an) dan Wanderer of Switzerland. Pada 1831, dia mengumpulkan dari dokumen asli jurnal D. Tyerman dan G. Bennet, yang telah dikirim oleh London Missionary Society untuk mengunjungi pusat kegiatan mereka di Selatan Laut Kepulauan, Cina, dan India.

Anehnya, pengakuan tentang imannya kepada publik baru pertama kali tercatat ketika ia bergabung dengan Gereja Moravia di usianya yang ke- 43.

Montgomery dihormati di kampung halaman yang ia pilih yaitu Sheffield, dan selalu berperan aktif dalam kehidupan sipil. Ia dihormati dengan acara pemakaman umum saat kematiannya pada tahun 1854. Banyak jalan-jalan masih memakai namanya, dan pada tahun 1861, sebuah monumen didirikan di atas kuburannya (sejak pindah ke Katedral Sheffield) oleh Sheffield Sunday School Union.

Pada alas granit monumen tertulis penghargaan yang tepat untuk Montgomery. "Di sini terbaring yang dikebumikan, yang dicintai oleh semua orang yang mengenalnya, penyair, patriot, dan dermawan Kristen. Dimanapun puisi dibaca, atau himne Kristen dinyanyikan, dalam bahasa Inggris, 'dia mati, namun masih berbicara' dengan kejeniusan, kesalehan dan rasa yang terkandung dalam tulisan-tulisannya." (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Disciple Magazine
Alamat URL : http://www.disciplemagazine.com/www/articles/172.788
Judul asli artikel : James Montgomery: Hymn Writer
Penulis artikel : Bernard R. DeRemer
Tanggal akses : 24 Juli 2015

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru