Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No. 169 Februari 2017 / Julukan dan Penghargaan Bagi Mary Slessor

Julukan dan Penghargaan Bagi Mary Slessor


Dirangkum oleh: N. Risanti


Gambar: Mary Slessor di Calabar
Mary Slessor dan orang-orang yang dilayaninya

Mary Slessor mendapat julukan "Mother of All" (Ibu bagi semua - Red.) karena usahanya yang gigih dalam menyelamatkan bayi-bayi kembar di Calabar. Kebiasaan membunuh bayi kembar terjadi karena masyarakat suku di Calabar percaya bahwa seorang manusia hanya dapat melahirkan satu anak dalam setiap kali kelahiran sehingga melahirkan bayi kembar merupakan indikasi dari keberadaan iblis. Bayi-bayi kembar yang dilahirkan biasanya dibunuh dengan cara diletakkan dalam pot tanah liat untuk kemudian dibuang di luar desa agar dimakan oleh hewan liar dan semut-semut.

Atas jasa-jasanya, Mary Slessor mendapat penghargaan yang besar, baik dari Pemerintah Kolonial Inggris, Skotlandia, maupun dari rakyat Nigeria sendiri. Gambarnya menghiasi uang sepuluh poundsterling di Skotlandia yang dikeluarkan oleh Bank Clydesdale. Ia mendapat nama dalam bahasa Efik sebagai "Obongawan Okoyong" (Ratu Okoyong - Red.). Berbagai nama jalan, sekolah, gereja, serta patung-patung yang menggambarkan dirinya menjadi saksi atas karyanya yang begitu berharga. Sebagai seorang misionaris dan perintis wanita yang sederhana, Mary Slessor menjadi kesaksian yang menjulang atas cinta kasih Allah kepada masyarakat Calabar di Nigeria.

Sumber referensi:
1. Madugu, Hauwa Mahmud. 2014 "Mary Slessor: How She Rescued Twins". Dalam http://leadership.ng/features/370104/mary-slessor-rescued-twins

2. Wikipedia contributors. Mary Slessor. Wikipedia. Dalam https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Mary_Slessor&oldid=759394436. Diakses tanggal 7 Februari 2017.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru