Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No. 186 Julil 2018 / Keistimewaan Kitab yang Ditulis Oleh Yohanes

Keistimewaan Kitab yang Ditulis Oleh Yohanes


Dirangkum oleh: N. Risanti


Gambar: Injil Yohanes
Injil Yohanes.

Injil Yohanes mencatat banyak hal tentang pelayanan Yesus di daerah Yudea dan Yerusalem yang tidak ditulis oleh tiga Injil yang lain. Selain itu, Yohanes adalah satu-satunya rasul yang menceritakan peristiwa pembasuhan kaki oleh Yesus dan yang menyatakan dengan lebih sempurna rahasia kepribadian Yesus. Yohanes dengan penuh semangat mencurahkan perhatian untuk menyatakan kebenaran, dan dengan jelas menyatakan bahwa Yesus adalah kebenaran, Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, dan firman Allah adalah kebenaran. Selain itu, dengan hasratnya yang besar akan kebenaran, dia juga menyatakan kekhawatiran akan domba-domba yang dapat disesatkan oleh guru-guru palsu; peringatan tentang mereka banyak dia kemukakan dalam kitab 1 Yohanes.

Yohanes memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan pertanyaan apa yang timbul selama 50 tahun atau lebih pascakebangkitan Kristus. Dia tahu keraguan apa yang muncul dan bagaimana menjawab pertanyaan itu sebelum kita menanyakannya. Mungkin, hal ini dapat menjelaskan mengapa kitab Yohanes tampak sangat aplikatif bagi pembaca masa kini. Bersama Petrus dan Yakobus, Yohanes termasuk dalam murid yang memiliki relasi khusus dengan Tuhan karena acap kali Alkitab berbicara tentang mereka bertiga secara terpisah dari murid-murid lainnya. Dengan dasar tersebut, tidak heran jika kita kemudian melihat Injil Yohanes ditulis secara lebih personal dibanding tiga Injil lainnya.

Audio: Injil Yohanes

Sumber:

1. Tim Got Question. What Can We Learn From The Life of John The Apostle. Dalam https://www.gotquestions.org/life-John-Apostle.html

2. Peach, David. John the Apostle: Bible Biography, Facts and Death. Dalam http://www.whatchristianswanttoknow.com/john-the-apostle-bible-biography-facts-and-death/.

3. Alkitab SABDA. Dalam http://alkitab.sabda.org/article.php?id=43/.


Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru