Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePenari / Martha Graham

Martha Graham


Sosok paling berpengaruh dan inovatif di bidang tari modern selama lebih dari 50 tahun, Martha Graham, dilahirkan di Pittsburgh - Pennsylvania, tetapi dibesarkan di California. Pada usia 20, dia belajar tarian etnik primitif di Sekolah Denishawn, Hollywood, di mana sutradara Ted Shawn, yang mengenali bakat luar biasanya, menciptakan tari balet Xochitl tentang tema suku Aztek untuknya. Dari tahun 1923 hingga 1925, dia menari di Greenwich Village Follies dan tahun 1926 mengajar di Sekolah Musik Eastman, di mana dia mulai mencari tahu bagaimana tarian bisa "memberi hakikat pada sesuatu yang dia rasakan."

Graham meluncurkan kariernya sebagai penari dan koreografer bebas dalam debut solonya di 48th Street Theater - New York, yang membuat penonton terkesima dan takjub. Tidak seperti tari balet tradisional, gerakan Graham kaku, tegang dan nyaris sejajar dengan tanah, dan terdiri dari gerakan-gerakan luar yang bersemangat dari pusat tubuhnya untuk mengekspresikan emosi. Dia mendirikan Dance Repertory Theater dan dengan cepat membangun reputasi dengan memberikan latihan yang paling berat di bidang tersebut. Metode mengajarnya yang unik menekankan pada kontraksi dan pelepasan bagian0bagian tubuh yang berbeda dan menggunakan pernapasan yang berhubungan dengan gerakan.

Karya Graham dipusatkan pada pengalaman universal manusia dan dengan tema cinta, kematian serta siklus alami kehidupan. Dari tahun 1928 hingga 1938--yang disebutnya "periode baju panjang wol"-- dia membuat koreografi tentang tema protes seperti Revolt, Immigrant, Lamentation dan Primitive Mysteries. Tahun 1932, dia menjadi penari pertama yang menerima beasiswa Guggenheim. Dia menciptakan sejumlah tarian yang diilhami oleh wanita-wanita ternama seperti Joan of Arc dan Mary, Ratu Skotlandia dan mengungkap kedalaman hati Emily Dickenson (Letter to the World, 1940) dan Bronte sisters (Death and Entrances, 1943). Drama dan mitologi Yunani menginspirasikan Cave of the Hearth (1946) tentang Medea; Night Journey tentang Ibunda Oedipus, Jocasta; dan tarian modern panjang yang pernah ditulis, Clytemnestra (1958). Setelah tahun 1938, dia menggunakan musik yang dengan sengaja disusun untuk mengiringi tariannya oleh komposer terkenal seperti Aaron Copland (lahir 1900) (Appalachian Spring, 1944), Gian Carlo Menotti (lahir 1911) dan Samuel Barber (1910-1981).

Graham, yang telah membuat koreografi 180 tarian dan menikmati karier aktif paling lama dari penari modern mana pun, pensiun dari panggung tahun 1969 untuk menjadi guru, dosen, dan direktur Martha Graham Center for Contemporary Dance di New York. Dia mendapatkan sejumlah penghargaan, yang meliputi Presidential Medal of Freedom tahun 1976. Dia meninggal di New York City pada usia 97 tahun.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul artikel : Martha Graham 1894-1991
Judul asli buku : 100 Women Who Shaped World History
Judul buku : 100 Wanita yang Mengguncang Dunia
Penulis : Gail Meyer Rolka
Penerjemah : Ana Budi Kuswandani, SS
Penerbit : Delapratasa Publishing, Jakarta 2004
Halaman : 160 -- 161

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru