Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereKarya / Phillip Bliss

Phillip Bliss


Lahir: 9 Juli 1838, Clearfield County, Pennsylvania
Kematian: 29 Desember 1876, Ashtabula, Ohio

Philip Bliss lahir pada tahun 1838 dari keluarga Kristen yang berbakti, yang tinggal di pegunungan Pennsylvania. Kenangan pertamanya tentang ayahnya, Ishak, adalah tentang doa keluarganya sehari-hari. Ayahnya juga menyukai musik dan menanamkan kecintaan bernyanyi dalam diri Philip.

Bliss hanya sebentar bersekolah, sebagian besar belajar bernyanyi dari ayahnya dan pengajaran ibunya. Pada usia sebelas tahun, ia meninggalkan rumah untuk mencari nafkah bagi dirinya sendiri. Selama lima tahun ia bekerja di tempat penebangan dan penjualan kayu dan tempat penggergajian. Ia mengakui Kristus sebagai Juru Selamatnya di hadapan orang-orang pada usia dua belas, meskipun ia tidak pernah tahu kapan ia tidak mencintai Kristus.

Pada tahun 1851, Bliss menjadi asisten juru masak di sebuah tempat penjualan kayu, dan kemudian dipromosikan menjadi penebang balok juga penggergaji. Di antara kedua pekerjaan itu ia bersekolah. Ia belum memutuskan pekerjaan apa yang diinginkannya, sehingga ia mempersiapkan diri untuk pekerjaan apa pun yang mungkin datang. Seiring dengan hal tersebut, ia menggunakan sebagian uangnya untuk mendapatkan pendidikan musik dan mulai berpartisipasi dalam kamp pertemuan Methodist dan kebaktian kebangunan rohani.

Pada usia tujuh belas, Bliss pergi ke Bradford City, Pennsylvania dan menyelesaikan persyaratannya untuk memiliki sertifikat mengajar mata pelajaran atau level tertentu. Ia memperoleh posisi mengajar di Hartsville, New York. Pada tahun 1857 ia bertemu J.G. Towner, yang mengadakan sebuah sekolah vokal di Pennsylvania.

Towner menyadari suara bernyanyi Bliss yang luar biasa baik dan menawarkannya untuk memberikan pelatihan suara secara formal. Dia juga memberikan kemungkinan bagi Bliss untuk pergi ke sebuah konvensi musik, di mana ia bertemu William B. Bradbury, seorang komposer musik untuk gereja yang ternama. Bradburylah yang meyakinkan Bliss untuk menyerahkan bakatnya bagi Tuhan.

Bliss akhirnya bertemu dan menikahi Lucy Young, seorang penyair yang juga berasal dari keluarga pemusik dan yang mendorong bakat musiknya. Bliss mengajari murid-murid di bidang musik untuk menambah penghasilannya dan kemudian menjadi guru musik keliling, bepergian dengan melodeon (sejenis organ - Red.) senilai 20 dollar dan kuda kuno.

Meskipun ia menikmati kegiatan mengajar musik, Bliss menyadari keterbatasannya dan merindukan untukingin sekali belajar di bawah bimbingan seorang musisi. Nenek dari istrinya memberinya 30 dollar untuk menghadiri Normal Academy of Music New York, di mana sesudah itu ia bersungguh-sungguh menjadi guru musik profesional. Ia juga mulai menciptakan musik pada saat itu.

Suatu malam, saat melewati sebuah kebaktian kebangunan rohani tempat D. L. Moody berkhotbah, Bliss datangmasuk untuk mendengarkannya. Seiring dengan nyanyian yang melemah, suaranya menjadi menonjol. Moody mencarinya dan memintanya untuk datang ke pertemuan Minggu malamnya. Moody mendesaknya untuk menjadi penginjil atau penyanyi.

Pada tahun 1873 Bliss bergabung dengan temannya Major Whittle dalam sebuah kebangunan rohani. Roh Kudus memenuhi aula dan banyak jiwa dibawa kepada Kristus malam itu. Sore berikutnya, saat mereka bertemu untuk berdoa, Bliss menyerahkan hidupnya kepada Yesus Kristus sekali lagi, berhenti dari menulis lagu sekuler, dari pekerjaan bisnis, dan pekerjaan gerejanya supaya ia bisa mencurahkan waktu sepenuhnya untuk menyanyikan musik untuk gereja dalam penginjilan.

Menggunakan bakatnya bagi Tuhan, Bliss menulis banyak himne dan lagu-lagu lainnya. Ia menerbitkan Gospel Song, Gospel Hymns and Sacred Songs pada tahun 1875, dan menjadi co-editor Gospel Hymns No 2 setahun kemudian. Ia bekerja untuk kasih Allah, dengan menurunkan keuntungan hak cipta jadi berkurang. Royaltinya yang berjumlah sekitar 60.000 dollar dibagikan kepada badan amal yang layak sebagai gantinya.

Pada bulan Desember 1876, Bliss meninggal dalam kecelakaan kereta api di dekat Ashtabula, Ohio. Meskipun ia selamat dari kecelakaan tersebut, ia kembali untuk menyelamatkan istri tercintanya dan mereka berdua tewas dalam api. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Center for Church Music
Alamat URL : https://songsandhymns.org/people/detail/philip-bliss
Judul asli artikel : Philip Bliss
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 28 Juli 2016

Komentar


Cari semua situs SABDA

Loading
Cari misalnya: 'alkitab'
Akan membuka halaman baru

Join Us

Ulang Tahun YLSA ke-24

24 Tahun SABDA
Merayakan 24 tahun
melayani bersama


Aplikasi Android Kristen


android.sabda.org

Navigation

Follow Us

 

Member login

Permohonan kata sandi baru