Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No. 175 Agustus 2017 / Puisi Berpengaruh T.S. Eliot

Puisi Berpengaruh T.S. Eliot


Dirangkum oleh: N. Risanti


Gambar: Nobel untuk T.S. Eliot
T.S. Eliot meraih penghargaan Nobel

The Waste Land, puisi yang ditulis oleh Eliot sesudah pulih dari kelelahan mental itu merupakan salah satu puisi yang paling banyak dibicarakan dalam sejarah sastra. Puisi itu mengungkapkan kekecewaan dan kemuakan Eliot atas Perang Dunia I, yang menggambarkan dunia yang penuh ketakutan yang mengejar nafsu-nafsu yang kering, yang merindukan mati-matian akan tanda apa pun untuk penebusan. The Waste Land juga bergaung sebagai penggambaran reruntuhan peradaban Eropa pascaperang. Berhasil menciptakan sejenis pengultusan dari segala penjuru sastra, The Waste Land sering dianggap sebagai karya puitis yang paling berpengaruh pada abad ke-20. Puisinya yang lain, Ash Wednesday, yang diterjemahkan sebagai Rabu Abu, merupakan puisi panjang pertama yang ditulis oleh Eliot pada tahun 1927 setelah pertobatannya dalam kekristenan. Edwin Muir, seorang penyair dan novelis Skotlandia pernah menyatakan bahwa Ash Wednesday merupakan salah satu puisi paling hidup yang pernah ditulis oleh Eliot, dan mungkin yang paling sempurna.

Namun, baru melalui puisi Four Quartets yang diakui Eliot sebagai sebagai adikaryanya, ia meraih penghargaan Nobel di bidang sastra. Puisi itu sendiri terdiri dari 4 bagian panjang, yang masing-masing diterbitkan secara terpisah, yaitu Burnt Norton (1936), East Coker (1940), The Dry Salvages (1941), dan Little Gidding (1942). Four Quartets sendiri tidak dapat dimengerti tanpa acuan dari pemikiran, tradisi, dan sejarah Kristen. Melalui puisi-puisi tersebut dan masih banyak karyanya yang lain, nama Eliot pun menjadi besar dan dikenal sebagai salah satu penyair dunia paling berpengaruh pada abad ke-20.

Sumber referensi:
1. _____. "About T.S. Eliot". Dalam http://www.poetryarchive.org/poet/t-s-eliot

2. _____. "T.S. Eliot Biography Writer (1888?1965)". Dalam http://www.biography.com/people/ts-eliot-9286072#the-poetry

3. Wikipedia contributors. "T. S. Eliot". Wikipedia. Dalam https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=T._S._Eliot&oldid=788565051 Diakses pada 5 Juli 2017.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru