Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.45 Januari 2010 / Masa Lalu dan Masa Depan

Masa Lalu dan Masa Depan


Bacaan: Mazmur 91

"... Tuhan akan berjalan di depanmu, dan Allah Israel akan menjadi penutup barisanmu." (Yesaya 52:12)

Pada malam tahun baru tahun 1916, Oswald Chambers berkhotbah dalam sebuah acara persekutuan doa para prajurit Persemakmuran Inggris di Kairo, Mesir. Ketika berdiri di hadapan para hadirin yang hidupnya telah ditunggangbalikkan oleh berkecamuknya Perang Dunia I, sang pendeta mengulas tentang masa lalu dan masa depan.

Chambers berkata, "Setiap akhir tahun, kita begitu bersemangat menyambut janji Allah untuk masa depan, tetapi kita cenderung merasa cemas saat mengingat masa lalu. Sukacita kita atas anugerah Allah yang seharusnya kita nikmati sekarang digantikan dengan kenangan masa lalu yang penuh dosa dan kesalahan. Namun Allah juga menjadi Allah dari masa lalu, dan Dia mengizinkan kita mengenang masa lalu dengan tujuan supaya dapat mengubah masa lalu itu menjadi pelajaran rohani yang menolong kita di masa depan. Allah mengingatkan kita tentang masa lalu agar kita tidak terjebak dalam perasaan aman yang yang dangkal di masa sekarang. Lepaskanlah masa lalu dengan menyerahkannya kepada Kristus. Tinggalkanlah masa lalu yang tidak dapat diperbaiki itu ke dalam tangan-Nya, dan melangkahlah bersama-sama dengan Dia menuju masa depan yang tak terelakkan." (Dari: My Utmost For His Highest)

Allah berjanji kepada Israel, "Tuhan akan berjalan di depanmu, dan Allah Israel akan menjadi penutup barisanmu." (Yesaya 52:12) Kita juga boleh menjadi tenang karena mengetahui bahwa Allah tidak akan pernah mengabaikan ataupun meninggalkan kita (Ibrani 13:5).

Dengan dimulainya tahun baru ini, marilah kita menyerahkan diri kita sepenuhnya -- seluruh masa lalu dan masa depan kita -- ke dalam tangan-Nya.

Bukan beban masa lalu yang harus kita pikul, ataukah beban masa depan yang belum pasti dan tak terbayang; mengapa kita melihat masa depan atau masa lalu dalam kecemasan? Kebutuhan kita telah dicukupkan untuk hari ini. (Flint)

Diambil dari:

Judul renungan harian : Santapan Harian, Edisi Tahun Baru, Hari 5
Penulis : David J. De Haan
Penerjemah : Tim RBC Indonesia
Penerbit : RBC Ministries Indonesia, Jakarta 2003

 

Sumber: Bio-Kristi 45

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru