Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herependeta / Rick Warren

Rick Warren


Rick Warren (lahir tahun 1954) adalah pendeta pendiri gereja Saddleback di Lake Forest, California. Ia dan istrinya, Kay, merintis gereja di rumah mereka pada bulan Januari 1980, mulai dengan satu keluarga.

Sasarannya ialah membangun sebuah jemaat yang besar dan kemudian sesudah berhasil membagikan pengetahuannya dengan para pemimpin gereja lainnya yang akan mereplikasinya ke manca negara dan budaya.

Ia bukanlah seorang angkuh yang mencari perhatian. Ia bekerja tanpa banyak bicara, dan seorang wartawan USA Today menyebutnya sebagai "seorang injili yang paling berpengaruh yang pernah Anda dengar". Majalah Christianity Today menyebut dia sebagai "pendeta Amerika yang paling berpengaruh" pada tahun 2002.

Ia adalah seorang pendeta Injil Kristen dan seorang penulis. Ia dikenal sebagai penulis "The Purpose Driven LIfe", yang pernah bertengger di posisi nomor satu di harian New York Times sebagai buku paling laku untuk kategori nonfiksi selama 111 minggu. Buku ini mengetengahkan apa yang dipercaya Warren sebagai lima prinsip Alkitab untuk menjalani suatu kehidupan yang utuh: penyembahan, persekutuan, pemuridan, pelayanan, dan penginjilan.

Kini dengan 20.100 pengunjung setiap akhir minggu dan lebih dari 50.000 nama terdafter dalam daftar hadir gereja, Gereja Saddleback menjadi salah satu gereja terbesar dan terkenal di Amerika Serikat. Gereja ini merupakan gereja Baptis paling pesat pertumbuhannya dalam sejarah dan merupakan gereja terbesar dalam Konvensi Gereja Baptis Selatan. Gereja ini berlokasi di Lake Forrest di bagian Selatan Orange County, California Selatan. Dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir ini lebih dari 9.200 orang percaya baru telah dibaptis di Saddleback. Gereja ini juga telah mengutus 4000 anggotanya dalam proyek misi di seluruh dunia.

Rick Warren mashyur sebagai perintis paradigma Purpose Driven untuk kesehatan gereja. Lebih dari 250.000 pendeta dan pemimpin gereja dari lebih 125 negara telah menghadiri seminar Purpose Driven Church dalam 18 bahasa yang berbeda dan memfokuskan pada pengajaran para pemimpin gereja lain untuk mengintegrasikan lima tujuan dalam stuktur gereja lokal mereka.

Peter Drucker menyebut Rick sebagai "penemu kebangunan rohani yang abadi". Buku Rick yang sebelumnya, The Purpose Driven Church, telah terjual lebih dari satu juta buah dalam 20 bahasa.

Pemenang dari buku Tahunan "The Gold Medallion Ministry" ini telah digunakan sebagai sebuah buku teks dalam kebanyakan seminar dan terpilih sebagai satu dari seratus Buku Kristen yang mengubah abad kedua puluh.

Selain itu Rick adalah pengarang dari "The Power to Change Your Life", "Answers to Life's Diffcult Questions", dan "Personal Bible Study Method". Rick juga adalah pendiri dari Pastor.com, suatu pelayanan global melalui internet yang melayani dan mementori mereka yang ada dalam pelayanan di seluruh dunia. Lebih dari 60.000 pendeta berlangganan Pelayanan Toolbox Rick Warren, sebuah email berita berkala (mingguan) dan gratis.

Ia sering mengenakan baju gaya Hawaii, dengan sepatu sandal, tanpa kaus kaki, bahkan ketika sedang berkhotbah dalam gaya gerejanya yang informal. Ia berupaya untuk bersikap komprehensif melintasi garis denominasi gereja Baptis Selatan yang konservatif dengan cara seperti penginjil konservatif Billy Graham dan menerima pendeta dan pemimpin dari semua denominasi ke dalam program latihannya. Sambil mencatat ayat yang dianggap dapat menyebabkan perpecahan yang tidak perlu.

Ia tetap mengikuti apa yang ia sebut sebagai hal "penting" tentang iman dan memfokuskan diri pada "orang-orang yang penuh kasih ke dalam kerajaan Allah" melalui suatu cara yang menarik tanpa mengkompromikan ajaran imannya yang paling utama.

Tidak seperti pemimpin religius dan Kristen lainnya yang terkenal. Warren tidak memiliki program radio dan televisi sendiri. Ia lebih terkesan supaya orang mengetahui isi pengajarannya ketimbang mengetahui namanya atau nama gerejanya. Ia menghindari politisasi denominasi, pemerintah dan menjalani kehidupan seperti salah satu anggota jemaatnya sendiri. Ia mengendarai mobil SUV-nya sendiri.

Para rekan sejawatnya menganggapnya sebagai seorang yang murah hati, lucu, dan rendah hati -- seseorang yang kehidupan pribadinya mencerminkan kehidupannya publiknya tentang seorang "manusia biasa" yang kebetulan menjadi seorang gembala sidang dari sebuah gereja Injili konservatif yang besar.

Rick dilahirkan di San Jose, California. Ia mendapatkan gelar Bachelor of Art dari California Baptist College, gelar Master of Divinity dari Southwestern Theological Seminary, dan gelar doktor Ministry dari Fuller Theological Seminary. Gelar kehormatan lainnya termasuk Biblical Preaching Award, beberapa gelar doktor kehormatan, dan majalah Metro menyebutkan sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di Oregon County, California. Rick dan istrinya, Kay, tinggal di Trabuco Canyon, California. Mereka memiliki tiga ekor anak kucing.

Bahan diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul majalah : Sahabat Gembala
Judul asli artikel : Mengenal Rick Warren
Edisi : November, 2005
Penerbit : Yayasan Kalam Hidup, Bandung 2005
Halaman : 31 -- 33

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru