Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.119 Juli 2013 / Robert Alander Walker

Robert Alander Walker


Robert Alander Walker adalah pendiri Christian Life Missions. Ia dijuluki sebagai "Pelopor Penerbitan Kristen". Robert Walker meninggal pada tanggal 1 Maret 2008, pada usia 95 tahun. Ia pernah menjadi Editor Emeritus dari Majalah Charisma dan Christian Life (terbitan Strang Publication) sekaligus pembicara dalam berbagai konferensi penulis Kristen di sepanjang hidupnya.

Robert Walker adalah pemilik perusahaan penerbit pertama yang menerima penghargaan bergengsi, "Magazine Publishers Award", dari Evangelical Christian Publisher Association (ECPA) pada tahun 1994. "Beliau menerima penghargaan itu karena telah berkecimpung dalam dunia penerbitan selama bertahun-tahun," ujar Mark Sweeny, mantan direktur ECPA.

Robert Walker inilah yang pertama kali menerbitkan tajuk berita tentang Billy Graham secara nasional. Ia juga yang berhasil mengangkat buku tentang kesaksian pertobatan Pat Boone menjadi buku pelarap (best seller).

"Beliau adalah seorang pria yang luar biasa," ujar Boone. Pat Boone adalah seorang penyanyi yang menerbitkan buku "A New Song", yang terjual sebanyak 2,5 juta kopi pada tahun 1970 setelah Robert Walker menolongnya untuk membentuk ceritanya. "Beliau memiliki kualitas seperti para tokoh zaman Perjanjian Lama. Ketika saya berbicara dengannya, saya seolah-olah berbicara dengan Gideon atau bapa-bapa leluhur Israel versi modern," lanjut Boone.

"Keterlibatan" Robert Walker selama pelayanannya juga mencakup usaha untuk mendirikan dan menyunting artikel-artikel bagi His Magazine untuk mahasiswa yang belajar di universitas sekuler dan Sunday Magazine (cikal bakal majalah Christian Life) -- majalah Kristen pertama yang diterbitkan sesuai ukuran saku. Hal itu menarik perhatian majalah Time dan Newsweek sehingga keduanya memuat berita tentang peristiwa itu.

Selain itu, Robert Walker juga mendirikan Insitut Penulis Kristen, sebuah sekolah korespondensi yang telah meluluskan hampir 2.500 siswa, dan juga mendirikan sebuah penerbit bernama Creation House yang menerbitkan "A New Song" karya Pat Boone dan "Finger Lickin' Good" karya Colonel Sanders.

Majalah Christian Bookseller (yang nantinya berganti nama menjadi Christian Retailing) pun merupakan buah pikir Robert Walker. Selain itu, Robert Walker juga mendirikan organisasi Christian Life Missions, sebuah organisasi misi internasional nonprofit. Ia mendirikan organisasi misi itu karena melihat adanya kebutuhan untuk mendukung para misionaris dan usaha yang mereka lakukan.

Robert Walker lahir pada 30 April 1912. Ia adalah putra dari pasangan Lena (Orman) dan Forrest Walker. Forrest Walker adalah seorang penemu. Ia bersama saudaranya, Willard Walker, adalah penemu mesin pencuci piring. Setelah mengambil studi selama 1 tahun di University of Illinois dan setahun yang lain di Wheaton (Illinois) College, Robert Walker bergabung dalam Medill School of Journalism di Northwestern University (Evanston, Illinois).

Suatu hari pada musim panas, sebelum menginjak di tingkat lebih atas sewaktu kuliah, ia berlibur di pesisir Lake Superior. Setelah membaca setumpuk buku filsafat, sampailah ia pada buku terakhir dalam tumpukan itu: sebuah Alkitab.

"Saya memasukkan Alkitab ke dalam tumpukan itu hanya karena saya merasa bahwa seorang jurnalis paling tidak harus memiliki pengetahuan tentang isinya," ujar Robert Walker.

Setelah membaca Alkitab itu, kehidupan Robert Walker berubah. Ia menulis sebuah surat kepada dekan kampusnya dan mengatakan bahwa ia akan belajar di seminari pada musim gugur. Dekan itu membalas dengan meyakinkan dia bahwa dunia membutuhkan para penulis yang memiliki keyakinan religius.

Dalam perjalanan studinya, Robert Walker menerima gelar B.S. (Bachelor of Science) dan M.S. (Master of Science) dari Universitas Northwestern pada tahun 1941. Ia juga diberi gelar kehormatan Litt.D. (Litterarum Doctor atau Doctor of Litterature) oleh John Brown University pada tahun 1947, LL.D. (Legum Doctor atau Doctor of Laws) dari Taylor University pada tahun 1962. Selain itu, beliau juga menerima penghargaan dari Oklahoma Baptist University pada tahun 1948 dan terdaftar dalam "Marquis Who's Who in America" (sebuah terbitan yang berisi biografi orang-orang penting di Amerika - Red.) berkali-kali sejak 1972.

Meskipun memutuskan untuk mengikut Kristus, Robert Walker tidak serta-merta terjun ke dalam jurnalisme kristiani. Berikut ini perjalanan karier Robert Walker:

  1. Editor telegraf olahraga Menominee Herald Leader (Michigan) pada tahun 1936.

  2. "Copy editor" untuk Rosenow Company di Chicago pada tahun 1937 -- 1938.

  3. Asisten direktur dari club Aluminium Products di Chicago pada tahun 1941 -- 1945.

  4. SekJen Herb's Taylor Christian Workers Foundation dan beberapa organisasi Kristen lainnya, misalnya Fellowship of Christian Athletes.

  5. Asisten profesor di bidang jurnalisme di Wheaton College pada tahun 1941 -- 1951 dan melayani dalam berbagai posisi di Scripture Press Foundation (1945 -- 1956).

Beberapa pencapaiannya yang ternama antara lain meluncurkan International Sunday School Contest dan memperkenalkan bangunan gereja "bongkar pasang" untuk menolong gereja-gereja yang kesulitan. Selain itu, ia juga memperkenalkan profil tokoh-tokoh kepada publik pembaca Kristen. Ia juga mendirikan "Robert Walker Scholarship Fund" guna menolong pemuda-pemuda Kristen yang Tuhan panggil untuk melayani-Nya dalam bidang jurnalisme Kristen.

Robert Walker menikah dengan Jean Browning Clements pada tahun 1937 dan memiliki 5 anak: Gwyneth, Telford, Rob, Kent, dan Cherry. Setelah istrinya meninggal, ia menikahi Barbara Melin pada tahun 1995. Kematiannya meninggalkan 2 anak angkat, 18 cucu, dan 21 cicit. (t/Yudo)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : christianlifemissions.com
Alamat URL : http://christianlifemissions.com/
Judul asli artikel : Biography Robert Walker
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 16 Juli 2013

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru