Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No.141 November 2014 / Semi-Arianisme

Semi-Arianisme


Semi-Arianisme adalah doktrin tentang ke-Anak-an Kristus yang dipegang oleh para teolog abad 4 yang enggan menerima, baik hasil konsili Nicea maupun pandangan Arius yang ekstrem. Setelah konsili Nicea pada tahun 325, muncul sebutan-sebutan untuk masing-masing posisi yang dianut.

Teolog Ortodoks adalah mereka yang menggunakan istilah "homoousios" untuk menyatakan doktrin bahwa Kristus, Sang Firman, memiliki substansi yang sama dengan Bapa yang kekal. Ini dipimpin oleh Athanasius.

Partai Arian adalah orang-orang yang berpegang pada pandangan bahwa Kristus adalah makhluk ciptaan, secara substansi tidak sama dengan Bapa. Istilah untuk pandangan ini adalah "anomoios".

Semi-Arianisme adalah mereka yang menolak kedua ekstrem tersebut dan menggunakan istilah "homoiusios", yang mendefinisikan Kristus dengan "memiliki substansi yang mirip" dengan Bapa. Akan tetapi, kaum Semi-Arianisme tidak memiliki pandangan yang jelas tentang sejauh mana Kristus berbeda dari makhluk ciptaan yang lainnya. Mereka menyebut Kristus "ilahi", tetapi pada dasarnya menyangkal Dia benar-benar Allah, bahwa Dia "benar-benar sama dengan Bapa dalam hal ketuhanan-Nya". (t/Berlin B.)

Diterjemahkan dan disesuaikan dari:

Nama situs : mb-soft.com
Alamat URL : http://mb-soft.com/believe/txo/arianism.htm
Judul asli artikel : Semi-Arianism
Penulis artikel : B. L. Shelley
Tanggal akses : 20 Agustus 2014

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru