Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No. 174 Juli 2017 / Talenta dan Karya Dorothy Sayers

Talenta dan Karya Dorothy Sayers



Gambar: Sayers Menandatangani buku
Sayers, penulis wanita dan apologetis ternama

Dorothy Sayers memiliki gairah yang cukup besar dalam dunia teater, dan merasa bahwa semangat komunitas kehidupan teater adalah hal yang seharusnya diberikan oleh gereja, tetapi sering gagal dilakukan. Pada awalnya, ia memang menulis drama untuk teater dan radio yang bersifat sekuler, tetapi kemudian karya-karyanya mulai bersifat religius, seperti The Zeal of Thy House, the Devil To Pay, He That Should Come, dan The Man Born to be King. Memiliki banyak talenta dan kemampuan, Sayers tidak hanya dapat menulis karya fiksi, puisi, dan naskah drama, tetapi juga menjadi guru di beberapa tempat, penerjemah, serta sukses dalam bidang periklanan sebagai seorang copywriter.

Buku religius karya Sayers yang paling menonjol mungkin adalah The Mind of Maker (1941), yang membahas secara panjang lebar analogi antara pencipta manusia (terutama seorang penulis novel dan drama) dan doktrin Trinitas dalam penciptaan. Creed Or Chaos? yang merupakan sebuah koleksi dari beberapa karya tulisnya menyajikan kembali dasar sejarah Ajaran Kristen berdasarkan Pengakuan Iman Rasuli, Pengakuan Iman Nicea, dan Pengakuan Iman Athanasia. Dalam karyanya tersebut, Sayers berusaha menjelaskan doktrin-doktrin sentral Kristen secara jelas dan ringkas bagi mereka yang telah mempelajarinya, baik dalam ajaran murni maupun yang telah terdistorsi, dengan alasan bahwa jika mereka akan mengkritik sesuatu, mereka lebih baik telah mengetahuinya terlebih dulu. C.S. Lewis adalah salah satu teman baik Sayers yang juga menjadi pembaca setia karya Dorothy, The Man Born to be King, dan keduanya sama-sama menjadi penulis apologetika Kristen ternama yang berasal dari dunia sastra Inggris.

Sumber referensi:

1. Kiefer, James E. Dorothy L Sayers, Writer and Theologian. Dalam http://justus.anglican.org/resources/bio/19.html

2. Currann, Jane. Dorothy L Sayers' Life and Lover. Dalam http://news.bbc.co.uk/local/oxford/hi/people_and_places/history/newsid_8129000/8129149.stm

3. Wikipedia contributors. Dorothy L. Sayers. Wikipedia. Dalam https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Dorothy_L._Sayers&oldid=775047422". Diakses pada 25 April 2017.


Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru