Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are heredokter / Thomas John Barnardo

Thomas John Barnardo


Thomas John Barnardo adalah pria Inggris yang murah hati. Dia adalah seorang pendiri sekaligus direktur "rumah penampungan anak-anak telantar", yang lahir di Dublin, Irlandia, pada tahun 1845. Ayahnya berasal dari Spanyol dan ibunya dari Inggris. Dengan niat untuk memenuhi persyaratan dalam pelayanan misi di bidang kesehatan di China, dia pun belajar kedokteran di Rumah Sakit London. Setelah itu, dia melanjutkan ke Paris dan Edinburgh. Di sana, dia menerima beasiswa dari Royal College of Surgeons.

Tugas medisnya di ujung Timur London selama wabah kolera pada tahun 1865 itulah, yang pada awalnya menarik perhatiannya kepada sejumlah besar gelandangan dan anak telantar di kota-kota di Inggris. Setelah dikuatkan oleh dukungan Earl Shaftesbury VII dan Earl Dairns I, dia meninggalkan ambisi awalnya dalam pekerjaan misi asing, dan memulai apa yang harus dibuktikan sebagai karya hidupnya. "Rumah penampungan Dr. Barnardo" yang pertama, dibuka pada tahun 1867 di Stepney Causeway, London. Sejak saat itu, pekerjaannya terus berkembang. Sampai pada saat kematian sang pendiri, yaitu tahun 1905, ada sekitar 112 "rumah penampungan" daerah, selain cabang-cabang pelayanan misi, di seluruh Inggris Raya.

Sasaran utama yang mendasari dibukanya yayasan-yayasan tersebut adalah untuk mencari dan menampung anak-anak telantar dan yatim piatu untuk diberi makanan, pakaian, pendidikan, dan jika memungkinkan, diberi pelatihan industri yang cocok untuk tiap-tiap anak. Prinsip yang diterapkan adalah keanggotaan bebas dan segera, tanpa ada pembatasan usia atau jenis kelamin, agama atau kebangsaan. Baik anak bertubuh sehat maupun anak dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan sama-sama ditampung. Satu-satunya syarat pokok adalah dia dalam keadaan telantar. Sistem yang diterapkan dalam yayasan ini secara umum adalah sebagai berikut:

a. bayi dan anak-anak "ditempatkan" di wilayah pedesaan,

b. anak-anak perempuan di atas usia 14 tahun, dikirim ke rumah pelatihan industri untuk diajari pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang berguna,

c. anak-anak laki-laki di atas usia 17 tahun, awalnya diuji di rumah pelatihan industri lalu dipekerjakan di rumah-rumah, di laut, atau di luar negeri, dan

d. anak-anak dengan usia antara 13 dan 17 tahun, dilatih untuk berbagai pekerjaan yang cocok dengan kondisi mental dan fisik mereka.

Selain berbagai cabang yang diperlukan untuk pekerjaan di atas, ada juga yayasan-yayasan lain seperti tempat penampungan untuk anak-anak perempuan yang terancam, rumah pemulihan bagi orang sakit yang berada di tepi laut, dan rumah perawatan bagi orang sakit.

Pada tahun 1872, didirikan rumah perkampungan bagi anak-anak perempuan di Barkingside, dekat Ilford, yang memiliki gereja dan sanatorium sendiri. Di antara 60-70 rumah pondokan, dibangunlah sebuah "kota taman" dan di sanalah Barnardo dimakamkan. Pada tahun 1901, karena kemurahan E. H. Watts, sekolah kelautan didirikan di Elmham Utara, dekat Norwich. Di tempat itulah anak-anak laki-laki dari rumah penampungan dipanggil untuk ikut wajib militer dan dilatih untuk menjadi anggota angkatan laut, serta anggota armada laut di bidang perniagaan. Hal yang dianggap paling berguna di antara berbagai hal yang dilakukan Barnardo adalah sistem emigrasi. Ribuan anak laki-laki dan perempuan telah dikirim ke negara-negara jajahan Inggris, sebagian besar dikirim ke Kanada, tempat dibangunnya pusat penyaluran di Toronto dan Winnipeg, dan ke lahan industri yang luasnya kira-kira 3.200 hektar di dekat Russell di Manitoba. Fakta bahwa anak-anak yang mengalami kegagalan di Kanada tidak mencapai 2 persen, membuktikan pernyataan Barnardo bahwa "apabila anak-anak dari daerah kumuh dapat dipindahkan cukup dini dari lingkungan mereka dan diasuh cukup lama dengan diberi pelatihan, maka faktor keturunan hanya berpengaruh sedikit, sedangkan faktor lingkungan hampir menentukan semua hal."

Pada tahun 1899, berbagai yayasan dan organisasi digabungkan secara hukum dengan nama "The National Association for the reclamation of Destitute Waif Children", namun yayasan tersebut lebih dikenal dengan nama "Rumah Penampungan Dr. Barnardo". Barnardo memberi penekanan yang kuat pada pengajaran agama bagi anak-anak asuhannya. Tiap-tiap anak dibesarkan di bawah pengaruh dan pengajaran denominasi orang tua mereka. Rumah penampungan tersebut dibagi menjadi 2 bagian untuk pengajaran agama, yaitu menurut Gereja Inggris dan menurut Kaum Nonkonformis. Masing-masing anak dari keluarga penganut Yahudi dan Katolik Roma, jika memungkinkan, diserahkan kepada pengawasan Dewan Wali Yahudi di London dan institusi-institusi Katolik Roma.

Dari awal pendirian rumah penampungan pada tahun 1867 sampai dengan kematian Barnardo, ada sekitar 60.000 anak yang berhasil diselamatkan, dilatih, dan ditempatkan di masyarakat. Barnardo meninggal karena mengalami kejang jantung di London, pada tanggal 19 September 1905. Peringatan nasional pun diadakan untuk mengumpulkan dana sebesar 250.000 poundsterling untuk menutup kekurangan dana di berbagai yayasan dan menetapkan seluruh kegiatan secara permanen. Dr. William Baker, mantan ketua dewan, dipilih untuk menggantikan Barnardo sebagai direktur. Barnardo juga menjadi penulis banyak buku yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan amal, yang menjadi tempat untuk mengabdikan hidupnya.

Pelayanan Thomas Barnardo masih dilanjutkan hingga kini oleh yayasan amal Barnardo. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Biography Base Home
Alamat URL : http://www.biographybase.com/biography/barnardo_thomas_john.html
Judul asli artikel : Thomas John Barnardo Biography
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 20 Oktober 2011

 

Sumber: Bio-Kristi 83

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru