Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePengkhotbah / William Elbert Munsey (1833 -- 1877)

William Elbert Munsey (1833 -- 1877)


Diterjemahkan oleh: Dian Pradana

"Apakah hukuman kekal itu suatu fakta dan benar adanya? Allah kita adalah Allah yang bisa marah. Kekuatan dan kemampuan untuk mengasihi menunjukkan kekuatan dan kemampuan untuk membenci. Mereka yang berkata bahwa amarah dan murka tidak sesuai dengan karakter Allah, hal itu membuat Allah tampak tak acuh, mengerikan, dan tidak bisa mengasihi. Jika Anda menginginkan Allah yang bisa mengasihi dan mempunyai kasih yang kekal, Dia harus bisa murka dan mempunyai amarah yang kekal."

Pada awalnya, doktrin Metodis adalah kekuatan besar untuk mewujudkan kebangunan rohani dan keadilan di Amerika. Daftar nama pengikutnya merupakan daftar nama tokoh-tokoh besar Allah, di antaranya Asbury, Cartwright, Sam Jones. Nama William Elbert Munsey layak dimasukkan dalam daftar nama itu.

Lahir di Bland County, Virginia tahun 1833, Munsey muda belajar membantu ayahnya bekerja di ladang tua. Saat dia baru berumur dua belas tahun, ayahnya meninggal dan dia mengambil tanggung jawab untuk menghidupi ibu dan kelima adik laki-lakinya.

Meski hanya mengecap pendidikan formal selama setahun, Munsey menguasai banyak buku. Dr. John Rice, penulis biografi tokoh besar yang pandai ini, menulis bahwa, saat berumur sepuluh tahun, "dia sudah berulang kali membaca seluruh karya sejarawan Yahudi, Josephus" dan bahwa "dia belajar di mana pun dan selalu .... Saat membajak sawah, dia meletakkan buku di ujung alur-alur, membaca satu bagian, lalu meninggalkan buku itu dan menanamkan apa yang sudah dibaca dalam pikirannya sambil membajak alur-alur selanjutnya.

Munsey bertobat pada suatu retret Metodis kuno saat berumur tujuh belas tahun, dan setelah itu segera menjadi pengkhotbah Metodis. Dia terkenal di seluruh Tennessee dan Virginia.

Meski pandai, khotbahnya tidak sekering debu. Dia adalah pengkhotbah yang luar biasa sampai-sampai Konxville Tribune menyebutnya, "penghotbah paling hebat dari Selatan." Pasti ada sesuatu dalam khotbahnya yang menarik untuk didengar. Sering kali seluruh jemaat berdiri karena daya tarik khotbahnya yang biasanya berdurasi dua jam.

Orang-orang memenuhi gerejanya, terutama di Alexandria dan Richmond, Virginia, di mana gedung gereja sudah penuh dua jam sebelum kebaktian. Dia sangat pandai dalam menjelaskan sesuatu. Khotbah-khotbahnya tentang masa depan dan neraka tidak hanya klasik, tapi mungkin adalah yang terbaik. Dalam masa yang gelap dan penuh keputusasaan ini, kita perlu khotbah bertema: kematian itu pasti, neraka itu panas, keabadian adalah selamanya, dosa adalah sebabnya, Kristus adalah tabibnya.

Kita perlu orang-orang seperti Munsey! Dia meninggal pada tahun 1877 di Jonesboro, Tennessee pada umur 44 tahun.

Diterjemahkan dari:

Situs : Sword of the Lord
Alamat URL : http://www.swordofthelord.com/biographies/MunseyWilliamElbert.htm

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru