Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.137 Agustus 2014 / Iman Kristiani C.S. Lewis

Iman Kristiani C.S. Lewis


Lewis dibesarkan dengan iman Kristen oleh orang tuanya yang Protestan. Namun, baru setelah ia dikirim ke sekolah berasrama setelah kematian ibunya, Lewis mulai membaca Alkitab sendiri dan berpikir menurut pemahamannya sendiri tentang agama. Kemungkinan, kekristenan telah menawarkannya beberapa penghiburan pada saat ia merasakan kesepian dan kesedihan yang besar.

Namun, pada masa remajanya, Lewis meninggalkan agama Kristen. Ia menjadi semakin tertarik dalam mitologi Jerman, yang mengarahkannya untuk melihat agama secara umum sebagai "semacam omong kosong di mana manusia cenderung menjadi keliru". Lewis semakin menjauh dari kekristenan setelah ia meninggalkan sekolah pada tahun 1914 dan mendapat pendidikan secara privat di rumah oleh William Kirkpatrick, seorang teman keluarga yang telah menjadi pembimbing bagi ayah Lewis. Kirkpatrick, yang merupakan seorang ateis murni, menantang Lewis untuk berpikir tentang dirinya sendiri dan meninggalkan ide-ide konvensional tentang agama.

Kemudian, saat memasuki awal usia 30-an dan menjadi mantap dengan kehidupan profesional dan pribadinya, Lewis tiba di sebuah titik balik yang nyata dalam kehidupan spiritualnya. Saat berada di sebuah bus tingkat di awal musim panas 1929, Lewis tiba-tiba merasa tidak memiliki pilihan selain untuk mengakui keyakinannya kepada Tuhan. Tak lama kemudian, dalam kesendirian di kamarnya di Universitas, ia berlutut dan berdoa.

Perubahan imannya ke Kristen tidak sesederhana itu karena diiringi dengan banyak keraguan, perdebatan batin, dan diskusi dengan teman-temannya. Namun, sebagaimana yang dijelaskan Lewis dalam surat kepada saudaranya, ia menjadi Kristen karena baginya tak ada lagi yang dapat dilakukan. Kekristenan menjadi aspek sentral dari kehidupan dewasa Lewis dan subjek dari banyak tulisannya, termasuk cerita Narnia. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Fact Monster
Alamat URL : http://www.factmonster.com/spot/narnia-lewisxan.html
Judul asli artikel : A Convert to Christianity
Penulis artikel : Ann-Marie Imbornoni
Tanggal akses : 17 Maret 2014

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru