Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.66 Mei 2011 / Bio-Kristi No.66 Mei 2011

Bio-Kristi No.66 Mei 2011


Pengantar Bio 66 Mei 2011

Salam sejahtera,

Tidak hanya mengulas tokoh-tokoh Kristen mancanegara, Bio-Kristi juga rindu memperkenalkan karya-karya anak Tuhan di Indonesia yang memiliki dampak yang besar. Todung Sunan Gunung Mulia, Menteri Pendidikan Indonesia pada kabinet Syahrir I dan II, adalah salah satu dari sekian banyak tokoh Kristen yang membuktikan bahwa umat Kristen pun dapat berkontribusi di ranah politik. Informasi selengkapnya tentang penggagas Partai Kristen Indonesia ini, dapat Anda simak dalam edisi Bio-Kristi kali ini.

Todung Sutan Gunung Mulia

Diringkas oleh: Sri Setyawati

Permulaan abad ke-20 merupakan masa yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Sebab, pada abad inilah tersemai bibit-bibit kesadaran untuk membebaskan bangsa Indonesia dari kolonialisme. Abad ini juga merupakan awal munculnya para pemikir, pembaru, dan tokoh revolusi Indonesia. Salah satu dari antara para tokoh-tokoh tersebut adalah Prof. Dr. Todung Gelar Sutan Gunung Mulia Harahap, yang akrab disapa Mulia. Mulia hidup di dalam nuansa penjajahan Belanda. Apabila dirunut dari silsilahnya, Mulia masih memunyai hubungan darah dengan Amir Syarifuddin Harahap -- Perdana Menteri Indonesia, periode 3 Juli 1947 - 29 Januari 1948.

Ensiklopedia Bahasa Indonesia Pertama

Ensiklopedia pertama yang menggunakan bahasa Indonesia disusun oleh Todung Sutan Gunung Mulia dan diterbitkan W. Van Hoeve di Bandung tahun 1955. Ensiklopedia ini disusun dengan menggunakan ejaan Soewandi, yang berlaku mulai 1947. Istilah-istilah yang digunakan berpedoman pada Komisi Istilah, majalah Medan Bahasa, Bahasa dan Budaja, Kamus Umum, Pembina Bahasa Indonesia, hingga Kitab Logat Melajoe.

i-Humor Mobile

Kabar gembira! Saat ini Anda dapat mengakses humor-humor bersih, membangun, yang dilengkapi dengan ayat Alkitab melalui HP Anda. Yayasan Lembaga SABDA telah meluncurkan situs khusus yang memudahkan para pengguna HP untuk mengakses situs i-Humor. Anda dapat mengakses setiap humor yang ada dalam situs i-Humor dengan lebih cepat dan mudah melalui HP Anda. Tidak hanya humor, ada pula artikel-artikel seputar humor yang dapat menambah wawasan dan memberkati Anda.

Tunggu apa lagi! Segera buka situs i-Humor Mobile di HP Anda, dan dapatkan berkat setiap hari melalui humor-humor yang tersedia.

==> http://m.humor.sabda.org/

Pdt. Basoeki Probowinoto -- Pendeta GKJ, Pendiri Parkindo, dan beberapa gerakan dalam dan antar-agama di Indonesia

"Ketinggian Nama Toehan itoelah toedjoean jang terachir dari segala machloek dan segala oesaha manoesia, djoega di dalam lapangan politiek. Politiek Kristen tidak sematamata ditoedjoekan pada keoentoengan doeniawi, bagi politiek Kristen jang mendjadi oekoeran kebesarannja boekanlah hasil doeniawi jang diperoleh, akan tetapi apakah di dalam segala oesahanja itoe partij mengandjoerkan, mempertahankan dan menjalankan azas2 dari Firman Toehan."

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru