Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePujangga Puisi / Robert Murray Mccheyne

Robert Murray Mccheyne


Robert Murray McCheyne, anak bungsu Adam McCheyne, dilahirkan pada tanggal 21 Mei 1813 di Edinburgh, Skotlandia. Pada usia empat tahun dia sudah mengenal alfabet Yunani dan bisa menyanyi serta berdeklamasi dengan fasih. Setelah lulus dari sekolah menengah dia mulai menggeluti dunia puisi. Di Universitas Edinburgh dia menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dan sangat menonjol dibanding teman-temannya yang lain khususnya dalam hal mendeklamasikan puisi. Musik dan puisi memang menjadi hiburan dan sesuatu yang paling disukainya.

Kematian David, kakaknya, membuat Robert "mencari Saudara yang tidak bisa mati", dan menjadikannya tertarik akan perkara-perkara rohani. Ia kemudian melanjutkan studinya di Divinity Hall, di bawah bimbingan Dr. Thomas Chalmers and Dr. Welsh. Di fakultas teologi, dia pun menjadi mahasiswa yang paling rajin, saleh, dan mengasihi jiwa-jiwa yang belum selamat. Setelah menamatkan studinya, dia diperbolehkan berkhotbah pada tanggal 1 Juli 1835. Bulan November berikutnya dia ditunjuk sebagai asisten Pdt. John Bonar, pendeta di Stirlingshire. Tahun berikutnya, dia dipanggil menghadap ke paroki St. Petrus di Dundee dan ditahbiskan menjadi pendeta di sana. Khotbahnya begitu menarik perhatian sehingga banyak orang datang untuk mendengarnya. Namanya dengan cepat tersiar di Skotlandia dan permintaan untuk berkhotbah di berbagai gereja semakin banyak menghampirinya. Akan tetapi, dia menolak semuanya dan bertekun mengerjakan pelayanannya, sampai-sampai karenanya dia jatuh sakit. Pada bulan Desember 1938 dia terpaksa berhenti dari semua tugas.

Saat Komite Konversi Yahudi mengirim utusan ke Palestina dan beberapa negara barat lainnya, McCheyne dan beberapa orang lainnya bergabung dengan rombongan tersebut. Catatan perjalanan mereka ditulis McCheyne dan teman seperjuangannya, Pdt. Andrew Bonar, dengan judul "Kisah Misi Kepada Orang Yahudi" (terbit tahun 1842). Sekembalinya dari pelayanan itu, McCheyne melanjutkan kembali tugas pelayanannya di Dundee. Kondisi kesehatannya pun sudah membaik. Sejak tahun 1842, dia berkunjung ke Inggris bagian utara, London, dan Aberdeenshire dalam rangka misi penginjilan. Sepulangnya dari Aberdeenshire, tiba-tiba dia terserang demam tifus dan menghembuskan napas terakhir. Jenazah McCheyne dikuburkan di samping Gereja St. Petrus, Dundee. Sebuah batu nisan yang mengagumkan menandai pusaranya.

McCheyne adalah hamba Tuhan yang meninggal pada usia muda. Masa pelayanan McCheyne pun terhitung tidak begitu lama, hanya 7 tahun (1836 -- 1843). Namun ia begitu dikenal sebagai pengkhotbah yang penuh urapan Roh Kudus. Banyak kebangunan rohani terjadi secara luar biasa ketika dia berkhotbah. Banyak orang ikut dalam komuni di gerejanya dan beberapa lainnya di tempat lain di Skotlandia dan Inggris. Ke mana pun dia memberitakan firman Tuhan, dia dipanggil sebagai bapak rohani oleh pengikutnya.

McCheyne memberikan seluruh kekuatannya untuk berkhotbah dan selama hidupnya ia tidak pernah menikah. Dia pandai mengaransemen musik dan menjadi salah satu hamba Tuhan Skotlandia yang pertama berperan dalam perkembangan pujian untuk kebaktian. Salah satu himne yang ditulisnya, "When this passing World is done" (Ketika dunia yang fana ini sudah berakhir), masih terus digunakan oleh gereja-gereja di Skotlandia.

Selain puisi dan himne, McCheyne juga menyusun sebuah sistem pembacaan Alkitab setahun. Sistem ini termasuk membaca seluruh Perjanjian Baru dan Mazmur dua kali, dan sisa Perjanjian Lama seluruhnya dibaca sekali.

Bukunya yang bertajuk "The Memoir and Remains" diterbitkan tahun 1844 oleh Pdt. Andrew Bonar, dan telah dicetak belasan kali. Buku tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kekristenan Injili di seluruh dunia.

Tulisan McCheyne yang menonjol antara lain:

  1. "Narrative of a Visit to the Holy Land and Mission of Inquiry to the Jews" (bersama dengan Dr. Andrew Bonar), Edinburgh, 1842.

  2. "Expositions of the Epistles to the Seven Churches of Asia," Dundee, 1843.

  3. "The Eternal Inheritance: the Believer"s Portion, and Vessels of Wrath fitted to Destruction, two Discourses," Dundee, 1843.

  4. "The Memoir and Remains" (diterbitkan oleh Pdt. Andrew Bonar), Edinburgh, 1843.

  5. "Additional Remains, Sermons, and Lectures," Edinburgh, 1844.

  6. "Basket of Fragments, the substance of Sermons," Aberdeen, 1849. (t/Setya)

 

Diterjemahkan dan dirangkum dari:

  1. Judul asli artikel : Robert Murray McCheyne: Scottish Divine
    Judul buku : Dictionary of National Biography.
    London: Smith, Elder, & Co., 1893.
    Alamat URL : http://www.wholesomewords.org/biography/bmcheyne3.html
    Tanggal akses : 28 Juni 2010
  2. Judul asli artikel : Robert Murray McCheyne
    Judul buku : The Poets of the Church: A Series of
    Biographical Sketches of Hymn-Writers.
    New York: Anson D.F. Randolph & Company 1884
    Penulis : Edwin F. Hatfield
    Alamat URL : http://www.wholesomewords.org/biography/bmcheyne4.html
    Tanggal akses : 28 Juni 2010
  3. Judul asli artikel : Robert Murray M'Cheyne
    Nama situs : Wikipedia - The Free Encyclopedia
    Penulis : Kolaborasi
    Alamat URL : http://en.wikipedia.org/
    Tanggal akses : 28 Juni 2010

 

Dirangkum oleh: Sri Setyawati

Sumber: Bio-Kristi 55

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru