Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No.149 Juli 2015 / Betsey Stockton Sebagai Pendidik

Betsey Stockton Sebagai Pendidik


Ditulis oleh: N. Risanti

Betsey Stockton menjadi guru pada sekolah misi pertama yang didirikan di Hawai'i melalui peluang yang diberikan oleh pemimpin setempat kepada para misionaris Protestan untuk mengajar penduduk pribumi. Dengan bahasa setempat yang cukup dikuasainya, Betsey mengajar masyarakat umum, termasuk perempuan dan anak-anak, dengan keterampilan membaca, menulis serta berhitung. Ia kemudian juga melatih guru-guru yang berasal dari warga pribumi Hawai'i agar dapat menggantikan posisinya ketika ia meninggalkan tempat tersebut sampai misionaris yang baru datang. Sekolah misi yang didirikan oleh Stockton tersebut berhasil menetapkan arah yang baru dalam bidang pendidikan di Kepulauan Hawai'i, dan mungkin juga telah memengaruhi Samuel C. Armstrong, pendiri Hampton Institute (Perguruan tinggi bagi warga kulit hitam yang bersejarah di Virginia - Red.), yang pada periode itu juga melayani sebagai misionaris di Hawai'i. Selain itu, sekolah misi dari Betsey Stockton kemudian juga menjadi contoh bagi sekolah berasrama Hilo (sekolah untuk pendidikan keterampilan di Hawai'i - Red.), yang didirikan pada tahun 1836.

Setelah meninggalkan Hawai'i pada tahun 1825, Betsey Stockton kembali ke benua Amerika dan kemudian ditugaskan untuk mengajar anak-anak penduduk asli Amerika di Kanada. Setelah itu, pada tahun 1837, ia mulai mengajar anak-anak Afrika-Amerika di sekolah umum di Princeton, yang terus ia lakukan sampai beberapa tahun lamanya. Terakhir, di antara periode tahun 1848 -- 1865, Stockton pindah ke Philadelphia untuk mengajar anak-anak kulit hitam di sana. Sepanjang usianya, Betsey Stockton telah menorehkan hidup yang berguna bagi Allah dan sesamanya dengan menjadi seorang misionaris sekaligus pendidik.

Sumber bacaan:

  1. "Betsey Stockton". Dalam http://totakeresponsibility.blogspot.com/2013/04/betsey-stockton.html
  2. "Betsey Stockton, Missionary and Educator". Dalam http://www.politeonsociety.com/2014/01/29/betsey-stockton-missionary-and-educator/
  3. "Betsey Stockton". Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Betsey_Stockton

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru