Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No. 153 November 2015 / Iman, Religiositas, dan Karya Literatur Theodore Roosevelt

Iman, Religiositas, dan Karya Literatur Theodore Roosevelt


TAHUKAH ANDA

Iman, Religiositas, dan Karya Literatur Theodore Roosevelt

Dirangkum oleh: N. Risanti

Theodore Roosevelt mungkin adalah presiden Amerika yang paling serius serta paling religius dalam imannya di antara semua presiden Amerika yang lain.

Ia datang ke gereja secara teratur, menjadi pengajar sekolah minggu selama berada di Harvard, dan sering menampilkan iman kristennya dalam berbagai pidato, tulisan, maupun tindakannya. Ayat favoritnya adalah Mikha 6:8, yaitu "... Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?".

Berasal dari Gereja Reformasi Belanda, tetapi kemudian menjadi anggota gereja dari denominasi Episcopal, Theodore Roosevelt banyak terlibat dalam publikasi kristiani sesuai dengan minatnya dalam sastra. Ia mengarang dua buku kekristenan, yaitu "Foes of Our Own Household" (Musuh Dalam Rumah Tangga Kita - Red.) -- yang diambil dari Matius 10:36 -- dan "Fear God and Take Your Own Part" (Takutlah akan Tuhan dan Kerjakan Bagian Anda - Red.). Kutipan RooseveltSelain itu, Roosevelt juga pernah menulis sebuah artikel untuk jurnal Wanita, yang berjudul "Nine Reasons Why Men Should Go To Church". (Sembilan Alasan Mengapa Para Pria Harus Pergi ke Gereja - Red.). Tidak seperti para pensiunan presiden lainnya yang memilih posisi pada lembaga atau yayasan besar dan bergengsi, Teddy -- begitu ia sering dijuluki -- malah memilih untuk berkontribusi sebagai editor dari majalah mingguan Kristen kecil "The Outlook" ketika ia sudah meninggalkan jabatannya di Gedung Putih.

Roosevelt adalah seorang yang gigih membela kebebasan beragama dan toleransi, bahkan pada saat kefanatikan dalam berbagai segi diterima dengan luas. Ia pernah mengutuk Rusia karena perlakuan mereka terhadap orang-orang Yahudi, dan menyerukan toleransi dan kesetaraan bagi semua ras, agama, dan kepercayaan. Seorang temannya, sejarawan Henry Adams, menyatakan, "Roosevelt, lebih dari laki-laki lainnya ... menunjukkan kualitas primitif tunggal yang merupakan hal paling utama -- kualitas yang oleh teologi abad pertengahan ditugaskan pada Tuhan -- dia bertindak murni."

Sumber bacaan:

  1. Marschall, Rick. "A True Christian American President". Dalam

    http://www.cbn.com/spirituallife/churchandministry/churchhistory/Theodore_Roosevelt.aspx?option=print
  2. _____. "Theodore Roosevelt". Dalam

    http://en.wikipedia.org/wiki/Theodore_Roosevelt/
  3. _____. "The Religion and Political Views of Theodore Roosevelt". Dalam

    http://hollowverse.com/theodore-roosevelt/

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru