Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi
You are hereTokoh Umum / Joseph Priestley
Joseph Priestley
Lahir
13 Maret 1733, di dekat Leeds, Inggris
Meninggal
6 Februari 1804, di Northumberland, Pennsylvania
Joseph Priestley, (lahir 13 Maret 1733, Birstall Fieldhead, dekat Leeds, Yorkshire [sekarang West Yorkshire], Inggris — meninggal 6 Februari 1804, Northumberland, Pennsylvania, AS) pastor Inggris, ahli teori politik, dan ilmuwan fisik yang karyanya berkontribusi pada kemajuan pemikiran politik dan agama liberal dan dalam kimia eksperimental. Dia paling diingat untuk kontribusinya pada kimia gas.
Pendidikan dan Awal Karir
Priestley dilahirkan dalam sebuah keluarga pembuat kain-wol yang cukup sukses di Calvinist stronghold of West Riding, Yorkshire. Ia masuk Dissenting Academy di Daventry, Northamptonshire, di 1752. Pembangkang, dinamakan demikian karena keengganan mereka untuk menyesuaikan diri dengan Gereja Inggris, dicegah oleh Act of Uniformity (1662) untuk memasuki universitas-universitas Inggris. Priestley menerima pendidikan yang sangat baik dalam filsafat, ilmu pengetahuan, bahasa, dan sastra di Daventry, di mana ia menjadi "orang yang dengan geram menolak dogma" dalam agama. Dia meninggalkan doktrin Calvinis tentang dosa asal dan penebusan, dan dia memeluk Unitarianisme rasional yang menolak Trinitas dan menegaskan kesempurnaan manusia.
Antara tahun 1755 dan tahun 1761, Priestley melayani di Needham Market, Suffolk, dan di Nantwich, Cheshire. Pada tahun 1761 ia menjadi guru dalam bahasa dan sastra di Warrington Academy, Lancashire. Ia ditahbiskan sebagai pastor Pembangkang tahun 1762. Tahun itu dia menikahi Mary Wilkinson, putri dari pandai besi Isaac Wilkinson. Mereka memiliki satu anak perempuan dan tiga anak laki-laki.
Karya Pada Listrik
Minat Priestley dalam ilmu intensif pada 1765, ketika ia bertemu dengan ilmuwan Amerika dan negarawan Benjamin Franklin, yang mendorongnya untuk menerbitkan The History and Present State of Electricity, with Original Experiments (1767). Dalam karya ini, Priestley menggunakan sejarah untuk menunjukkan bahwa kemajuan ilmiah bergantung lebih pada akumulasi "fakta-fakta baru" yang bisa ditemukan oleh siapa pun daripada tentang wawasan teoritis beberapa orang jenius. Preferensi Priestley untuk "fakta" tentang "hipotesis" dalam ilmu konsisten dengan keyakinan Penolakannya bahwa prasangka dan dogma apapun yang disajikan menjadi hambatan untuk penyelidikan individu dan penilaian pribadi.
Pandangan dari metodologi ilmiah membentuk eksperimen listrik Priestley, di mana ia mengantisipasi kebalikan kuadrat hukum tarik listrik, menemukan bahwa arang menyalurkan listrik, dan mencatat hubungan antara listrik dan perubahan kimia. Atas dasar percobaan ini, pada tahun 1766 ia terpilih sebagai anggota dari Royal Society of London. Penyelidikan macam ini menginspirasi dia untuk mengembangkan "bidang yang lebih besar dari percobaan semula" di bidang lain selain listrik.
Kimia Gas
Sekembalinya ke pelayanan di Mill Hill Chapel, Leeds, pada tahun 1767, Priestley memulai penyelidikan eksperimental intensif dalam kimia. Antara tahun 1772 dan 1790, ia menerbitkan enam jilid Experiments and Observations on Different Kinds of Air dan lebih dari selusin artikel di Philosophical Transactions Royal Society menjelaskan eksperimennya pada gas, atau "udara," sebagaimana mereka kemudian disebut. Ahli kimia pneumatik Inggris sebelumnya telah mengidentifikasi tiga jenis gas: udara, karbon dioksida (udara tetap), dan hidrogen (udara tidak terbakar). Priestley memasukkan penjelasan kimia gas-gas ini ke dalam teori phlogiston, yang menurut teori itu bahan mudah terbakar melepaskan phlogiston (sebuah "prinsip tidak dapat terbakar" immaterial) selama pembakaran.
Priestley menemukan 10 gas baru: nitric oxide (udara nitrous), nitrogen dioksida (uapmerah nitrous), nitrous oksida (udara nitrous tidak terbakar, kemudian disebut "gas tertawa"), hidrogen klorida (asam udara laut), amonia (udara basa), sulfur dioksida (udara asam pedas), tetrafluorida silikon (udara asam fluor), nitrogen (udara phlogisticated), oksigen (udara dephlogisticated, secara terpisah ditemukan kembali oleh Carl Wilhelm Scheele), dan gas yang kemudian diidentifikasi sebagai karbon monoksida. Keberhasilan eksperimen Priestley mengakibatkan sebagian besar dari kemampuannya untuk merancang aparatur cerdik dan keterampilan dalam manipulasi mereka. Ia menjadi terkenal untuk melalui palung pneumatik ditingkatkan di mana, dengan mengumpulkan gas lebih merkuri bukan di air, ia mampu mengisolasi dan memeriksa gas yang larut dalam air. Untuk karyanya pada gas, Priestley dianugerahi Royal Society Copley Medal bergengsi pada tahun 1773.
Pada tahun yang sama Priestley pindah ke Calne, Wiltshire, di mana ia menjabat sebagai pustakawan dan guru untuk William Petty, Earl dari Shelburne, dan keluarganya. Di sini ia berusaha dan memperoleh bukti lebih lanjut yang mendukung keyakinannya yang baru ditemukan dalam Allah yang baik hati daripada Allah yang pendendam semasa pemuda Calvinisnya. Setelah merenungkan proses vegetasi dan "agitasi" dari laut dan danau, Priestley membayangkan sarana yang bersifat baik hati memulihkan "udara umum" yang telah "melemah/hancur dan berkurang" oleh semacam proses "berbahaya" sebagai pembakaran dan respirasi. Terlepas dari penguatan pandangan spiritualnya sendiri, pengamatan ini memberitahu percobaan fotosintesis yang dilakukan oleh orang-orang sezamannya, dokter Belanda Jan Ingenhousz dan pendeta Swiss dan naturalis Jean Senebier.
Priestley melihat kegiatan ilmiah sebagai konsisten dengan kepentingan komersial dan kewirausahaan dari pengingkar inggris. Dia menyetujui negarawan abad ke-17 dan argumen dari filsuf alam, Francis Bacon, bahwa kemajuan sosial memerlukan pengembangan perdagangan berbasis ilmu pengetahuan. Pandangan ini diperkuat ketika dia pindah untuk menjadi seorang pengkhotbah di New Meeting House di Birmingham pada tahun 1780 dan menjadi anggota Lunar Society, kelompok elit pria lokal, para pembangkang, dan industrialis (termasuk Josiah Wedgwood, Erasmus Darwin, James Watt, dan Matthew Boulton), yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi ke arah pemecahan dari masalah yang dialami dalam kehidupan perkotaan abad ke-18. Ketika dihadapkan dengan banyak penyakit yang mendera pertumbuhan populasi di kota-kota dan instalasi militer, Priestley merancang suatu alat yang menghasilkan air berkarbonasi, campuran yang dia pikir akan memberikan manfaat obat untuk penderita demam kudis dan yang lain. Meskipun pada akhirnya terbukti tidak efektif dalam mengobati gangguan ini, "gasogene" yang mempekerjakan teknik ini kemudian memungkinkan industri soda-air. Priestley juga merancang "eudiometer," yang digunakan dalam gerakan umum untuk reformasi sanitasi dan desain perkotaan untuk mengukur "kemurnian" (kandungan oksigen) dari udara atmosfir. Minat kontemporer dalam kedokteran pneumatik memuncak di Lembaga Pneumatic berumur pendek, yang ditemukan dokter dan ahli kimia Thomas Beddoes di Bristol pada tahun 1798 untuk memastikan dampak “udara” yang berbeda pada berbagai penyakit umum.
Penemuan Oksigen dan Revolusi Kimia
Reputasi Priestley yang abadi dalam sain didasarkan atas penemuan yang ia buat pada tanggal 1 Agustus, 1774, ketika ia memperoleh gas yang tidak berwarna dengan memanaskan merkuri oksida merah. Menemukan bahwa lilin akan membakar dan mouse akan berkembang dalam gas ini, ia menyebutnya "dephlogisticated udara," berdasarkan keyakinan bahwa udara biasa menjadi jenuh dengan phlogiston setelah tidak bisa lagi mendukung pembakaran dan kehidupan. Priestley belum yakin, bagaimanapun, bahwa ia telah menemukan "jenis udara yang baru." Oktober berikutnya, ia menemani pelindungnya, Shelburne, pada perjalanan melalui Belgia, Belanda, Jerman, dan Perancis, di mana di Paris ia memberitahu ahli kimia Perancis Antoine Lavoisier bagaimana ia memperoleh "udara" Baru. Pertemuan antara kedua ilmuwan itu sangat signifikan bagi masa depan kimia. Lavoisier segera mengulangi eksperimen Priestley dan, antara tahun 1775 dan 1780, melakukan penyelidikan intensif dari mana ia menemukan asal sifat dasar oksigen, mengakui sebagai prinsip "aktif" di atmosfer, menafsirkan perannya dalam pembakaran dan respirasi, dan memberikannya nama. Pernyataan Lavoisier tentang aktivitas oksigen merevolusi kimia.
Priestley tidak menerima semua kesimpulan Lavoisier untuk selanjutnya, khususnya, untuk menegakkan teori phlogiston. Yakin bahwa para ahli kimia Perancis memaksakan keyakinan mereka pada komunitas ilmiah dengan cara yang mirip dengan "pembentukan" dogma agama dan politik oleh Anglikan, kecenderungan membangkang Priestley memperkuat oposisi terhadap "sistem baru kimia" Lavoisier. Untuk memperjelas posisinya, pada tahun 1800 ia menerbitkan sebuah pamflet tipis, Doctrine of Phlogiston Established, and That of the Composition of Water Refuted, yang diperluas untuk menuliskan semua pendapatnya di seluruh buku pada tahun 1803. Doktrin Phlogiston menyediakan data detail dari apa yang dibayangkan menjadi empiris, teoritis, dan metodologis kekurangan dari teori oksigen. Priestley melakukan pendekatan eksperimental yang sabar, rendah hati, terhadap ciptaan Allah yang tak terbatas. Kimia dapat mendukung kesalehan dan kebebasan hanya jika menghindari teori spekulatif dan mendorong pengamatan penciptaan ciptaan Tuhan yang penuh kebajikan. Teori phlogiston digantikan oleh teori oksidasi Lavoisier tentang pembakaran dan respirasi.
Teologi, Mengajar, dan Politik
Ilmu adalah bagian penting dari "Kekristenan Rasional." Priestley. Dalam Institutes of Natural and Revealed Religion (1772-1774), ia menggambarkan bagaimana ia menolak doktrin Calvinis yang "suram" tentang kebobrokan alam manusia dan kehendak ajaib dari Allah yang pendendam. Priestley menggunakan psikolog dan "doktrin asosiasi ide" liberal Anglikan David Hartley untuk mendukung pandangannya bahwa kesempurnaan manusia adalah konsekuensi tak terelakkan dari meningkatnya kesadaran dari tempat manusia dalam sistem deterministik kebajikan. Dalam An History of the Corruptions of Christianity (1782), Priestley mengklaim bahwa doktrin materialisme, determinisme, dan Socinianism (Unitarianisme) konsisten dengan pembacaan rasional Alkitab. Dia bersikeras bahwa Yesus Kristus adalah manusia biasa yang mengajarkan kebangkitan tubuh daripada keabadian jiwa yang tidak ada.
Pada 1765 ia dianugerahi LL.D. dari Universitas Edinburgh untuk prestasi pendidikan dan sastra di Warrington. Ini termasuk tulisan-tulisannya tentang Theory of Language and Universal Grammar (1762), An Essay on a Course of Liberal Education for Civil and Active Life (1765), dan Lectures on History and General Policy (disiapkan di Warrington tapi tidak dipublikasikan sampai 1788). Priestley menggunakan "ide asosiasi doktrin " untuk mendukung pandangannya tentang bahasa, sejarah, dan pendidikan juga. Secara khusus, ia berdasarkan apa yang dianggap penggunaan yang benar dari bahasa pada ide asosiasi adat. Dia juga mengerjakan teknik pengajaran yang didasarkan pada pengalaman siswa dan dirancang untuk mempersiapkan mereka untuk kehidupan praktis.
Priestley menyatukan teori dan praktek dalam karyanya dalam politik. Pada tahun 1767 ia terlibat dalam perjuangan nasional para pembangkang melawan Test and Corporation Act (1661) yang membatasi kebebasan sipil dan politik mereka. Dalam An Essay on the First Principles of Government (1768), ia berpendapat bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan kesempurnaan manusia memerlukan kebebasan berbicara, ibadah, dan pendidikan. Sebagai pendukung ekonomi laissez-faire, yang dikembangkan oleh filsuf Skotlandia Adam Smith, Priestley berusaha membatasi peran pemerintah dan untuk mengevaluasi efektivitas semata-mata dalam hal kesejahteraan individu. Ekonom Inggris dan pendiri utilitarianisme Jeremy Bentham mengakui bahwa buku berpengaruh Priestley menginspirasi frasa yang digunakan untuk menggambarkan gerakan sendiri, "kebahagiaan terbesar dari jumlah terbesar."
Kekacauan dan Pengasingan
Pers dan pemerintah Inggris memutuskan bahwa dukungan Priestley, bersama-sama dengan salah seorang temannya, filsuf moral Richard Price, mengenai Revolusi Amerika dan Perancis bersifat "menghasut." Pada tanggal 14 Juli, 1791, "jajaran-Gereja-dan-Raja" menghancurkan rumah dan laboratorium Priestley. Priestley dan keluarganya mengasingkan diri ke jemaat Price di Hackney yang aman, dekat London. Priestley kemudian mulai mengajar di New College, Oxford, dan membela pandangan anti pemerintah Inggrisnya dalam Letter to the Right Honourable Edmund Burke (1791).
Pembelaan Priestley diabaikan/tidak dianggap saat reaksi konservatif untuk Revolusi Perancis ditingkatkan di Inggris. Pada tahun 1794 ia melarikan diri ke Amerika Serikat, di mana ia menemukan bentuk pemerintahan yang "relatif bisa ditoleransi." Tulisannya yang paling terkenal di Amerika Serikat, Letters to the Inhabitants of Northumberland (1799), menjadi bagian dari respon Republik kepada Federalis. Priestley meninggal di Northumberland, Pennsylvania, diratapi dan dihormati oleh Thomas Jefferson, presiden ketiga Amerika Serikat. (t/Jing-Jing)
Diterjemahkan dari:
Nama situs | : | Britannica |
Alamat URL | : | https://www.britannica.com/biography/Joseph-Priestley |
Judul asli artikel | : | Joseph Priestley |
Penulis artikel | : | John G. McEvoy |
Tanggal akses | : | 9 Agustus 2016 |
- Login to post comments
- 4998 reads