Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.122 September 2013 / Bio-Kristi No.122 September 2013

Bio-Kristi No.122 September 2013


Pengantar Bio 122 September 2013

Apakah yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar nama Daniel? Mungkin akan muncul goa singa, perapian yang menyala-nyala, atau patung Nebukadnezar. Ya, ketiga hal itu seakan-akan menjadi ciri khas kisah Daniel dalam Alkitab. Mungkin, kisah itulah yang sering kali diajarkan guru sekolah minggu kepada anak-anak didiknya. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak hal yang mungkin belum diketahui banyak orang tentang Daniel selain dari goa singa, perapian yang menyala-nyala, dan patung Nebukadnezar?

Nabi Daniel

Dirangkum oleh: Doni K.

Di dalam Alkitab, ada lima orang yang memiliki nama Daniel. Yang pertama adalah anak Daud yang kedua dari Abigail (1 Tawarikh 3:1), ia juga disebut "Khileb". Yang kedua adalah seorang keturunan Itamar yang menyertai Ezra (Ezra 8:2), lalu seorang yang membubuhi materai pada suatu perjanjian (Nehemia 10:6). Yang keempat adalah seorang yang memiliki hikmat yang luar biasa. Namanya digabungkan dengan Nuh dan Ayub (Yehezkiel 14:14,20). Ia juga disebut dalam Yehezkiel 28:3. Nama tersebut kemungkinan juga mengacu pada Nabi Daniel, yaitu berdasarkan naskah Ugarit. Dan, yang kelima adalah Nabi Daniel.

Berketetapan Untuk Tidak Menajiskan Diri

Diringkas oleh: Berlin B.

Sebagai seorang tahanan di negeri asing, Daniel bertekad pada masa akhir remajanya untuk setia kepada Allah. Ketika diantarkan ke dalam ruang makan raja Babel yang mewah, ia menolak untuk menyembah berhala-berhala raja, meminum anggur raja, atau makan sajian lezat raja yang haram. Namun, ia melakukannya dengan sangat sopan sehingga memenangkan hati para penawannya.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru