Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereKarya / James Ramsay

James Ramsay


James Ramsay lahir di Fraserburgh, Skotlandia. Dia menyaksikan penderitaan rakyat yang diperbudak saat menjadi dokter kapal di Angkatan Laut. Pada tahun 1759, kapalnya, HMS Arundel, ditempatkan di Hindia Barat ketika sebuah kapal budak, Swift, mendekat untuk mencari bantuan. Kapal itu terserang penyakit disentri. Banyak dari para budak dan kru yang tewas. Ramsey mengobati lebih dari 100 korban yang terengah-engah dan berdesakan dalam kondisi yang sangat tidak manusiawi dan kotor.

Saat ia kembali naik Arundel, ia terpeleset dan pahanya patah. Tidak dapat melanjutkan karir di angkatan laut, ia menjadi pendeta Anglikan. Dia memilih untuk bekerja di kepulauan Karibia St. Christopher (St. Kitts). Dia menyambut, baik umat berkulit hitam maupun berkulit putih, ke dalam gerejanya dan diangkat menjadi ahli bedah di beberapa perkebunan. Dia mengkritik tajam kondisi keras dan kebrutalan dari penilik, dan mendapat serangan pribadi dari pengelola kebun gula yang marah. Dia mengatakan kepada teman-teman bahwa ia melihat orang-orang yang diperbudak yang tangannya dipotong dengan kapak, ketika mereka terjerat di alat pemeras gula. Yang lain dipukuli sampai mati oleh tuan-tuan yang marah. Dia meninggalkan St Kitts pada tahun 1777, lelah dengan konflik.

Tak lama kemudian dia bergabung kembali di angkatan laut pada bulan April 1778, tetapi kembali ke Inggris pada tahun 1781. Selama tiga tahun berikutnya ia menulis Esai tentang 'Treatment and Conversion of African Slaves in the British Sugar Colonies'(Pengobatan dan Pertobatan Budak-budak Afrika di Koloni Gula Inggris -Red.). Dia juga menerbitkan 'An Inquiry into the Effects of Putting a Stop to the African Slave Trade' (Penyelidikan mengenai Efek dari Menghentikan Perdagangan Budak Afrika - Red.), pada tahun 1784. Itu adalah karya anti-perbudakan pertama oleh seorang penulis Anglikan umum yang secara langsung melihat penderitaan tersebut dan, karenanya, sangat berpengaruh.

Ramsay bertemu dengan William Wilberforce pada tahun 1783 dan Thomas Clarkson pada tahun 1786. Dia mendorong Clarkson dalam usahanya untuk mendapatkan bukti langsung dari perdagangan itu. Ketika Ramsay menerbitkan 'An Address to the Publick, on the Proposed Bill for the Abolition of the Slave Trade' (Sebuah Surat untuk Masyarakat, tentang Usulan RUU untuk Penghapusan Perdagangan Budak - Red.) pada tahun 1788, serangan baru ditujukan pada pribadinya di House of Commons. Ramsay, sangat marah, sakit dan tidak hidup untuk melihat penghapusan perdagangan budak, lalu meninggal pada tahun 1789. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : The Abolition Project
Alamat URL : http://abolition.e2bn.org/people_28.html
Judul asli artikel : James Ramsay (1733-1789): The Ship's Doctor & Preacher
Penulis artikel : Tidak Dicantumkan
Tanggal akses : 24 Juli 2015

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru