Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No. 165 Oktober 2016 / Keistimewaan Injil Lukas

Keistimewaan Injil Lukas


Ditulis oleh: N. Risanti


Gambar: Injil Lukas

Lukas diduga berasal dari Antiokhia, sebuah kota di Suriah. Kemungkinan, ia adalah seorang budak karena pada zaman itu para budak dididik dalam pengobatan sehingga keluarga akan memiliki dokter di rumah. Latar belakangnya sebagai budak ini diduga juga menjadi alasan mengapa Injilnya begitu kental dengan nuansa sosial, sesuatu yang mungkin tidak akan dirasakan oleh pribadi yang tidak dekat dengan situasi yang penuh dengan pergumulan.

Injil Lukas memiliki materi yang paling berbeda dengan kitab Injil lainnya, baik dalam hal isi, gaya bahasa, penekanan, maupun sasaran pembaca. Injil ini menjadi kitab yang memiliki catatan terlengkap mengenai peristiwa di dalam kehidupan Yesus dari menjelang kelahiran sampai kenaikan-Nya ke surga, sekaligus juga sebagai kitab yang terpanjang dalam PB. Isi dalam Injil Lukas pun lebih menekankan Yesus sebagai Juru Selamat dunia, yang menawarkan penebusan kepada semua orang tanpa memandang ras, gender, maupun tingkat sosial. Perhatikan bahwa Lukas banyak menuliskan tentang perhatian Yesus kepada mereka yang tertindas dan dipinggirkan dalam sistem masyarakat Yahudi pada waktu itu (wanita, orang non-Yahudi, pemungut cukai, dan orang-orang miskin). Hanya Injil Lukas yang menyatakan, "Berbahagialah mereka yang miskin," dalam ucapan bahagia Khotbah Yesus di bukit sementara Matius menyatakannya dengan cara, "Berbahagialah mereka yang miskin di hadapan Allah."

Injil Lukas juga merupakan kitab yang memiliki gaya bahasa sastra paling baik di antara ketiga Injil lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kosakata yang kaya serta penguasaan Lukas dalam bahasa Yunani yang amat baik. Pola pikirnya sebagai seorang yang terpelajar tentu saja juga berpengaruh pada gaya bahasa yang tertata serta ketelitian yang mendalam dalam Injil Lukas. Namun, di atas semua itu, bersama-sama dengan penulis Injil lainnya, Lukas menjadi pribadi yang dipakai secara luar biasa oleh Tuhan untuk menyatakan karya keselamatan-Nya bagi manusia. Melaluinya, banyak orang mengenal Yesus dan menerima anugerah dari penebusan-Nya.

Sumber referensi:
1. _____. Alkitab SABDA. Dalam http://alkitab.sabda.org/article.php?book=42&id=240

2. Day of Discovery. "That you May be Certain: The Gospel of Luke". Dalam http://www.youtube.com/watch?v=SC00iaOaGHY

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru