Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No. 188 September 2018 / Kesalehan dan Kecermelangan Thomas More

Kesalehan dan Kecermelangan Thomas More


Ditulis oleh: N. Risanti

The History of Richard III yang ditulis oleh Thomas More sekitar 1515 dinyatakan sebagai mahakarya dari historiografi Inggris. Karya yang memantapkan reputasi Richard III sebagai tiran itu merupakan salah satu bukti kecemerlangan More sebagai seorang cendekiawan pada zaman Renaissance.

Thomas More

Kemajuannya dalam berpikir dapat terlihat dari sikapnya yang berkeras agar ketiga putrinya memiliki pendidikan yang sama dengan putranya, suatu pemikiran yang masih langka pada masa itu. Ketegasannya dalam bersikap juga nyata dalam sikapnya yang lebih memilih untuk mati dibanding mengkhianati gereja. Karakter yang demikian tidak lepas dari kehidupan rohani Thomas More yang saleh, yang tidak berubah sampai akhir hidupnya, bahkan ketika situasi kehidupannya berubah.

Karena karakternya yang murni, bahkan lawan-lawannya dari pihak Protestan tidak menganggapnya sebagai seorang pengkhianat, melainkan sebagai martir yang secara universal membela kebenaran. Erasmus, sahabat dekatnya, memberikan pernyataan yang baik tentang More, bahwa "jiwanya lebih murni dari salju", dan "kejeniusannya merupakan sesuatu yang tidak akan pernah dimiliki lagi oleh Inggris, baik sebelum dan sesudahnya". Thomas More, tidak diragukan lagi, layak berdiri dalam jajaran politisi Inggris yang saleh dan terpuji.

Audio: Kesalehan dan Kecemerlangan Thomas More

Referensi:

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru