Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are heredokter / dokter

dokter


Albert Schweitzer

Dirangkum oleh: Sri Setyawati

Albert Schweitzer lahir dan dibesarkan dalam keluarga penganut Lutheran. Schweitzer dan keluarganya tinggal di sebuah desa yang sunyi di lembah Pegunungan Vosges, Alsace. Ketika masih kanak-kanak, tidak terlihat talenta di dalam diri Schweitzer. Namun, saat ia beranjak remaja, di dalam dirinya muncul rasa ingin tahu yang besar untuk mempelajari hal-hal baru. Ia sering berdebat dengan banyak orang untuk mendapatkan kebenaran yang ia cari. Karena sikapnya ini, banyak orang dewasa yang merasa "risi" dengannya. Apalagi, ia adalah tipe orang yang tidak puas dengan jawaban-jawaban yang sederhana.

Bernard Katz

Bernard Katz lahir pada tanggal 26 Maret 1911 di Leipzig, Jerman. Ia adalah putra tunggal pasangan Rusia-Yahudi, Maz Katz dan Eugen Rabinowitz. Pendidikan pertamanya diperolehnya di Albert Gymnasium di Leipzig (1921-1929) kemudian dia mengambil studi kedokteran di University of Leipzig (1929-1934). Dia menerima penghargaan Siegfried Garten Prize untuk riset Fisiologis tahun 1933 dan meraih gelar M.D. pada tahun 1934.

Thomas John Barnardo

Thomas John Barnardo adalah pria Inggris yang murah hati. Dia adalah seorang pendiri sekaligus direktur "rumah penampungan anak-anak telantar", yang lahir di Dublin, Irlandia, pada tahun 1845. Ayahnya berasal dari Spanyol dan ibunya dari Inggris. Dengan niat untuk memenuhi persyaratan dalam pelayanan misi di bidang kesehatan di China, dia pun belajar kedokteran di Rumah Sakit London. Setelah itu, dia melanjutkan ke Paris dan Edinburgh. Di sana, dia menerima beasiswa dari Royal College of Surgeons.

Ronald Ross

Sebagai putra dari Sir C.C.G. Ross, seorang jenderal dalam keprajuritan Inggris, Ronald Ross mulai mempelajari kedokteran di Rumah Sakit St. Bartholomew di London pada tahun 1875, dan bergabung dengan Indian Medical Service pada tahun 1881. Ia mulai mempelajari seluk-beluk penyakit malaria pada tahun 1892. Tahun 1894, ia melakukan penelitian percobaan di India berdasarkan hipotesis Laveran dan Manson yang menyatakan bahwa nyamuk berkaitan erat dengan penyebaran penyakit ini.

Alexis Carrel

Alexis Carrel lahir di Lyons, Perancis, pada tanggal 28 Juni 1873. Ia anak pengusaha yang juga bernama Alexis Carrel, yang meninggal ketika putranya masih kanak-kanak. Alexis sempat dididik ibunya, Anne Richard, dan juga bersekolah di Sekolah St. Joseph, Lyons. Pada tahun 1889 ia meraih gelar Sarjana Sastra di University of Lyons, tahun 1890 meraih gelar Bachelor of Sciences, dan tahun 1900 meraih gelar doktor, juga dari University of Lyons. Ia bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Lyons, dan juga mengajar mata kuliah anatomi dan pembedahan di University of Lyons, serta menjabat sebagai Prosector di Department of Professor L. Testut. Carrel mengambil spesialisasi di bidang pembedahan, dan memulai percobaannya di Lyons pada tahun 1902, tapi pada tahun 1904 ia pergi ke Chicago, dan tahun berikutnya bekerja di Bagian Fisiologi di Universitas Chicago di bawah bimbingan Profesor G. N. Stewart. Tahun 1906, ia bergabung sebagai Associate Member di Rockefeller Institute for Medical Research, New York, dan menjadi Full Member pada tahun 1912.

Sir Joseph Lister

Joseph Lister lahir di Upton, Essex, Inggris, pada tanggal 5 April 1827 sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya adalah Joseph Jackson Lister, seorang pengusaha anggur yang sukses dan ilmuwan amatir. Keluarga Lister adalah anggota jemaat Quaker. Joseph masuk sekolah Quaker di Hertfordshire dan London. Ia meneruskan pendidikannya sampai mendapat gelar BA dari Universitas London pada tahun 1847. Ia lulus sebagai sarjana muda bidang kedokteran pada tahun 1850 dan mulai bekerja sebagai ahli bedah.

Martin R. DeHaan

"Apakah Anda sadar bahwa kedatangan Kristus yang kedua dalam Perjanjian Lama lebih banyak disinggung daripada kedatangan pertama-Nya yang dalam keadaan hina?

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru