Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereseniman / seniman

seniman


Fra Angelico

Fra Angelico, yang nama aslinya Guido di Pietro, lahir antara tahun 1395 dan 1400 di Vicchio, sebuah kota kecil di dekat Florence.

Ketidakpastian mengenai tanggal lahirnya -- kapan tepatnya hari lahirnya, belum diketahui. Akan tetapi, masyarakat menduga dia sudah lahir sebelum waktu yang disebutkan di atas. Hal-hal detail tentang kehidupannya juga masih tetap terselubung. Fra Angelico hidup pada masa awal Renaisans, yaitu ketika status para seniman belum mendapatkan tempat, seperti para bangsawan yang ciri-cirinya dicatat untuk anak cucunya. Hal ini tidak seperti pada zaman Renaisans Agung selanjutnya.

Hal-hal detail tentang Fra Angelico dicatat dalam sejarah untuk pertama kalinya setelah kematiannya. Hal-hal detail itu ada di dalam karya Giorgio Vasari yang berjudul "Lives of the Artists".

Raphael

Keturunan keluarga pelukis yang dianggap sebagai pelukis utama tokoh-tokoh agama pada masa keemasan Renaisans, Rafaello Santi atau Sanzio, yang secara umum dikenal dengan nama Raphael, terlahir di Urbino, Italia. Ia mendapatkan latihan awal dalam bidang seni dari ayahnya, Giovanni Santi, seorang pelukis dan penyair yang wafat ketika Raphael masih berusia 12 tahun. Pada usia 16 tahun ia menjadi siswa dari pelukis Perugino (1445-1523), yang termasyhur karena rancangan-rancangannya yang sederhana dan simetris namun harmoni. Gaya ini ditiru oleh Raphael sedemikian rupa sehingga sulit untuk menentukan lukisan mana yang dibuat oleh siapa di antara keduanya.

Michelangelo

Selama masa hidupnya yang panjang, Michelangelo Buonarotti -- pemahat, pelukis, dan arsitek Italia -- bersahabat dengan banyak kalanggan seperti para pangeran - terutama Lorenzo de Medici (1449 - 1492), penguasa Florence, para kardinal, paus, pelukis, dan penyair.

Antonio Vivaldi

Disusun oleh: R.S. Kurnia

Leonardo da Vinci

Ditulis oleh: Raka Sukma Kurnia

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru