Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.144 Februari 2015 / Michael W. Smith

Michael W. Smith


Latar Belakang

Michael Whitaker Smith lahir pada tanggal 7 Oktober 1957, dari pasangan Paulus dan Barbara Smith, di Kenova, Virginia Barat. Ayahnya adalah seorang pekerja kilang minyak dan ibunya adalah seorang pengelola katering dan sekretaris gereja. Michael memiliki seorang saudara perempuan yang bernama Kim.

Pada masa kanak-kanaknya, Michael aktif dalam kegiatan-kegiatan gereja, bisbol, dan bermain piano. Ia menulis lagu pertamanya pada saat berusia 5 tahun. Ketika berusia 10 tahun, ia membuat keputusan untuk menyerahkan hidupnya kepada Kristus. Mimpi awalnya adalah menjadi pemain bisbol profesional. Selama masa remajanya, Michael dikelilingi oleh sekelompok saudara seiman yang mendukungnya dengan kuat, yang sering berkumpul untuk bermain musik. Setelah lulus SMA, kelompok tersebut berpisah.

Michael hanya masuk kuliah selama satu semester di Marshall University di West Virginia, untuk kemudian keluar dan pindah ke Nashville dengan harapan akan berkarier di bidang musik. Ia bermain dengan band-band lokal. Karena tidak berhasil mendapatkan kontrak rekaman, Smith mencoba obat-obatan terlarang dan alkohol selama beberapa waktu sebelum menyatakan kembali arah hidupnya dan memperbarui imannya pada Oktober 1979.

Ia mulai tampil bersama kelompok Kristen yang disebut Higher Ground, dengan memainkan keyboard. Sementara bermain dengan Higher Ground, ia menandatangani kontrak penulisan lagu pertamanya dengan Paragon/Benson Publishing Company. Enam belas jam setiap hari menulis musik merupakan pekerjaan yang dicintai Michael.

Beberapa waktu kemudian, pada tahun 1981, Smith bertemu dengan istrinya, Debbie. Mengutip dari bukunya, "It's Time to be Bold" (Saatnya untuk Menjadi Berani - Red.):

"... Suatu sore ketika saya sedang bekerja di kantor saya, Deborah Kay Davis melintas. Saya pikir ia adalah wanita paling cantik yang pernah saya lihat. Ketika ia lewat, itu sangat luar biasa bagi saya. Saya terpesona. Benar-benar jungkir balik karena cinta. Saya terburu-buru mengangkat telepon dan menelepon ibu saya di West Virginia. 'Bu, aku tidak percaya ini. Ibu juga tidak akan memercayainya. Aku baru saja melihat gadis yang akan kunikahi.' 'Siapa namanya?' 'Aku tidak tahu, Bu. Aku belum bertemu dengannya. Akan tetapi, aku harus melanjutkannya. Aku akan mencari tahu, dan menghubungi Ibu lagi.' Ibuku yang malang! Ia pasti berpikir bahwa saya sudah gila. Namun, saya belum pernah berpikir sejernih itu sebelumnya. Saya meninggalkan kantor saya dan pergi mencari gadis ini di gudang. Sherlock Holmes belum tentu lebih baik dalam mencarinya, hingga akhirnya saya menyadari saya berdiri di luar toilet wanita, menunggunya muncul. Ia berjalan keluar. Saya memperkenalkan diri. Kami bertunangan tiga setengah minggu kemudian -- dan menikah empat bulan setelah itu!"

Gebrakan Michael berikutnya segera datang sesudah ia diminta untuk bermain keyboard di kelompok band Amy Grant (penyanyi Amerika terkenal, yang juga adalah seorang penyanyi rohani - Red.) yang masih muda. Ia mulai melakukan pertunjukan musik dari kota ke kota, dan manajer Amy, Mike Blanton dan Dan Harrell, melihat kekayaan potensi dalam diri Michael (dan pendatang muda yang baru lainnya, Kathy Troccoli), tetapi mereka tidak berhasil menemukan sebuah perusahaan rekaman untuk menandatangani kontrak musik dengan mereka. Satu pintu tertutup merupakan sebuah kesempatan bagi pintu lain untuk terbuka, dan sebagai hasilnya, mereka mulai membentuk Reunion Records. Pada tahun 1983, Michael merilis album pertamanya, "The Michael W. Smith Project". Debbie, istri Michael, menulis lirik untuk proyek tersebut. Album pertama ini dinominasikan dalam ajang penghargaan Grammy untuk Penampilan Terbaik kategori musik rohani. Lagu terkenal dari Michael, "Friends", ditampilkan pertama kali dalam album pertama ini.

Michael dipersilakan tampil dalam pembukaan pertunjukan musik Amy Grant, dan ia terus melanjutkan tur musik bersama Amy.

Pada tahun 1984, Michael merilis album keduanya, "Michael W. Smith 2". Dalam beberapa tahun berikutnya, Michael merilis beberapa album dan dua video konser, "Michael W. Smith Live In Concert dan The Big Picture Tour". Gaya musiknya pada saat itu diarahkan lebih ke arah khalayak yang lebih muda, dengan gaya musik yang lebih berorientasi pada musik rock. Beberapa lagunya bersifat sekuler, dan memungkinkan Smith untuk masuk ke dalam arena musik yang disukai kebanyakan orang.

Pada tahun 1991, Reunion Records mengizinkan Geffen Records untuk mendistribusikan album Michael, dengan harapan untuk membuat jalur ke pecinta arus pop yang dominan. Ada beberapa kontroversi dari segmen penggemar yang merasa bahwa ia menjual musiknya ke pasar sekuler. Namun, motivasi Smith adalah untuk menyampaikan pesannya ke pendengar yang lebih luas dan untuk menolong orang-orang muda yang ia lihat sedang berjuang dengan banyak isu penting.

Sepanjang tahun 1990-an, semakin banyak album yang dirilis selain video konser, "Change Your World Live", video musik single, dan peluncuran beberapa buku.

Pada tahun 1992, Michael menerima gelar "Doktor" dalam bidang musik dari Alderson-Broaddus College Filipi, Virginia Barat.

Pada tahun 1994, Michael mendirikan Rocketown, sebuah klub untuk remaja, di sebuah gudang di Brentwood, Tennessee. Klub tersebut menyediakan tempat bagi para remaja untuk berkumpul di lingkungan yang aman, positif, dan membangun. Klub itu ditutup setelah beberapa tahun. Klub Rocketown yang baru, sebuah gudang sebesar 38.000 kaki persegi yang direnovasi di pusat kota Nashville, dibuka pada awal tahun 2003.

Pada tahun 1996, Michael bersama pemimpin Reunion Records, Don Donahue, mendirikan Rocketown Records. Artis pertama mereka adalah Chris Rice, dan selama bertahun-tahun, daftar artis mereka mencakup Ginny Owens, Shaun Groves, Wayne Kirkpatrick, dan Watermark.

Pada tahun 1999, Michael diundang untuk menyanyi dalam sebuah ibadah di Columbine Memorial di Littleton, Colorado. Peristiwa penembakan di Columbine High School memberikan inspirasi pada albumnya "This Is Your Time", yang didasarkan pada kisah Cassie Bernall. Berikut kata-kata Michael sendiri:

"Saya pergi ke Littleton (Colorado) menyanyikan lagu "Friends" dalam ibadah di Columbine Memorial, dan hari itu merupakan hari yang sangat berpengaruh bagi saya. Karena hal itu begitu membebani secara emosi, saya harus menemukan cara untuk mengatasinya dan mencerna semua itu sehingga saya mendapati diri berada di depan keyboard sambil menulis lagu. Pertemuan dengan keluarga Cassie Bernall sangat menginspirasi saya. Cassie mengaku bahwa ia percaya kepada Allah dan kehilangan hidupnya untuk itu. Saya telah menulis sebuah lagu yang berjudul "This Is Your Time", yang merupakan sebuah tantangan bagi kita semua untuk menyadari, melalui kehidupan Cassie, bahwa sekaranglah waktunya bagi kita untuk berdiri dan menjalani hidup tanpa malu-malu bagi Allah."

Pada tahun 1999, Michael dan istrinya, Debbie, juga berperan dalam merintis Gereja New River Fellowship. Pendeta dan mentor Michael, Don Finto, membantu memberikan kepemimpinan gereja yang baru.

Pada tahun 2000, Michael merilis album "Freedom". Album instrumental ini, direkam di Irlandia bersama Irish Film Orchestra, dengan memasukkan aransemen piano klasik.

Pada tahun 2001, Michael melaju dalam gelombang penyembahan dan membuat sebuah album "Worship", sebuah karya yang sangat sukses dan diterima dengan baik. Sebuah album lanjutan, "Worship Again" dan video "Worship", dikeluarkan pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2002, Michael menghasilkan soundtrack untuk film layar lebar, Joshua. Situs Michael yang terbaru, Friends Online, juga diluncurkan pada musim gugur 2002.

Pada tahun 2003, Michael memperluas area keberhasilannya dengan menarasikan "The Gospels Come to Life", yang merupakan sebuah buku audio yang menampilkan Kitab-Kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Di dalamnya juga dimasukkan pembacaan berlatar belakang musikal yang terinspirasi dari Smith, yang dicetak oleh Michael Omartian.

Sepanjang 20 tahun lebih kariernya, Michael telah memiliki kesempatan untuk menyanyi bagi para presiden, pemimpin nasional, dalam pertemuan-pertemuan masyarakat, acara-acara peringatan, kampanye Billy Graham, dan dalam acara-acara televisi baik nasional maupun internasional ..., dan karyanya belum selesai. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Michael W.Smith
Alamat URL : http://www.michaelwsmith.net/biography.html
Judul asli artikel : Biography
Penulis artikel : Tim Michael W.Smith.net
Tanggal akses : 6 November 2014

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru