Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePemain / Reginald Howard White

Reginald Howard White


Dirangkum oleh: Berlin B.

Reginald Howard White atau yang lebih dikenal dengan Reggie White adalah seorang pemain bertahan yang luar biasa dalam cabang olahraga american football. Reggie adalah anak dari pasangan Thelma Collier and Charles White, sebuah keluarga yang memiliki ikatan keagamaan dan nilai-nilai Kristen yang kuat. Mereka beribadah di gereja Baptis terdekat secara teratur. Di gereja inilah, Reggie mendapatkan banyak inspirasi dari para pelayan dan pengajarnya. Pada usia 12 tahun, Reggie menyatakan keinginannya untuk menjadi pemain "american football" sekaligus pelayan Tuhan. Pada akhirnya, mimpinya ini benar-benar terwujud. Dia menjadi pemain "american football" dan sekaligus pelayan Tuhan di gerejanya. Lantaran berposisi sebagai pemain bertahan dan ditahbiskan menjadi pendeta gereja Baptis di usia 17 tahun, ia mendapat julukan "Minister of Defense" (Pelayan Pertahanan) dari teman-teman kuliahnya.

Reggie memulai kariernya sebagai pemain "american football" profesional pada tahun 1984, setelah lulus kuliah, dengan bergabung di Memphis Showboats, salah satu tim di United States Football League (Liga "american football" di Amerika, rad.) dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan nilai $ 4 juta. Awal tahun itu, Reggie bertemu dengan calon istrinya, Sara, di gereja dan mereka menikah pada tanggal 5 Januari 1985. Mereka dikaruniai 2 orang anak, Jeremy dan Jecolia. Karena merasa keuangan klub tidak stabil, Reggie memutuskan untuk hijrah ke Philadelphia Eagles. Di sanalah, Reggie memulai kariernya sebagai pemain NFL (National Football League). Ia menjadi pemain Eagles dari 1985 -- 1992. Kemudian, ia bergabung dengan Green Bay Packers, yaitu dari 1993 -- 1998. Setelah pensiun dari Green Bay Packers, pihak klub memensiunkan nomor punggung 92 milik Reggie. Reggie mengakhiri kariernya sebagai pemain "american football" pada tahun 2000. Klub terakhir yang dibelanya adalah Carolina Panthers.

Catatan prestasi Reggie selama kariernya sebagai pemain "american football" sungguh mengagumkan. Beberapa di antaranya adalah dua kali sebagai pemain bertahan terbaik, 13 Pro Bowls, dan pemegang sack terbanyak kedua di NFL dengan 198,5 sack (menjatuhkan pemain quarterback sebelum ia melempar bola - Red.).

"Khotbah" Reggie di Lapangan

Reggie White adalah atlet berbakat yang menghabiskan hari Minggunya dengan berkhotbah di seluruh negeri. Selama berkarier sebagai "american fottball", Reggie dikenal sebagai pemain yang memiliki integritas, etika kerja yang baik, dan berkarakter. Pria kelahiran Chattanooga, Tennessee, pada 19 Desember 1961 ini adalah seorang "advokat" yang hebat bagi iman Kristen yang diyakininya dan kesetiaannya kepada Tuhan dan Juru Selamatnya, Yesus Kristus. Untuk menyampaikan "khotbahnya" di lapangan sebagai pemain "american fottball", Reggie mengekspresikan imannya dalam berbagai cara. Orang-orang bisa menyadari bahwa ia tetap fokus di lapangan karena ia terus mengarahkan pandangannya pada hadiah sejati yang menantinya. Itulah khotbahnya: membuat seseorang mengetahui imannya dalam Kristus melalui sikapnya di lapangan.

Dokie Williams, mantan pemain L.A. Raider, mengatakan ini tentang Reggie, "Dia adalah seorang individu yang mengagumkan. Dia mencintai Tuhan." Williams juga mengatakan bahwa Reggie memiliki "kasih sejati untuk orang-orang dan siapa pun yang dikejarnya. Hati Reggie sebesar tubuhnya."

Saat masih sebagai pemain, Reggie akan terlihat sedang berdoa bersama yang lain setelah pertandingan usai. Ia juga akan memberikan semangat kepada teman-temannya untuk hidup mereka bersama Kristus. Dia adalah seorang anak Tuhan yang tegas dan berani, yang tidak takut untuk melakukan "tackling" secara politis terhadap hal-hal yang tidak benar. Dia merupakan contoh orang yang serupa dengan Kristus dari seorang pria baik-baik dan berprinsip.

Dia tidak seperti beberapa pemain yang Anda lihat di liga saat ini. Dia tidak melakukan sesuatu pun yang menodai citra Kristus, baik di dalam maupun di luar lapangan. Reggie menghabiskan hidupnya untuk membawa kemuliaan bagi Kristus dalam segala hal yang dia lakukan. Dia adalah teladan dalam hal semangatnya untuk Tuhan, keluarga, dan masyarakat. Dedikasinya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik tak tertandingi oleh siapa pun.

Sumbangsih Reggie White di Luar Lapangan

Setelah kariernya sebagai pemain "american fottball" berakhir, karier Reggie yang lain, yaitu membawa Injil Kristus kepada mereka yang membutuhkan, terus berlangsung sampai akhir hidupnya. Bersama istrinya, ia mendirikan Hope Place, sebuah tempat perlindungan bagi para ibu yang tidak menikah. Tempat itu didirikan tidak jauh dari rumahnya, di atas properti miliknya di pedesaan Tennessee. Keduanya mendirikan Alfa & Omega Ministry untuk mensponsori sebuah pusat pengembangan masyarakat di Knoxville. "Saya berusaha meningkatkan moralitas, kepercayaan diri, dan kemandirian orang-orang kulit hitam, untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Yesus yang saya bicarakan adalah nyata," kata Reggie.

Salah satu momen paling penuh ujian dalam pelayanan Reggie terjadi pada tahun 1996, ketika gerejanya dibakar hingga rata dengan tanah. Satu dari sepuluh gereja orang kulit hitam di seluruh wilayah Selatan dibakar habis dalam serangkaian kejahatan karena kebencian. Sepanjang musim tahun itu, Reggie terus-menerus meminta para penyelidik untuk menemukan para pelaku pembakaran, melobi para penegak hukum -- termasuk wakil presiden Al Gore dari Tennessee -- untuk berbicara menentang kekerasan rasial, dan menggalang dana untuk membantu gerejanya dan gereja-gereja orang kulit hitam lainnya di seluruh negeri. Selain usaha ini, Reggie juga mengupayakan usaha-usaha misionaris di antara anggota-anggota geng, anak-anak yang dilecehkan, dan para wanita muda yang berusaha melakukan aborsi. Ia juga memberikan sejumlah persembahan dari hasil kerjanya sebagai pemain NFL ke beberapa gereja Baptis.

Mengenang karya-karyanya di Philadelphia Daily News (nama sebuah surat kabar,red.) Reggie menyimpulkan, "Alkitab berkata, 'Iman tanpa perbuatan adalah mati.'" Itu merupakan kata lain dari: "Letakkan uangmu di tempat mulutmu berada."

Karya kehidupan White berakhir sebelum waktunya pada tanggal 26 Desember 2004, saat ia dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gangguan pernapasan dan tak lama kemudian, ia dinyatakan meninggal. Menurut Jet, juru bicara keluarga, Keith Johnson menyatakan bahwa kematian Reggie "bukan saja tidak diharapkan, tetapi juga benar-benar mengejutkan. Reggie tidak sakit ... dia sehat. Dia mempunyai banyak sekali energi dan keinginan yang kuat." Semua orang di gereja White, di NFL, teman-temannya, mantan pemain, dan para penggemar Reggie menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya White.

Komisaris NFL, Paul Tagliabue, mengeluarkan pernyataan yang antara lain berbunyi: "Reggie White adalah seorang pejuang lembut yang akan dikenang sebagai salah satu pemain bertahan terhebat dalam sejarah NFL. Dampak positifnya di luar lapangan dan caranya melayani sebagai pemberi pengaruh positif kepada begitu banyak anak muda, sama mengesankannya dengan prestasinya di lapangan."

Dirangkum dari:

  1. Keiser, Tom. "Are You There, God? It's Me, Reggie White". Dalam http://theclassical.org/articles/sportsflicks-are-you-there-god-its-me-reggie-white

  2. _____. "Remembering the life of Reggie White, the 'Minister of Defense'". Dalam http://www.examiner.com/article/remembering-the-life-of-reggie-white-the-minister-of-defense

  3. Wetzel, Dan. "Reggie's self-revelation". Dalam http://sports.yahoo.com/news/reggies-self-revelation-230500053--nfl.html

  4. Bearn, Jonathan. "White, Reginald Howard (Reggie)". Dalam http://pabook.libraries.psu.edu/palitmap/bios/White__Reggie.html

  5. _____. "Reggie White". Dalam http://www.answers.com/topic/reggie-white

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru