Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herepenulis / Ruth Greene Beechick

Ruth Greene Beechick


Pada awal tahun 1980-an, gerakan homeschooling (sekolah di rumah) berkembang dan menjadi semakin umum. Ruth Greene Beechick yang kemudian menjadi pendidik Kristen terkemuka, mengakui bahwa orang tua yang menyekolahkan anaknya di rumah membutuhkan sumber-sumber untuk menolong mereka dalam tugas penting mendidik anak-anak mereka. Ia adalah seorang editor divisi anak-anak penerbitan kurikulum dan pembicara bagi para "pengusaha penerbitan", demikian ia menyebutnya. "Mereka tidak mampu menyadari kebutuhan yang ada" sambungnya.

Setelah beberapa waktu, dia memutuskan untuk menulis sendiri dua buku yang kemudian menjadi buku klasik dalam bidang homeschooling, "Three R's" (1982) untuk kelas TK sampai tiga, dan "You Can Teach Your Child Successfully" (1982) untuk kelas empat sampai delapan. Buku-buku tersebut kemudian dikenal sebagai "buku klasik dalam homeschooling" di antara para pemimpin gerakan homeschooling dan memenangkan penghargaan "Best of the Year" pada tahun 1987. Pesan utama buku itu adalah bahwa orang tua tidak harus hanya menggunakan buku-buku sekolah. "Ajarlah anak Anda dalam tiga cara sederhana." Buku ini merinci bagaimana dan apa yang harus diajarkan dari semua subjek utama.

Orang tua yang anaknya mengikuti homeschooling pada waktu itu merasa -- dan untuk beberapa tingkat masih merasa -- bahwa masyarakat tidak memiliki kepercayaan diri bahwa mereka bisa melakukan apa yang dilakukan oleh para guru. Pendidik yang berpengalaman ini, Ruth Beechick, memberikan kepercayaan diri itu kepada para orang tua dan memberikan dorongan kepada mereka. Selama berpuluh-puluh tahun, ia telah melihat banyak perubahan di sekolah dan menurutnya gerakan homeschooling adalah bentuk perubahan yang paling sehat. Gerakan seperti ini benar-benar berhasil.

Karena sebagian besar penerbit tidak mau membuat kurikulum untuk para siswa homeschooling, para orang tua sendirilah yang mulai melakukannya. Sebagian dari mereka datang kepada Ruth untuk berkonsultasi karena dia mengetahui dengan baik perihal pengembangan dan penerbitan kurikulum. Ruth dengan senang hati membantu gerakan penerbitan independen ini, yang penyebarannya hampir secepat gerakan homeschooling itu sendiri. Menurutnya, materi-materi yang sudah disusun adalah materi-materi yang banyak digunakan dalam kelas-kelas di sekolah. Alasannya, menurutnya, adalah bahwa siswa homeschooling memiliki tingkat pengajaran dari hati ke hati, bukan dalam tingkat abstrak, teoritis. Hasilnya, program homeschooling lebih mengena dan lebih dapat diterapkan.

Salah satu buku Ruth, "A Biblical Psychology of Learning" (1982), digunakan dalam program pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan Kristen, serta di gereja dan perorangan. Dalam buku ini, Ruth mengatakan bahwa teori-teori pendidikan yang sekarang diajarkan tidaklah mencukupi, bila tidak salah, karena teori-teori itu didasarkan pada pandangan yang tidak alkitabiah terhadap anak. Dia menulis, "Sepanjang karier saya, saya telah melihat banyak pendidikan gereja beralih ke teori modern karena teori itu tampaknya didasarkan pada ilmu pengetahuan dan penelitian. Dan hal ini, entah bagaimana, menjadi lebih menarik daripada pemikiran yang alkitabiah tentang pendidikan. Salah satu peringatan yang saya berikan kepada peserta homeschooling adalah hal ini. Siswa homeschooling belajar dan mengerjakan tanggung jawab belajar mereka dengan serius, tetapi mereka juga bisa dengan mudah terpikat pada teori-teori dunia. Mereka dihantam dengan pesan-pesan yang disampaikan melalui iklan, buku-buku, dan alat-alat lain dan bisa tertarik pada satu teori ke teori lainnya."

Ruth memahami ketertarikan ini karena pengalaman pendidikan dan kecintaannya pada pendidikan. Dia lulus dari Seattle Pacific dan kemudian melanjutkan studinya untuk mendapatkan gelar master dan doktor di bidang pendidikan di Arizona State University. Sebagai mantan guru dan profesor pendidikan, editor divisi anak-anak penerbitan kurikulum sekolah minggu, dan penulis yang aktif menulis tentang metode mengajar, Alkitab, dan pendidikan di rumah, Ruth merupakan perintis dalam gerakan homeschooling.

Christine M. Field, dalam bukunya yang berjudul "A Field Guide to Home Schooling", mengatakan bahwa buku "Education Services of Golden, Colorado" yang ditulis oleh Ruth "merupakan sumber dari tulisan-tulisan bijaksana Ruth Beechick. Dia adalah salah satu nenek homeschooling yang patut dipuji."

Ruth memberitahu para orang tua untuk mengatakan bahwa mereka menggunakan pendidikan Kristen saat seseorang bertanya mengenai kurikulum atau metode apa yang mereka gunakan. Dia menjelaskan bahwa pendidikan Kristen bisa melingkupi berbagai pendekatan, namun menjaga fondasinya tetap stabil. (t/Ratri)

Diterjemahkan dari:

Judul asli artikel : Ruth Greene Beechick (1925 -- ...)
Judul buku : 100 Christian Women Who Changed the Twentieth Century
Penulis : Helen Kooiman Hosier
Penerbit : Fleming H. Revell, Michigan 2000
Halaman : 83 -- 85

 

Sumber: Bio-Kristi 34

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru