Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No.151 September 2015 / Kelemahan dan Kekuatan Karakter Petrus

Kelemahan dan Kekuatan Karakter Petrus


Ditulis oleh: N. Risanti

Petrus adalah pribadi yang awalnya sering kali memercayai pemikirannya sendiri dibanding beriman kepada Allah. Peristiwa ketika ia berjalan di air dan penyangkalannya sebanyak tiga kali di halaman rumah Imam Besar menjelaskan mengapa ia sering kali gagal untuk beriman secara teguh kepada Allah. Satu kali Paulus pernah mengatakan Petrus sebagai seorang munafik (Galatia 2:13) karena mengingkari orang-orang bukan Yahudi di bawah tekanan. Meskipun demikian, tidak ada pertentangan teologis pada Paulus dan Petrus sebab Paulus hanya menyorot mengenai praktik hidup Petrus yang tidak selaras dengan ajarannya.

Di sisi lain, Petrus adalah seorang yang setia dan memiliki gelora yang sangat menggebu-gebu dalam melakukan pelayanan. Ia langsung meninggalkan pekerjaannya sebagai nelayan untuk mengikut Yesus, menjadi salah seorang dari tiga murid yang akrab dengan Sang Guru, dan sering kali hadir dalam peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada diri Tuhan Yesus. Tidak seperti Yudas yang terus terpuruk dalam dosanya, Petrus bertobat dan berbalik dari penyangkalannya sehingga pada akhirnya ia dipakai secara luar biasa sebagai saksi Kristus. Petruslah yang kemudian menjadi rasul pertama, yang dihubungkan dengan penginjilan kepada bangsa-bangsa non-Yahudi, dan terus setia menjalani panggilannya sampai akhir hayatnya. Melalui kehidupan Petrus, kita dapat melihat bahwa Allah dapat bekerja dalam diri seseorang terlepas dari segala kelemahan yang terdapat di dalam dirinya. Kita pun dapat belajar menaruh pengharapan dan iman percaya kita hanya kepada Allah sehingga kita dapat dipakai untuk melakukan hal-hal yang besar dan luar biasa. Petrus, sang batu karang, sudah membuktikannya kepada kita.

Sumber bacaan:

  1. Zavada, Jack. "Peter the Apostle - Member of Jesus' Inner Circle". Dalam http://christianity.about.com/od/newtestamentpeople/a/JZ-Peter-The-Apostle.htm
  2. _____. "Simeon" Dalam http://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=Petrus
  3. _____. "Peter the Apostle" Dalam http://www.aboutbibleprophecy.com/p58.htm

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru