Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No.145 Maret 2015 / Warisan Berharga John Wycliffe

Warisan Berharga John Wycliffe


Ditulis oleh: N. Risanti

Dengan usahanya memulai penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Latin, John Wycliffe meninggalkan warisan berharga bagi gereja serta orang percaya di berbagai belahan dunia. Keyakinannya akan kebenaran firman Tuhan yang harus sampai dan diketahui oleh setiap orang percaya menjadi tonggak reformasi yang mengubah arah perkembangan gereja. Gereja tidak lagi menjadi organisasi eksklusif dan feodal yang menjalankan praktik di luar pengajaran yang benar, dan Alkitab akhirnya dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa untuk menyampaikan pesannya kepada semua orang. Sesuai mandat dalam Amanat Agung, firman Tuhan kini telah tersebar ke seluruh dunia dan Alkitab menjadi buku yang paling banyak dicetak di dunia. Hingga kini, Alkitab telah diterjemahkan ke dalam 531 bahasa, dan masih akan terus bertambah seiring dengan waktu. Sungguh sebuah pencapaian yang amat patut disyukuri oleh gereja dan semua orang percaya.

Tepatlah yang dikatakan oleh penulis sejarah, Fuller, ketika ia menulis tentang Wycliffe: "Mereka membakar tulang-tulangnya menjadi abu dan dibuang ke Swift, kemudian dialirkan dengan arus keras oleh sungai lainnya. Kemudian, sungai mengalirkan abunya ke Avon, Avon ke Severn; Severn ke laut sempit; dan akhirnya ke laut utama. Dan, dengan demikian, abu Wycliffe menjadi lambang doktrinnya yang sekarang tersebar ke seluruh dunia." Ya, berkat usaha Wycliffe, kini setiap orang percaya dapat membaca pesan dari Allah dalam bahasa yang mereka pahami dengan baik.

Sumber bacaan:

  1. _____ "Bible Translations".
    Dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Bible_translations
  2. Curtis, Ken. "John Wycliffe: Reformation Morningstar".
    Dalam http://www.christianity.com/church/church-history/timeline/1201-1500/john-wycliffe-reformation-morningstar-11629869.html

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru