Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereRiwayat / George Whitefield

George Whitefield


Penginjil Methodist

Ringkasan

George Whitefield (27 Desember 1714 – 30 September 1770), juga dikenal sebagai George Whitfield, adalah seorang imam Anglikan Inggris yang membantu menyebarkan Kebangkitan Besar di Inggris, dan terutama di koloni Inggris yang terletak di Amerika Utara. Dia adalah salah satu pendiri Methodisme dan gerakan penginjilan secara umum.

George Whitefield lahir pada tanggal 16 Desember 1714, di Gloucester, Inggris. Bungsu dari tujuh anak, ia dilahirkan di Bell Inn, tempat ayahnya, Thomas, yang merupakan seorang pedagang anggur dan pemilik penginapan. Ayahnya meninggal ketika George berusia dua tahun, dan Elizabeth ibunya yang janda berjuang untuk menyediakan kebutuhan bagi keluarganya. Karena dia berpikir bahwa dia tidak akan pernah terlalu menggunakan pendidikannya, maka pada usia 15 tahun George membujuk ibunya untuk mengijinkannya meninggalkan sekolah dan bekerja di penginapan. Namun, dengan duduk sampai larut malam, George malah mempelajari Alkitab dengan rajin. Kunjungan dari seorang mahasiswa Oxford yang sedang belajar di perguruan tinggi kepada ibunya mendorong George untuk mengejar pendidikan di universitas. Ia kembali ke sekolah tata bahasa untuk menyelesaikan persiapan memasuki Oxford, dengan hanya tertinggal sekitar satu tahun sekolah.

Pada tahun 1732, dalam usia 17, George masuk Pembroke College di Oxford. Secara bertahap dia tertarik ke dalam kelompok yang disebut "Holy Club", tempat ia bertemu John dan Charles Wesley. Charles Wesley meminjaminya buku, "The Life of God in the Soul of Man". Dari pembacaannya terhadap buku ini dan setelah pergumulan panjang dan menyakitkan yang bahkan mempengaruhi dirinya secara fisik, akhirnya George bertobat pada tahun 1735. Dia lalu berkata setelah bertahun-tahun kemudian: "Saya tahu tempat itu .... Setiap kali saya pergi ke Oxford, saya tidak mungkin tidak pergi ke tempat di mana Yesus Kristus pertama mengungkapkan diri-Nya kepada saya dan memberi saya kelahiran baru."

Terpaksa meninggalkan sekolah karena kesehatannya yang buruk, George kembali ke rumah selama sembilan bulan untuk penyembuhan. Tidak hanya bermalas-malasan, aktivitasnya menarik perhatian uskup Gloucester, yang menahbiskan Whitefield sebagai diakon, dan kemudian sebagai seorang imam, di Gereja Inggris. Whitefield menyelesaikan gelar di Oxford, dan pada tanggal 20 Juni 1736 Uskup Benson menahbiskannya. Uskup, menumpangkan tangannya di atas kepala George, yang kemudian membuat George mengeluarkan deklarasinya, yaitu "Hati saya luluh dan saya menyerahkan seluruh semangat, jiwa, dan tubuh kepada pelayanan kudus Allah."

Whitefield adalah seorang pengkhotbah yang mencengangkan dari awal. Meskipun kurus, ia menggempur mimbar seolah-olah dia adalah seorang raksasa. Dalam waktu satu tahun dikatakan bahwa "suaranya mengejutkan Inggris seperti ledakan terompet." Pada saat London masih memiliki populasi kurang dari 700.000, ia dapat terus mempesona 20.000 orang pada satu waktu di Moorfields and Kennington Common. Selama tiga puluh empat tahun khotbahnya bergema di seluruh Inggris dan Amerika. Dalam pelayanan khotbahnya ia menyeberangi Atlantik tiga belas kali sehingga menjadi dikenal sebagai ‘rasul kerajaan Inggris.'

Dia adalah seorang Calvinis yang teguh dalam teologinya dan belum tertandingi sebagai seorang penginjil yang agresif. Meskipun dia adalah seorang pendeta dari Gereja Inggris, dia bekerja sama dengan dan memiliki dampak yang mendalam pada orang-orang dan gereja-gereja dari berbagai tradisi, termasuk Presbiterian, Kongregasionalis, dan Baptis. Whitefield, bersama dengan Wesley, menginspirasi gerakan yang dikenal sebagai Methodis. Whitefield berkhotbah lebih dari 18.000 khotbah dalam hidupnya, rata-rata 500 khotbah per tahun atau sepuluh per minggu. Banyak dari khotbah-khotbah tersebut disampaikan berulang-ulang. Kurang dari 90 yang masih ada dalam berbagai bentuk. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Christian Classics Ethereal Library
Alamat URL : http://www.ccel.org/ccel/whitefield
Judul asli artikel : George Whitefield: Methodist Evangelist
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 28 April 2015

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru