Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No. 177 Oktober 2017 / Jacques Maritain: Ilmu Pengetahuan, Filsafat, dan Kemanusiaan

Jacques Maritain: Ilmu Pengetahuan, Filsafat, dan Kemanusiaan


Ditulis oleh: N. Risanti


Gambar: Maritain dan Istri
Maritain dan istri.

Jacques Maritain dan istrinya berpindah keyakinan ke agama Katolik karena kekecewaan mereka terhadap ilmu pengetahuan alam yang tidak dapat mengatasi masalah eksistensial yang lebih besar dari kehidupan. Akibat kekecewaan tersebut, Maritain dan istrinya bahkan sempat membuat perjanjian untuk bunuh diri bersama-sama jika mereka tidak bisa menemukan beberapa wawasan yang lebih mendalam tentang makna kehidupan. Beruntung mereka kemudian terpengaruh dengan seorang novelis dan intelektual, Léon Bloy, yang merupakan seorang penganut Katolik Roma yang bergairah. Dengan iman Katolik, kehidupan dan pemikiran mereka justru semakin memiliki pengaruh signifikan bagi ilmu pengetahuan, kemanusiaan, dan filsafat.

Maritain yang merupakan duta besar Perancis untuk Vatikan (1945 -- 1948) menjadi orang yang mendorong Paus untuk berbicara mengenai masalah anti-semit (anti Yahudi - Red.) serta kejahatan Holocaust setelah perang dunia ke-2 usai. Sebagai seorang filsuf, ia memberi peringatan melalui artikelnya yang berjudul Reason and Modern Science (diterbitkan di Revue de Philosophie edisi Juni) bahwa ilmu pengetahuan akan menjadi sesuatu yang bersifat ilahi, yang metodologinya telah merebut peran akal dan filsafat, lalu pada akhirnya akan menggantikan kepentingan kemanusiaan. Dalam hal seni, Maritain menjadi tokoh yang mendorong para seniman Kristen untuk membuat karya yang indah berdasarkan keimanannya. Ia berpendapat bahwa seniman dan orang Kristen pada hakikatnya adalah satu, dan seni yang dibentuk dari pemikiran Kristen akan berbeda dari seni yang tidak dibentuk oleh pemikiran yang sama.

Download Audio

Sumber referensi:

1. _____. Jacques Maritain Facts. Dalam http://biography.yourdictionary.com/jacques-maritain

2. _____. Jacques Maritain. Dalam http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Jacques_Maritain

3. Doster, Richard. The Calling of Christian Writers. Dalam http://www1.cbn.com/biblestudy/the-calling-of-christian-writers




Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru