Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herepelukis / pelukis

pelukis


Fra Angelico

Fra Angelico, yang nama aslinya Guido di Pietro, lahir antara tahun 1395 dan 1400 di Vicchio, sebuah kota kecil di dekat Florence.

Ketidakpastian mengenai tanggal lahirnya -- kapan tepatnya hari lahirnya, belum diketahui. Akan tetapi, masyarakat menduga dia sudah lahir sebelum waktu yang disebutkan di atas. Hal-hal detail tentang kehidupannya juga masih tetap terselubung. Fra Angelico hidup pada masa awal Renaisans, yaitu ketika status para seniman belum mendapatkan tempat, seperti para bangsawan yang ciri-cirinya dicatat untuk anak cucunya. Hal ini tidak seperti pada zaman Renaisans Agung selanjutnya.

Hal-hal detail tentang Fra Angelico dicatat dalam sejarah untuk pertama kalinya setelah kematiannya. Hal-hal detail itu ada di dalam karya Giorgio Vasari yang berjudul "Lives of the Artists".

Michelangelo

Selama masa hidupnya yang panjang, Michelangelo Buonarotti -- pemahat, pelukis, dan arsitek Italia -- bersahabat dengan banyak kalanggan seperti para pangeran - terutama Lorenzo de Medici (1449 - 1492), penguasa Florence, para kardinal, paus, pelukis, dan penyair.

Rembrandt

Karya seni yang sempurna, "Kembalinya Anak Hilang", diciptakan oleh seorang yang paham tentang apa artinya menjadi seorang pemboros. Melalui karya seninya, ia menunjukkan betapa dalamnya dunia ini membutuhkan keselamatan. Rembrandt Harmenszoon van Rijn menjadi pelukis Protestan terbesar -- seorang yang dalam dirinya, iman dan seni terpadu dengan selaras.

Ia dilahirkan dalam keluarga gereja Reformasi yang amat saleh. Meskipun orang tuanya menginginkan ia menjadi orang terpelajar, jelaslah bahwa ia dianugerahi bakat seni lukis. Mengikuti kebiasaan pada waktu itu, Rembrandt magang pada pelukis yang mapan dan belajar melukis cerita-cerita Alkitab, peristiwa-peristiwa dalam sejarah, serta mitologi Romawi dan Yunani. Namun, seni lukis yang ia kembangkan adalah gayanya sendiri yang agak berbeda.

Biografi dan Karya Rembrandt (1606-1669)

Lahir di Leiden, Belanda, putra dari seorang pemilik usaha penggilingan padi, Rembrandt Harmenszoon van Rijn, seorang seniman barok Belanda, dikenal sebagai salah satu pelukis besar dalam sejarah seni dunia Barat. Kedua orangtuanya mempunyai ambisi yang tinggi baginya, dan pada usia 14 tahun Rembrandt mendaftarkan diri pada universitas Leiden, namun ia DO (putus kuliah) pada tahun yang sama dan magang di studio Jacob van Swanenburgh. Pada usia 17 ia pergi ke Amsterdam, Belanda, dan belajar bersama pelukis sejarah Pieter Lastman. Setelah 6 bulan, ia telah menguasai semua yang diajarkan dan kembali ke Leiden untuk memproklamirkan diri sebagai pelukis independen.

Leonardo da Vinci

Ditulis oleh: Raka Sukma Kurnia

Joni Eareckson Tada

Sebuah kecelakaan ketika berenang di bulan Juli 1967 menyebabkan Joni Eareckson menderita kerusakan tulang belakang yang membuat dia lumpuh dari leher ke bawah. Selama bulan-bulan pertama penderitaannya di rumah sakit, dia mengalami depresi yang berat dalam usahanya mencoba memahami apa yang terjadi pada dirinya. Ia bahkan sempat memohon kepada teman-temannya untuk membantunya melakukan bunuh diri.

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru