Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePenulis Himne / Philip P. Bliss

Philip P. Bliss


Philip Paul Bliss, seorang komposer dan penyanyi, lahir di wilayah Clearfield pada tanggal 9 Juli 1838. Kehidupan masa kecilnya dihabiskan di wilayah pertanian di Pennsylvania dan Ohio. Di sana, dia tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri. Dia baru mendengarkan suara piano untuk pertama kalinya saat berusia 10 tahun. Pada usia 13 tahun, dia bergereja di Gereja Baptis di Elk Run. Bahkan, di usianya yang masih muda itu, dia sudah mengalami perubahan cara pikir yang besar.

Sampai pada tahun 1855, dia bekerja sebagai petani dan penebang kayu. Kadang-kadang dia juga pergi ke sekolah. Menjelang tahun 1856, dia memperoleh pendidikan yang cukup yang memampukannya mengajar di sekolah. Pengalaman pertamanya sebagai seorang pengajar terjadi di Harsville, New York. Pada musim dingin tahun 1857, dia masuk sekolah vokal untuk pertama kalinya di Towanda, lalu mengikuti kongres musik di Roma dan New York, yang memberikan kesempatan-kesempatan yang telah lama didambakannya. Pada tahun 1860, dia masuk Normal Academy of Music di Geneseo, New York.

Suaranya semakin kuat terdengar seperti suara bass, dengan jangkauan vokal yang besar dan indah. Pada musim dingin tahun 1860, dia memulai karirnya dengan mengajarkan musik dan menciptakan lagu. Akan tetapi, namanya belum begitu dikenal. Pada waktu ini, dia berteman dengan George F. Root, yang mendukung usaha-usahanya. Pada tahun 1865, Bliss menandatangani perjanjian dengan perusahaan Root & Cady di Chicago. Dia dikontrak untuk menyelenggarakan kongres musik di negara bagian Barat Laut. Suaranya pun terdengar di oratorio (ruang doa). Dia menampilkan solo bass untuk lagu "The Messiah" dan "Elijah" dengan luar biasa.

Dalam salah satu turnya, dia bertemu penginjil Dwight L. Moody dan menjalin persahabatan erat dengannya. Alhasil, Bliss mulai menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengarang musik rohani dalam berbagai bentuk lagu dan lagu-lagu yang bernuansa penginjilan. Pada tahun 1874, dia meninggalkan semua pekerjaannya yang lain dan mengabdikan diri untuk mengadakan kebaktian kebangunan rohani yang dipimpinnya dengan mitranya, Maj. D. W. Whittle. Dengan pembawaannya yang tegas, perkataannya yang meyakinkan, semangatnya yang sungguh-sungguh, dan suaranya yang memikat, dia berhasil menguasai penontonnya.

Lagu-lagu pertamanya diaransemen oleh George F. Root, tetapi lagu-lagu yang membuatnya terkenal itu benar-benar ciptaannya sendiri. Lagu yang paling populer, "Hold the Fort", diinspirasi oleh sebuah pesan yang diserukan oleh Gen. William T. Sherman. selama perang saudara terjadi. Lagu lainnya yang tidak terlalu populer adalah "Only an Armor Bearer," "Rescue the perishing," "Pull for the Shore," dan "Hallelujah! tis done!". Sementara empat koleksi lagu-lagunya yang dipublikasikan antara lain "The Charm" (1871); "The Song Tree" (1872); "The Joy" (1873), dan "Gospel Songs" (1874).

Dia dan istrinya, Lucy J. Young, yang dinikahinya pada tanggal 1 Juni 1859, meninggal dalam kecelakaan kereta di dekat Ashtabula, Ohio, pada tanggal 29 Desember 1876. Riwayat hidupnya yang dikarang oleh Maj. Whittle dipublikasikan pada tahun 1877. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : WholesomeWords
Alamat URL : http:// www.wholesomewords.org/biography/biobliss3.html
Judul artikel : Philip P. Bliss: A Biographical Sketch
Penulis : Stephen Ross
Tanggal akses : 28 April 2011

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru