Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are hereBio-Kristi No.106 Januari 2013 / Ronny Melahirkan Pesepak Bola Cilik

Ronny Melahirkan Pesepak Bola Cilik


Ronny Pattinasarany memiliki cita-cita yang mulia. Ia ingin sepak bola di Indonesia maju dan berkembang, serta diakui di Asia dan dunia. Untuk meraih cita-citanya ini, ia membina para pemain sepak bola sejak usia dini. Ia merintis pembangunan Sekolah Sepak Bola (SSB) untuk anak-anak. Hingga saat ini, sudah banyak SSB lain yang tumbuh subur dan menyebar ke seluruh penjuru tanah air, dan menampung bakat-bakat pesepak bola cilik.

Selain memulai SSB, Bung Ronny juga yang membawa futsal dan memopulerkannya di Indonesia. Menurutnya, futsal menjadi bagian integral dari pembangunan sepak bola modern. Ia didukung McDonald`s Indonesia dan Harian Kompas, berkeliling ke sejumlah kota besar sepanjang tahun 2001 hingga berhasil membawa Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Asia Futsal pada tahun 2002. Ronny melihat korelasi yang kuat antara futsal dengan sepak bola. Di negara-negara yang maju di bidang sepak bola (seperti Brasil, Spanyol, Iran, dan Jepang), biasanya juga memiliki kemajuan dalam futsal.

Sejak tahun 2006, Ronny membidani dan menangani Liga Medco, kejuaraan sepak bola resmi PSSI untuk anak-anak berusia 15 tahun. Ia sungguh beruntung mendapatkan dukungan penuh Arifin Panigoro, pendiri sekaligus pemilik Medco Group, untuk mewujudkan cita-citanya itu. Kesamaan visi kedua tokoh ini, yaitu untuk memajukan sepak bola Indonesia melalui pemain-pemain berbakat sejak usia dini, membuahkan hasil yang bagus melalui Liga Medco.

Selama 3 tahun ini, Liga Medco yang didukung penuh oleh Medco Foundation, memberikan kesempatan kepada 1.500 pesepak bola berbakat dari seluruh Indonesia untuk tampil di pentas nasional. Mereka pun terjaring dan berhasil masuk tim nasional sepak bola Indonesia U-15 dan U-16. Bahkan, tim nasional Indonesia U-17 yang saat ini melakukan pemusatan latihan nasional selama 2 tahun di Uruguay, hampir diisi pemain-pemain yang berasal dari Liga Medco.

Pada tahun 2007, Arifin Panigoro sempat mendorong Ronny untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Ronny berterima kasih kepada Pak Arifin yang memercayainya menjadi Ketua Umum PSSI. Tetapi, bukan jabatan itu yang menjadi cita-citanya. "Saya ingin membina sepak bola melalui anak- anak. Karena dari sana, sepak bola Indonesia akan menemukan masa depannya," tuturnya. Dan selama tiga tahun menangani Liga Medco, cita- cita itu mulai menemukan titik terangnya. Sayangnya, sebelum cita- citanya terwujud, Ronny telah dipanggil menghadap Sang Khalik.

Sumber: http://www.facebook.com

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru