Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereRiwayat / Barnabas

Barnabas


Rasul Paulus begitu lebih menonjol daripada orang-orang Kristen pada zamannya, sehingga Barnabas tidak lebih dari sebuah nama bagi kebanyakan kita. Hal pertama yang Alkitab katakan tentang dirinya adalah bahwa dia seorang Lewi dari Siprus yang menjual ladang miliknya, lalu membawa uangnya dan meletakkannya di kaki para rasul. Bukan saja bahwa dia adalah orang yang murah hati, tetapi kita membaca bahwa dia adalah orang yang benar-benar baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman.

Gambar: Barnabas

Barnabas sudah percaya kepada Kristus ketika Saulus masih mengeluarkan ancaman dan pembantaian terhadap semua murid Kristus. Kemudian, tersiar kabar kembali ke Yerusalem bahwa pembunuh orang Kristen ini sekarang mengaku dirinya telah menjadi orang percaya! Dengan darah kaum martir yang masih banyak terdapat di tangannya, tidak mengherankan bahwa murid-murid di Yerusalem takut kepada Saulus.

Dari semua murid dan rasul, hanya Barnabas yang membukakan pintu bagi Saulus. Sama seperti nama Saulus sekarang diubah menjadi Paulus, Barnabas juga percaya bahwa karakternya sendiri telah diubah oleh Kristus. Dia membela Paulus ketika orang lain mengucilkannya dan memandangnya dari kehidupan masa lalunya. Barnabas mempertaruhkan reputasinya di Yerusalem dan semua pengaruhnya terhadap para rasul, dengan keyakinan bahwa pertobatan Paulus bukanlah tipu muslihat yang licik untuk menyusup dan menghancurkan komunitas Kristen.

Barnabas berdiri di samping Paulus sampai dia membalikkan keadaan untuk mendukung Paulus, sehingga Petrus benar-benar membawa Paulus untuk menginap bersamanya di rumahnya sendiri. Dengan Paulus tinggal lima belas hari di bawah atap Petrus dan dengan Yakobus yang memperlakukan dia dengan keyakinan yang berhati-hati, pertempuran Barnabas untuk Paulus dimenangkan. Dia yang namanya berarti "anak penghiburan" telah menyemangati Paulus dengan kesetiaan yang sulit ditandingi.

Adegan sekarang bergeser dari Yerusalem ke Antiokhia, yang segera mendominasi Yerusalem sebagai gereja induk sejati kekristenan. Khotbah para rasul memiliki keberhasilan seketika dan luar biasa di Antiokhia, tetapi juga muncul banyak perselisihan doktrinal dan disiplin, yang diperkirakan terjadi di gereja yang masih baru. Para kepala gereja di Yerusalem memilih Barnabas untuk turun, memeriksa dan, diharapkan, menyelesaikan perselisihan di Antiokhia.

Mengingat bahwa Antiokhia akan segera memegang kunci penyebaran agama Kristen, Barnabas mengetahui betapa penting misinya. Dari semua orang yang dikenalnya, dia tahu hanya ada satu orang yang dapat menangani keadaan darurat di Antiokhia, dan orang itu adalah Paulus sendiri. Ada risiko besar dalam mengutus Paulus dan membawanya ke Antiokhia, tetapi Barnabas bersedia mengambil risiko dan memikul tanggung jawab atas kemungkinan timbulnya masalah jika Paulus gagal atau membuat kegemparan yang menghancurkan di kota.

Dimulai di Antiokhia, reputasi Paulus mulai menggantikan reputasi Barnabas, tetapi perilaku rendah hati seperti Barnabas selalu merupakan upah terbaiknya. Loyalitas yang ditempatkan dengan baik menghasilkan loyalitas yang lebih besar sebagai imbalannya, dan kebaikan yang rendah hati dan loyalitas tanpa rasa takut dari Barnabas itulah yang menarik kita kepadanya dan membuat kita juga ingin menjadi pendukung bagi orang lain.

Barnabas akan selalu berdiri sebagai salah satu contoh dari orang-orang kudus yang sangat dikasihi yang bersedia mengambil risiko bagi mereka yang membutuhkan dukungan dan persahabatan.
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

Dan, yang terakhir, mungkin kesabaran Barnabas yang luar biasa terhadap orang lainlah yang sempat menciptakan keretakan antara dirinya dan Paulus. Selanjutnya kita akan belajar tentang seorang pemuda yang gagal dalam pelayanan. Paulus ragu-ragu untuk memberinya kesempatan lagi, tetapi Barnabas tetap di sampingnya, tahu betapa dia perlu dibina. Bagus sekali, putra pemberi semangat yang hebat!

Apa yang dapat kita pelajari dari Barnabas?

Beberapa orang dikenal sebagai pengkhotbah atau teolog besar. Seperti Barnabas, beberapa yang lain tidak terlalu mencolok, diam-diam memberikan dorongan dengan setia dan pelayanan yang rendah hati. Barnabas akan selalu berdiri sebagai salah satu contoh dari orang-orang kudus yang sangat dikasihi yang bersedia mengambil risiko bagi mereka yang membutuhkan dukungan dan persahabatan.

Ayat-ayat Alkitab tentang Barnabas

Kisah Para Rasul 4:36, 9:27, 11:22, 25, 30, 12:25, 13:1, 50, 14:12, 15:36, 39, 1 Korintus 9:6, Gal. 2:1, 13, Kolose 4:10

Pertanyaan yang membantu untuk dijawab:

  • Siapa Barnabas dalam Alkitab?
  • Mengapa Barnabas dikenal sebagai pemberi semangat?
  • Bagaimana kita bisa menjadi penyemangat bagi orang lain?

(t/Jing-Jing)

Graham dan istrinya, Ruth, memiliki tiga anak perempuan, dua anak laki-laki, sembilan belas cucu, dan sejumlah buyut. Keluarga Graham membangun rumah di pegunungan di Carolina Utara bagian barat. (t/Ratri)

 

Audio: Barnabas



Diterjemahkan dari:
Nama situs : Inspirational Christians
Alamat situs : https://inspirationalchristians.org/bible-characters/barnabas-biography/
Judul asli artikel : Barnabas Biography
Penulis artikel : Steve Fortosis

Komentar


Selamat Merayakan Kenaikan Tuhan Yesus dan Pentakosta 2022

'Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus'

Matius 28:19

Kunjungi situs Doa SABDA
Kunjungi situs TOP Berdoa

Alkitab SABDA


Cari kata atau ayat:

Alkitab Bahan

Kamus SABDA


Media Sosial

Navigation

 

Member login

Permohonan kata sandi baru