Biografi Yehezkiel

Mengenai kehidupan pribadi Nabi Yehezkiel, Alkitab tidak berkata banyak. Ia berkemungkinan dibesarkan di Yerusalem, di mana ia melayani sebentar sebagai seorang imam sebelum dibawa ke pengasingan oleh tentara Babilonia. Pemanggilannya sebagai seorang nabi dan keseluruhan pelayanannya selama dua puluh dua tahun terjadi di Tel Abib, Babilonia.

Dari seluruh nabi, Yehezkiel mungkin adalah yang paling tidak biasa. Tampaknya, ia jarang meninggalkan rumahnya, tetapi melayani mereka yang mencarinya. Ia menyampaikan firman Tuhan terutama melalui perumpamaan, sketsa dramatis, dan pelajaran dengan menggunakan objek yang jelas. Walau dianggap menarik dan pandai berbicara, tindakan simbolisnya yang tidak biasa memberikan sedikit ketidaksenangan bagi beberapa orang. Yang lain tampaknya menganggap serius tindakan kenabian Yehezkiel karena mereka dengan tekun mempertanyakan artinya.

Bahkan, pemanggilan Yehezkiel juga aneh. Allah mengirimkan penglihatan yang membingungkan -- simbolis manusia-hewan dengan sayap, roda besar yang berputar di dalam roda lainnya, dengan mata bulat, dan takhta cemerlang dengan sosok yang duduk di atasnya, dikelilingi oleh sesuatu yang tampak seperti nyala api terang. Tanpa menjelaskan penglihatan tersebut, Allah memenuhi Yehezkiel dengan Roh Kudus dan menugaskannya untuk bernubuat.

Gambar: bersyukur

Mari kita observasi nabi yang bekerja di Tel Abib -- sebuah usaha yang menghibur, tetapi juga sangat serius dengan terencana. Yehezkiel sering menyampaikan perumpamaan yang jelas untuk mengilustrasikan poin-poinnya. Ia juga memberlakukan pelajaran dengan objek simbolis. Pada suatu hari, Yehezkiel menyiapkan sebuah miniatur pengepungan militer di atas sebuah bata tanah liat. Pada waktu lainnya, ia mencukur kepalanya dan membagi rambutnya menjadi tiga. Ia mengemas barang bawaan dan membawanya berkeliling seperti ia hendak pindah. Kemudian, dengan barang bawaan tersebut di belakangnya, ia menggali sebuah lubang di bawah tembok kota. Sang nabi memasak makan malamnya di atas api dengan menggunakan kotoran sapi yang sudah mengering sebagai kayu bakar. Ia mengerang dan melolong, dan menghabiskan makan malamnya, seakan ia sedang panik karena ketakutan. Dan ketika istrinya meninggal, ia tidak berkabung di depan umum.

Pada suatu waktu, Yehezkiel berbaring tanpa bergerak sama sekali ke sisi kirinya selama 390 hari dan ke sisi kanannya selama 90 hari. Pada waktu lainnya, ia kehilangan kemampuan berbicaranya. Beberapa orang percaya bahwa Yehezkiel menderita sebuah penyakit yang ia pergunakan untuk pelayanan kenabiannya. Sebuah bentuk katalepsi di mana otot menjadi kaku dan kesadaran terhenti mungkin dapat menjelaskan beberapa reaksi fisiologis ini.

Mengapa sang nabi melibatkan diri dalam kejenakaan yang aneh ini? Sebenarnya, Allah menginstruksikannya setiap langkah, dan setiap tindakan tersebut memiliki makna yang mendalam bagi orang Ibrani yang sedang diasingkan. Contohnya, miniatur pengepungan militer menggambarkan sebuah pengepungan musuh terhadap Yerusalem jika ia tidak bertobat. Barang bawaan yag dikemas mengilustrasikan orang Yudea yang masih tersisa di Yerusalem juga akan dipaksa ke pengasingan. Jumlah hari Yehezkiel berbaring di sisi kirinya menggambarkan jumlah tahun dari hukuman Israel -- di sisi kanannya, jumlah tahun penghakiman Yehuda.

Dan, mengapa sang nabi diinstruksikan untuk tidak berkabung secara terlihat pada saat kematian istrinya? Allah menyatakan bahwa dalam pengasingan akan banyak orang-orang yang dikasihi meninggal selama penghancuran terakhir Yerusalem. Para buangan, mungkin karena mati rasa dari keterkejutan, tidak akan menangis dan meratap dengan kain kabung, tetapi akan merana dalam pengasingan.

Adalah sebuah dosa untuk membuat orang bosan dengan Alkitab dan satu hal yang diilustrasikan Yehezkiel adalah bahwa firman Tuhan sering kali disampaikan lebih menarik dan kuat melalui media yang dipilih secara bijak.


Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Kitab Yehezkiel dipenuhi dengan banyak nubuatan lain yang lebih menarik -- terlalu banyak untuk dibahas di sini. Betapa pun tidak lazim metode Yehezkiel, metode itu berkilau dengan kecerdikan dan dampak yang kuat. Sungguh sebuah pernyataan yang meremehkan ketika Allah menyatakan kepada utusan-Nya: Firman-Nya kepadaku: "Dia berfirman kepadaku, "Anak manusia, Aku mengutusmu kepada keturunan Israel, kepada bangsa pemberontak, yang telah memberontak terhadap Aku. Mereka dan nenek moyang mereka telah memberontak terhadap Aku sampai hari ini. Baik mereka mendengar atau menolak untuk mendengar, karena mereka adalah keturunan pemberontak, mereka akan mengetahui bahwa sudah ada seorang nabi di antara mereka." (Yehezkiel 2:3, 5, AYT)

Apa yang Bisa Kita Pelajari Dari Yehezkiel?

Allah sungguh adalah pencipta kreativitas, dan Yehezkiel lebih dari bersedia untuk menggunakan metode paling inovatif yang Allah sarankan untuk berkomunikasi dengan kuat kepada orang-orang. Adalah sebuah dosa untuk membuat orang bosan dengan Alkitab dan satu hal yang diilustrasikan Yehezkiel adalah bahwa firman Tuhan sering kali disampaikan lebih menarik dan kuat melalui media yang dipilih secara bijak.

Ayat Alkitab Tentang Yehezkiel

Yehezkiel 1-48

Pertanyaan Apa Yang Terbantu Untuk Dijawab Artikel Ini?

  • Siapakah Yehezkiel dalam Alkitab?
  • Bagaimana Allah berbicara kepada kita?
  • Apa yang dilakukan nabi Yehezkiel?
  • Apa penglihatan Yehezkiel?
  • Apa artinya lembah tulang kering?

(t/R.S. Victoria)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Inspirational Christians
Alamat situs : https://inspirationalchristians.org/bible-characters/ezekiel-biography
Judul asli artikel : Ezekiel Biography
Penulis artikel : Steve Fortosis