Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

You are hereBio-Kristi No.147 Mei 2015 / H.J. HEINZ (1844-1919)

H.J. HEINZ (1844-1919)


Bekerja secara aktif pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, pengusaha H.J. Heinz menggunakan reputasinya dengan berkualitas untuk menyukseskan perusahaan pengolah makanan miliknya.

Lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, pada tanggal 11 Oktober 1844, H.J. Heinz pertama kali menunjukkan ketajaman bisnisnya ketika masih anak-anak dengan menjual sayur dan kemudian saus lobak pedas dalam kemasan botol. Pada tahun 1876, bisnis yang di kemudian hari menjadi Perusahaan H.J. Heinz ini didirikan. Setelah terkenal karena produknya yang dibuat dengan baik, bumbu-bumbu dan acar yang dibuat Heinz pada akhirnya berhasil dijual di seluruh dunia. Heinz meninggal di Pittsburgh pada tanggal 14 Mei 1919, pada usia 74.

Kehidupan Awal

Sebagai putra seorang imigran Jerman, Henry John Heinz lahir pada tanggal 11 Oktober 1844, di Pittsburgh, Pennsylvania. Pada tahun 1850, keluarganya pindah ke dekat Sharpsburg. Di sana, ia mencoba bisnis dengan menjual sayur dari kebun keluarganya, membangun daftar pelanggan, yang mencakup para grosir di Pittsburgh.

Sebagai seorang remaja, Heinz juga menjual saus lobak pedas siap saji. Para penjual lain biasanya menawarkan bumbu-bumbu dalam botol kaca yang tidak bening, yang membuat pembeli sulit melihat produk tersebut. Heinz mengemas produknya dengan menggunakan wadah kaca bening sehingga memungkinkan para pembeli melihat sendiri kualitas lobak pedasnya.

Memulai Sebuah Perusahaan

Pada tahun 1869, H.J. Heinz menjalin kemitraan untuk menjual lobak pedas dalam kemasan botol. Setelah berjalan dengan baik selama beberapa tahun, dan membuka cabang untuk menawarkan acar, cuka, dan produk-produk lainnya, gonjang-ganjing keuangan membuat perusahaannya sulit untuk memenuhi kebutuhan. Bisnis ini macet pada tahun 1875 sehingga memaksa Heinz untuk menyatakan kebangkrutannya.

Meskipun mengalami kemunduran tersebut, Heinz -- yang telah membangun reputasi kualitas produk -- siap untuk mencoba lagi. Masalah keuangannya mengandung arti bahwa ia tidak dapat memulai bisnis lain secara mandiri, tetapi, pada tahun 1876, ia menjadi manajer "F & J Heinz" (perusahaan yang didirikan oleh sepupunya, Frederick, dan saudaranya, John). Pada tahun yang sama, saus ditambahkan sebagai produk utama. Pada tahun 1888, setelah melunasi utang-utang akibat kebangkrutannya, Heinz mengambil alih bisnis tersebut, yang kemudian menjadi H.J. Heinz Company.

Menjalankan Sebuah Bisnis

Merasa dikecewakan karena kurangnya pembeli di stand lantai duanya di Chicago World Fair (Bazar Perdagangan Dunia di Chicago -- Red.) tahun 1893, Heinz mulai menawarkan acar gratis yang memikat hati. Tiang-tiang penopang harus ditambahkan untuk menopang lantai yang melengkung akibat banyaknya pengunjung. Pada tahun 1896, Heinz muncul dengan slogan "57 Varieties" (57 varian -- Red.) -- perusahaan memiliki lebih dari 57 produk pada saat itu, tetapi ia menyukai nomor 57 -- dan mulai menggunakannya dalam iklan.

Dengan menawarkan perjalanan keliling di pabriknya, Heinz mampu menunjukkan keamanan dan kebersihan dari proses pembuatan produknya (dalam perjalanan keliling tersebut, pengunjung juga diperbolehkan mencicipi produk-produknya). Caranya yang penuh perhatian dalam memperlakukan karyawannya juga termashyur pada saat itu. Bahkan, untuk membuat kondisi kerja yang nyaman, ia mengarahkan para manajer untuk mendengarkan keluhan-keluhan para karyawan. Selama ia memimpin perusahaan, pekerja Heinz tidak pernah mogok.

Meskipun banyak produsen makanan menentang Undang-Undang Keaslian Makanan dan Obat tahun 1906, Heinz adalah pendukung undang-undang tersebut. Pembelaannya terhadap pasal undang-undang tersebut membantu meningkatkan penjualan karena pembeli merasa mereka dapat memercayai keamanan makanan olahan Heinz. Pada tahun 1905, perusahaannya digabungkan dan Heinz menjadi presiden, sebuah posisi yang akan dipegangnya selama sisa hidupnya. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Biography
Alamat URL : http://www.biography.com/people/hj-heinz-39251#running-a-business
Judul asli artikel : H.J. Heinz Biography (1844 -- 1919)
Penulis artikel : Tim Biography
Tanggal akses : 23 Oktober 2014

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru