Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi
You are hereTokoh Kebangunan Rohani / Charles G. Finney: Pembaru Rohani dan Sosial
Charles G. Finney: Pembaru Rohani dan Sosial
Dirangkum oleh: Riwon Alfrey
Charles G. Finney adalah tokoh pemimpin kebangunan rohani gelombang kedua di Amerika Serikat sekitar tahun 1800. Lahir di New England pada tahun 1792 dalam keluarga Kristen Presbiterian. Tahun 1818, dia mempelajari hukum di sebuah biro hukum di Adams, New York, dan diterima sebagai pengacara negara. Sambil belajar hukum, selama berada di Adams, Finney juga menghadiri ibadah di Gereja Presbiterian. Khotbah yang disampaikan George W. Gale, pendeta gereja itu, menarik perhatian Finney. Dia juga tertarik mempelajari Alkitab karena menemui banyak acuan ke Alkitab dalam buku-buku hukum yang dia pelajari, ditambah lagi diskusi-diskusi yang sering dia lakukan dengan Pendeta Gale. Hal itu membawa Finney untuk menerima Kristus sebagai Juru Selamatnya pada tahun 1821, setelah sebelumnya mengalami pergumulan rohani yang panjang untuk mengakui bahwa Alkitab adalah benar-benar firman Allah. Finney berkata, "Aku telah dibayar oleh Tuhan Yesus Kristus untuk membela perkara-Nya."
Sebelum pertobatannya, Finney mengalami pengalaman rohani yang luar biasa, yang mengubah pandangannya mengenai pertobatan dan menentukan perjalanan kehidupannya selanjutnya. Finney mengembara dalam hutan-hutan untuk beberapa hari lamanya dan berdoa dengan suara yang sangat keras di sana. Dalam pergumulannya, suatu waktu dia merasa sekujur tubuhnya seperti disengat aliran listrik dan dipenuhi rasa cinta kasih yang luar biasa. Finney mengatakan bahwa dia telah mengalami baptisan Roh Kudus. Pengalaman rohani dan pertobatannya menjadi awal bagi Finney dalam mencurahkan seluruh perhatiannya untuk berkhotbah.
Pendeta Gale diminta oleh Gereja Presbiterian untuk mengawasi Finney dalam mempelajari hal-hal seputar pelayanan gereja/mimbar. Walaupun banyak perbedaan pendapat antara Pendeta Gale dan Finney mengenai beberapa doktrin, akan tetapi Finney banyak belajar dari buku-buku yang ada dalam perpustakaan Pendeta Gale. Finney sempat merasa lebih baik tidak usah berkhotbah daripada dipaksa sependapat dengan beberapa keyakinan doktrin Pendeta Gale yang dia anggap tidak sesuai dengan keyakinannya. Akan tetapi, dia mendapat dorongan dan doa dari seorang penatua gereja yang juga setuju dengan pendapat Finney.
"Aku telah dibayar oleh Tuhan Yesus Kristus untuk membela perkara-Nya." (Charles G. Finney)
Pada tahun 1824, akhirnya Finney ditahbiskan oleh Gereja Presbiterian di Adams dan diizinkan untuk berkhotbah. Finney berkhotbah dengan lantang dan berbicara kepada para pendengarnya dengan gaya langsung dan sederhana. Dia berusaha menghindari gaya teater di podium, tetapi dia berupaya mendapatkan perhatian mereka yang mendengar khotbahnya. Menurutnya, umat manusia tidak akan bertindak sebelum mereka tertarik. Dia memberi petunjuk-petunjuk bagi seorang pengkhotbah untuk membawa seseorang kepada pertobatan dalam bukunya yang berjudul Lecture on Revivals of Religion. Di dalamnya, dia menjelaskan bahwa kebangunan rohani bukanlah mukjizat atau bergantung pada mukjizat dalam hal apa pun, tetapi merupakan hasil tepat guna dari cara-cara yang sudah ada. Finney berpendapat bahwa khotbah harus disampaikan dengan berapi-api, disertai doa-doa yang panjang dan penuh perasaaan. Khotbah juga harus mendorong seseorang untuk mengambil keputusan bertobat atau tidak.
Perry Miller berkata, "Ketika dia membuka mulutnya, dia membidikkan sebuah senjata. Ketika dia berbicara, bombardir dimulai. Lebih dari setengah juta orang telah berubah selama pelayanannya. Dia menyebarkan sebuah kebangunan rohani yang telah mengubah sejarah." Kebangunan rohani pada tahun 1830 di Rochester, New York, yang dipimpinnya, membuatnya dikenal sebagai tokoh kebangunan rohani Amerika. Selama masa kebangunan rohani, tindakan Finney yang paling kontroversial adalah mengizinkan wanita untuk memimpin doa selama pertemuan ibadah, menyerukan nama-nama orang berdosa ketika berkhotbah -- mereka ditempatkan di depan dan duduk di "bangku kerinduan" agar dapat didoakan, mengadakan pertemuan-pertemuan panjang tanpa perencanaan, dan mengajarkan kemungkinan pemberantasan dosa secara pribadi maupun dalam masyarakat. Finney juga termasuk tokoh yang berjuang untuk penghapusan perbudakan, minuman keras, dan pakaian yang berlebih-lebihan di Amerika Serikat. Khotbah-khotbah ini menjadi alasan isu gerakan reformasi sosial pada abad ke-18 di Amerika.
Secara lengkap, berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi sepanjang perjalanan hidup Finney, termasuk di dalamnya kiprah dan kehidupan pribadi dan keluarganya.
Tahun | Peristiwa |
1792 | Charles G. Finney lahir di Warren, Litchfield County, Connecticut. |
1794 | Hijrah ke Oneida County, New York. |
1812 | Hijrah ke Warren, Connecticut, dan tinggal dengan pamannya. |
1814 | Hijrah ke New Jersey untuk mengajar di sekolah umum. |
1818 | Kembali ke Henderson, Jefferson County, New York, karena kesehatan ibunya memburuk. |
1821 | Belajar hukum di firma hukum Wright dan Wardwell di Adams, New York. |
1821 | Oktober menerima Kristus dan dibaptis Roh Kudus di Adams, New York. |
1823 | 25 Juni mulai belajar teologi di St. Lawrence Presbytery di Adams, New York. Pada 30 Desember, diizinkan untuk berkhotbah di St. Lawrence Presbytery di Adams, New York. |
1824 | Pada 17 Maret, diutus sebagai seorang misionaris oleh Female Missionary Society. Pada 7 Mei, diberhentikan dari Local Masonic Chapter. Pada hari yang sama, dia ditahbiskan oleh Oneida Presbytery. Selanjutnya pada 5 Oktober, dia menikah dengan Lydia Root Andrews, yang lahir pada 8 Maret 1804. |
1826 | Mulai mengadakan kebaktian kebangunan rohani di New York. |
1826 | Pada bulan Januari, dia mengkhotbahkan Can Two Walk Together Except They Be Agreed? di Troy, New York. |
1826 | Pada 8 Juli, khotbah di New Lebanon Convention, New Lebanon, New York. Mengikuti konferensi tentang New Measures, kebangunan rohani, dan sebagainya dengan Nettleton, Beecher, dll.. |
1828 | Pada 8 Juni, putri pertamanya, Helen Clarissa, lahir. |
1828 | Khotbah kebangunan rohani di Philadelphia dan New York. |
1829 | Kebangunan rohani berlanjut di Gereja Reformed Jerman, Philadelphia; dan Lancaster, Pennsylvania. |
1830 | Pada 28 Maret, putra pertamanya, Charles Beman, lahir. |
1830 | Pelayanan kebangunan rohani selama enam bulan di Rochester, New York. |
1831 | Pertemuan kebangunan rohani di Auburn, Buffalo, dan Boston; dia mengkhotbahkan Sinners Bound to Change Their Own Hearts. |
1832 | Pada 7 Maret, putra keduanya, Frederic Norton, lahir. |
1832 | Pada 28 September, dia memulai tugas penggembalaan di Kapel Chatham Street, New York, yang juga dikenal sebagai Gereja Second Free. |
1833 | Mulai berkhotbah di New York Oberlin Collegiate Institute yang dihadiri seratus pelajar. |
1834 | Mengadakan pelayaran untuk misi kesehatan Mediterranean di Malta. Dalam masa ini, beragam judul khotbah diterbitkan. |
1835 | Dianugerahi posisi sebagai Profesor Teologi di Oberlin. |
1835 | Memberi kuliah tentang kebangkitan agama di Kapel Chatham Street, New York. |
1835 | Pada bulan Desember, buku Lectures on Revivals of Religion diterbitkan di New York. |
1836 | Khotbah-khotbah dengan berbagai judul diterbitkan. |
1836 | Pada 13 maret, mengundurkan diri sebagai pendeta Kapel Chatham Street, New York. |
1836 | Pada 10 April, pelayanan pertama di Gereja Broadway Tabernacle, New York. |
1836 | Mulai mengkhotbahkan Lectures to Professing Christians setiap minggu di B.T. New York dan diterbitkan setiap minggu dalam The New York Evangelist. |
1837 | Pada musim semi, menyimpulkan khotbah-khotbah Lectures to Professing Christians. |
1837 | Pada 16 Maret, putri keduanya, Julia, lahir. |
1837 | Pada 16 April, dia mengundurkan diri sebagai pendeta di Gereja Broadway Tabernacle, New York. |
1837 | Tulisan Lectures to Professing Christians diterbitkan dalam bentuk buku di New York. |
1840 | Tulisan bertema, Skeletons of a Course of Theological Lectures, diterbitkan di Oberlin. |
1840 | Tulisan Views of Sanctification diterbitkan di Oberlin. |
1841 | Putri ketiganya, Sarah, lahir. |
1842 | Khotbah di Revivals Rochester, New York; di Kapel Marlborough, Boston. |
1842 | Pada 26 Juni, Sylvester Finney meninggal. |
1843 | Pada 9 Maret, Sarah, putrinya, meninggal. |
1843 | Pada bulan Desember berkhotbah di Kapel Marlborough, Boston. |
1844 | Selama bulan Maret, berkhotbah di Kapel Marlborough, Boston. |
1844 | Putri keempatnya, Delia, lahir (meninggal pada 1 September 1852). |
1844 | Pelayanan pertama sebagai pendeta di Gereja First Congregational of Christ, Oberlin. |
1846 | Pengajaran Systematic Theology (vol. 2) ditulis dan diterbitkan di Oberlin. |
1847 | Pengajaran Systematic Theology (vol. 3) ditulis dan diterbitkan di Oberlin. |
1847 | Pada 17 Desember, istrinya, Lydia, meninggal. |
1848 | Tulisannya, Guide to the Savior, diterbitkan. |
1848 | Pada 13 November, menikah dengan Elizabeth Ford Atkinson dari Rochester, New York. |
1849 | Pada bulan November, mulai berkhotbah di Inggris. |
1850 | Selama tahun ini, dia berkhotbah di Inggris. |
1851 | Sekitar bulan April, dia menyimpulkan khotbah di Inggris, Systematic Theology, dalam satu jilid dan diterbitkan di Inggris. |
1851 | Pada 26 Agustus, dipilih sebagai Presiden Oberlin College, Oberlin. |
1851 | Pada April 1852, khotbah kebangunan di Gereja Broadway Tabernacle, New York; Hartford, Conn; dan di Gereja Brooklyn Plymouth Congregational. |
1855 | Pada musim gugur, mengadakan pertemuan di Rochester, New York. |
1859 | Kembali ke Inggris dan berkhotbah di sana. |
1863 | Pada 27 November, istri keduanya, Elizabeth, meninggal. |
1864 | Menikahi Rebecca Rayl (meninggal pada 12 September 1907). |
1865 | Mengundurkan diri sebagai Presiden Oberlin College. |
1869 | Tulisan The Character, Claims and Practical Workings of Freemasonry diterbitkan. |
1871 | Pembicara pada National Congregational Council Oberlin. |
1872 | Pensiun sebagai pendeta di Gereja First Congregational of Christ, Oberlin. |
1874 | Pembicara pada National Congregational Council, Oberlin. |
1875 | Terakhir mengajar kelas Teologi Pastoral di Oberlin. |
1875 | Charles G. Finney meninggal di Oberlin. |
Banyak hal yang sangat berpengaruh dalam pelayanan dan pembaharuan yang dilakukan Finney. Dia menolak segala sesuatu yang tidak alkitabiah atau tidak langsung bersumber dari Alkitab. Dia juga mengakui kehendak bebas manusia. Pengajaran-pengajarannya mendorong pertobatan. Dia bukan saja sebagai pengkhotbah rohani, tetapi juga sebagai tokoh pembaharu sosial. Finney sangat menekankan kesempurnaan kehidupan Kristen. Kesucian harus tampak dalam kehidupan setiap orang Kristen yang bertobat. Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang harus mengejar kehidupan yang suci.
Charles G. Finney: Pembaharu Rohani dan Sosial
Dirangkum dari:
1. | Curtis, Kenneth, A., J. Stephen Lang dan Randy Petersen. 2001. 100 Peristiwa Penting dalam Sejarah Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 125-126. |
2. | Lawson, Gilchrist, J. Charles G. Finney: A Brief Biography. Dalam http://www.gospeltruth.net/ |
3. | Rogers, Jay. Charles G. Finney. Dalam http://forerunner.com/ |
4. | Wellem, F.D.. 1999. Riwayat Hidup Singkat Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 108-109. |
5. | __________. Chronology of Events in the Life of Charles G. Finney. Dalam http://www.gospeltruth.net/ |
Sumber: Bio-Kristi 20
- Login to post comments
- 15240 reads