Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Bio-Kristi

Loading

You are herePenginjil / John Wilbur Chapman

John Wilbur Chapman


John Wilbur Chapman adalah seorang penginjil, tokoh kebangunan rohani, dan pendeta yang berasal dari Amerika Serikat. Dia pun menulis beberapa himne yang terkenal seperti "One Day, Jesus! What A Friend for Sinners (Our Great Saviour)" dan "'Tis Jesus".

John Wilbur Chapman lahir di Richmond, Indiana, tanggal 17 Juni 1859. Orangtuanya, Alexander H. dan Lorinda Chapman, mempersiapkan Chapman untuk terlibat dalam pelayanan Kristen. Chapman tidak tahu kapan tepatnya dia bertobat, tapi saat berusia 17 tahun ia mengumumkan pengakuan imannya dalam Kristus kepada publik.

Tahun 1876 Chapman bergabung dengan Gereja Presbiterian Richmond dan tahun berikutnya dia melanjutkan studi di Kolese Oberlin. Setelah satu tahun di Oberlin, Chapman pindah ke Universitas Lake Forest. Di sana dia meraih gelar sarjananya (1879). Lalu ia mengambil studi di Seminari Teologi Lane di Cincinnati (1879-1882). Tanggal 13 April 1881 ia ditahbiskan sebagai pendeta.

Hamba Tuhan yang muda ini menikahi Irene Steddon bulan Mei 1882. Anak sulung Chapman, Bertha Irene, lahir tanggal 1 April 1886. Sebulan kemudian istrinya meninggal dunia. Kemudian tanggal 4 November 1888 Chapman menikahi Agnes Pruyn Strain. Dari Agnes, Chapman mendapatkan empat anak. Mereka adalah Robert (meninggal waktu masih bayi), John Wilbur, Jr., Alexander Hamilton, dan Agnes Pruyn. Istri kedua Chapman meninggal tanggal 25 Juni 1907. Tiga tahun kemudian dia menikah lagi dengan istri ketiganya, istri terakhir, Mabel Cornelia Moulton tanggal 30 Agustus 1910.

Chapman memimpin beberapa gereja sebelum dia terjun ke dunia penginjilan sepenuh waktu. Gereja-gereja yang pernah digembalakan oleh Chapman antara lain Gereja Presbiterian College Corner (Ohio) dan Gereja Presbiterian Liberty (Indiana), 1882; Gereja Reformed Belanda (Schuylerville, NY), 1883-1885; Gereja Reformed Pertama (Albany, NY), 1885-1890; Presbiterian Bethany (Philadelphia, PA), 1890-1892, 1896-1899; Gereja Presbiterian Keempat (New York City, NY), 1899-1902.

Chapman terjun ke pelayanan penginjilan sepenuh waktu mulai tahun 1893. Selain berkhotbah dalam ibadah yang diadakannya, ia juga pernah berkhotbah dengan D.L. Moody di World's Fair. Dia melibatkan William Ashley "Billy" Sunday saat memulai penginjilan. Pada saat yang sama, penginjil Sol C. Dickey mendirikan Pusat Konferensi Alkitab di Winona Lake, Indiana. Institusi ini menarik perhatian Chapman, oleh sebab itu bersama dengan rekan-rekannya yang lain dia ikut mengembangkannya di Montreat, Carolina Utara, dan Stony Brook, Long Island, New York.

Setelah aktif kembali dalam penggembalaan selama beberapa waktu, akhir tahun 1895 Chapman ditunjuk sebagai Sekretaris Komite Penginjilan Persatuan Gereja-gereja Presbiterian. Dia memimpin kegiatan 51 penginjil di 470 kota dan menulis buku yang berjudul "Present Day Evangelism" (Penginjilan Masa Kini). John H. Converse, seorang anggota gereja presbiterian yang kaya, mengatakan bahwa dia bersedia menanggung semua pengeluaran Chapman jika Chapman mau menginjili sepenuh waktu. Para petobat baru pun membentuk perserikatan dagang untuk menyediakan dana untuknya. Bahkan hal ini terus berlangsung walaupun dia sudah meninggal.

Tahun 1904 sampai 1909, Chapman mulai mengembangkan dan mempromosikan metode penginjilan perkotaan yang baru. Idenya pun dirapatkan di seluruh kota secara serentak. Teori Chapman pertama kali dipraktikkan di Pittsburg tahun 1904. Dia membagi kota ini menjadi 9 distrik dengan 9 tempat pertemuan yang berbeda. Chapman mengadakan kampanye-kampanye secara rutin.

Tahun 1907 Charles McCallon Alexander, seorang pemimpin pujian yang terkenal di dunia, yang sudah berkeliling dunia dengan R.A. Torrey, akhirnya bergabung dengan Chapman juga. Kedua orang itu menjadi satu tim dan mengadakan kampanye Chapman-Alexander (Chapman-Alexander Simultaneous Campaign). Kampanye ini pertama kali dilakukan di Philadelphia (12 Maret -- 19 April 1908). Ada 42 daerah yang dikunjungi dan ada 21 tim musisi penginjil yang terlibat. Tiap-tiap kota mendapat lawatan selama tiga minggu. Rata-rata ada 8.000 orang yang bertobat di setiap kota. Kebangunan rohani selanjutnya diadakan di Boston (26 Januari -- 17 Februari 1909). Kebangunan rohani ini merupakan keberhasilan Chapman yang paling hebat. Ada 27 daerah yang dikunjungi dan tercatat ada 7.000 petobat baru.

Kampanye keliling Chapman-Alexander yang pertama dilakukan di Vancouver, Kanada, tanggal 26 Maret 1909. Hingga 26 November mereka telah mengunjungi: Melbourne, Sydney, Ipswitch, Brisbane, Adelaide, Ballarat, Bendigo, Townsville di Australia; Manila di Filipina; Hong Kong, Kowloon, Guangdong, Shanghai, Hangzhou, Beijing, dan Tianjin di Tiongkok; Seoul di Korea; serta Kobe, Kyoto, Tokyo, and Yokohama di Jepang.

Tahun 1910 Chapman melakukan pelayanan penginjilan nonstop di Amerika Serikat dan Eropa. Sayangnya, lambat laun kampanye Chapman di Bangor dan Portland, Maine, Dayton, Columbus, dan Ohio tidak berjalan dengan baik. Kariernya sebagai penginjil berakhir pada kampanye Chapman-Alexander terakhir tanggal 6 Januari -- 13 Februari 1918). Kesehatan Chapman menurun setelah sibuk dengan kampanye-kampanyenya. Dia terpaksa menjalani operasi batu empedu pada tanggal 23 Desember dan meninggal lusanya pada hari Natal 1918. (t/Setya)

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Judul asli artikel : John Wilbur Chapman
Penulis : Tidak dicantumkan
Nama situs : Truthful Words
Alamat URL : http://www.truthfulwords.org/
Tanggal akses : 17 September 2010

Komentar


 

Member login

Permohonan kata sandi baru